Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

agustus999Avatar border
TS
agustus999
Mengenal MbZ Presiden Baru UEA: Gandeng Israel Melawan Iran, Tolak Kutuk Rusia


TEMPO.CO, Jakarta - Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan (MbZ), yang secara resmi terpilih sebagai Presiden Uni Emirat Arab   pada Sabtu, 14 Mei 2022, memimpin penataan kembali Timur Tengah dengan menciptakan poros anti-Iran baru bersama Israel dan memerangi gelombang politik Islam yang meningkat di wilayah tersebut.

Bekerja di belakang layar selama bertahun-tahun sebagai pemimpin de facto, Sheikh Mohammed, 61 tahun, mengubah militer UEA menjadi kekuatan berteknologi tinggi, yang ditambah dengan kekayaan minyak dan status pusat bisnisnya, memperluas pengaruh UEA secara internasional.

Mohammed mulai memegang kekuasaan dalam periode ketika saudara tirinya Presiden Sheikh Khalifa bin Zayed, yang meninggal pada hari Jumat, menderita stroke pada 2014.

MbZ, demikian ia dikenal, didorong oleh "garis pemikiran fatalistik tertentu" bahwa penguasa Teluk Arab tidak bisa lagi mengandalkan pendukung utama mereka Amerika Serikat, menurut mantan utusan AS untuk UEA Barbara Leaf, terutama setelah Washington meninggalkan Presiden Mesir Hosni Mubarak selama reformasi Arab Spring 2011.

ADVERTISEMENT

Dari basis kekuatannya di ibu kota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed mengeluarkan peringatan "tenang dan dingin" kepada Presiden Barack Obama saat itu untuk tidak mendukung pemberontakan yang dapat menyebar dan membahayakan pemerintahan dinasti Teluk, menurut memoar Obama, yang menggambarkan MbZ sebagai "pemimpin Teluk yang paling cerdas.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS di pemerintahan Biden, yang memiliki hubungan penuh dengan UEA dalam beberapa bulan terakhir, menggambarkannya sebagai ahli strategi yang membawa perspektif sejarah ke dalam diskusi.

"Dia akan berbicara tidak hanya tentang masa kini, tetapi kembali ke tahun, dekade, dalam beberapa kasus, berbicara tentang tren dari waktu ke waktu," kata pejabat itu.

MbZ, yang namanya dipakai untuk jalan tol layang Jakarta-Cikampek,  mendukung penggulingan militer tahun 2013 dari presiden terpilih Ikhwanul Muslimin Mesir Mohammed Mursi, dan memperjuangkan Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman saat ia naik ke tampuk kekuasaan dalam kudeta istana 2017, menggembar-gemborkannya sebagai orang yang bisa dihadapi Washington dan satu-satunya yang bisa masuk kerajaan.

Didorong oleh hubungan hangat dengan Presiden AS saat itu Donald Trump, dua tokoh Teluk melobi untuk kampanye tekanan maksimum Washington di Iran, memboikot negara tetangga Qatar karena mendukung Ikhwanul Muslimin, dan meluncurkan perang yang mahal untuk mencoba mematahkan cengkeraman Houthi di Yaman yang bersekutu dengan Iran.

UEA juga mengarungi konflik dari Somalia ke Libya dan Sudan sebelum menjungkirbalikkan konsensus Arab selama beberapa dekade dengan menjalin hubungan dengan Israel pada 2020, bersama dengan Bahrain, dalam kesepakatan yang ditengahi AS yang dikenal sebagai Kesepakatan Abraham yang memicu kemarahan Palestina.

Kesepakatan itu didorong oleh keprihatinan bersama atas Iran tetapi juga dirasakan manfaatnya bagi ekonomi UEA dan kelelahan dengan kepemimpinan Palestina "yang tidak mendengarkan", kata seorang diplomat.


https://dunia.tempo.co/read/1591640/...a/full?view=ok

Halo clim emoticon-Big Grin
Gimana rencananya mau bikin uclimin wal uclimot country?

Semakin banyak negara2 uclimin wal uclimot keluar dari tujuan awal dibawah naungan uclimin wal uclimot emoticon-Big Grin

Sebelumnya nih

Biar drunktot CS makin strok emoticon-Big Grin
emineminna
andrah.aja
inittial_D
inittial_D dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan