pipel.pawerAvatar border
TS
pipel.pawer
Selain di Singapura, UAS Pernah Ditolak Masuk Hong kong, Timor Leste, dan Eropa


Singapura menolak Ustaz Abdul Somad atau UAS memasuki Negeri Singa tersebut saat berkunjung pada Senin (16/5). Ini bukan kali pertama pengalaman tidak mengenakkan itu menimpanya.

Negara-negara Eropa hingga Hong Kong sempat memberikan perlakuan serupa terhadap UAS.
Pada 2018, UAS berniat memberikan tabligh di Timor Leste. Tetapi, petugas imigrasi mengadangnya sebab diduga terkait terorisme.

Setahun berikutnya atau pada 2019, UAS ditolak masuk Belanda. Kala itu, ia mencoba masuk Negeri Tulip lewat Swiss.

Petugas imigrasi Swiss tidak memperkenankan dia masuk. Pihaknya mengatakan, paspor UAS tidak memberikannya akses memasuki Eropa.

Petugas kemudian mendeportasinya melalui Thailand. UAS merasa kebingungan lantaran dia bahkan tidak pernah mengunjungi Eropa sebelumnya.

Nasib itu menimpanya lagi ketika berupaya singgah di Jerman pada Oktober 2019. UAS menghadapi permasalahan terkait dokumen juga saat mengunjungi Inggris. Saat itu, dia bahkan tidak diizinkan menumpangi pesawat Royal Brunei.

"Satu jam setelah check-in, ternyata mereka langsung ter-connect jaringan internasional, pesawat Royal Brunei tidak mengizinkan berangkat karena visa saya di-cancel. Padahal visa itu udah ada," jelas UAS pada 2020.

UAS terbang bersama dua asistennya. Ketika mereka tiba di bandara, otoritas imigrasi langsung mengadang dan memisahkan mereka. UAS kemudian dibawa menjauh dari pesawat.

Para petugas itu membuka dompet UAS. Mereka mempertanyakan identitasnya saat menemukan kartu anggota Rabithah Alawiyah. Organisasi itu mencatat keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia.

Otoritas Hong Kong turut menanyakan perihal keterkaitan UAS dengan Ormas dan Parpol. UAS menjelaskan, dia hanya seorang pendidik. Tetapi, mereka tetap memulangkannya ke Indonesia.

"Mereka meminta saya buka dompet. Membuka semua kartu-kartu yang ada. Di antara yang lama mereka tanya adalah kartu nama Rabithah Alawiyah [Ikatan Habaib]. Saya jelaskan. Di sana saya menduga mereka tertelan isu terorisme. Karena ada logo bintang dan tulisan Arab," ungkap UAS, dikutip dari BBC.
"Tanpa alasan mereka langsung mengantar saya ke pesawat yang sama untuk keberangkatan pukul 10.00 WIB ke Jakarta," imbuhnya.

Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI saat itu, Lalu Muhamad Iqbal, menerangkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan, Hong Kong memiliki hak sepenuhnya untuk menolak UAS. Pun negara itu tidak memiliki kewajiban untuk menjelaskan alasan di baliknya.

"Sebagai gambaran, imigrasi kita juga sering menerima masukan dari berbagai pihak, mengenai orang-orang yang perlu dicegah masuk ke Indonesia. Dalam hal imigrasi kita kemudian menolak masuk orang tersebut, kita juga tidak berkewajiban menjelaskan alasannya karena itu adalah hak berdaulat kita," tutur Iqbal.

Hingga kini, tidak bisa dipastikan alasan sejumlah negara itu menolak UAS. Kendati demikian, penolakan itu mungkin berakar pada aturan imigrasi.
Misalnya saja, Hong Kong mengadopsi aturan yang cukup ketat. Jika seseorang datang dengan visa turis, maka dia tidak diperbolehkan menerima bayaran. WNA yang berkunjung demi urusan pekerjaan harus memiliki visa employment.


ulama kebencian


namanya provokator dan penghasut kebencian dimana2 memang ditolak,

bukan sadar diri, ada yg salah dari dirinya,
tapi justru mewek dizolimi agar mendapat simpati dari pendukungnya sesama sukunya dinegara ini
karena disini ada massa sesukunya saja, maka ulama kebencian dipropagandakan seakan2 berilmu dan mulia

sorry to say, tapi memang rata2 pendukung ulama kebencian ini juga karena faktor sukunya


karena sukunya haus akan tokoh yg bisa membawa kejayaan sukunya seperti masa lalu,
sehingga ketika ada celah dgn adanya ulama kebencian ini,
para tokoh2 suku ini turut mempropagandakan ulama kebencian ini


disini sukunya yg masih memuja ulama kebencian ini,
pada waktunya kalian akan membayar dgn nama suku kalian sendiri
cichlidmania
areszzjay
pilotwaras108
pilotwaras108 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan