iskrimAvatar border
TS
iskrim
Apa (Rahasia) Kebohongan Terbesar Dalam Hidupmu, Berani Sebutin Alasannya Disini?


[ HT# 1022 ]

Berkata bohong atau berdusta itu dilarang agama apapun, berani berkata bohong sama saja berkhianat karena kebohongan itu berhubungan dengan janji kepada apapun, bisa merugikan siapapun dan ujung-ujungnya kamu tidak lagi dipercaya orang lain.

Selama hidup, saya, kamu, mereka, atau siapapun pasti pernah berkata bohong, banyak alasan atau yang melatar belakangi kenapa kita yang terbiasa jujur akhirnya harus berani berbohong. Tapi bohong demi kebaikan atau demi menyelamatkan orang lain karena dera atau hal yang merugikan misal tindak kejahatan orang lain bisa saja dilakukan dan 'dikecualikan'. Bohong bukan menjadi kebiasaan yang boleh dilakukan, kejujuran lebih utama dan penting.



Banyak macam cara melakukan kebohongan, dari mulai yang sederhana seperti alasan sakit agar tidak masuk sekolah, mengaku masih single padahal sudah punya pasangan, mengaku aparat padahal cuma orang sipil, sampai bedusta kepada rakyat demi kepentingan pribadi dan golongannya. Miris, ya.

Pertanyaannya sekarang adalah kebohongan 'terbesar' apa yang pernah kamu lakukan selama ini dalam hidupmu? Apakah kebohongan itu terkait dengan sebuah hubungan bersama pasangan, dengan kedua orang tua, dengan atasan, dengan pemuka agama, atau justru berbohong pada dirisendiri? Tega? Ingat ya, permintaan maaf jangan dijadikan senjata akhir untuk pelarian, seharusnya sebuah penyesalan sepenuh hati.



Mengapa kita begitu berani melakukan kebohongan terbesar itu, padahal kita tahu resikonya adalah mendapat dosa dan menerima hukuman. Jadi, karena kamu sudah membaca tulisan ini nyaris sampai paragraph akhir saya jadi yakin bertanya apakah kamu berani dengan terus terang tentang kebohongan terbesar dalam hidupmu di thread ini dan menyertakan alasannya mengapa kamu sampai berani melakukannya? Disengaja atau tidak sengaja? Seringkah?

Kebohongan terbesar itu kadarnya mungkin akan berkurang dan beban hidupmu mungkin bisa jadi lebih ringan karena kamu akhirnya bisa menumpahkan keluh kesahmu selama ini, disini di thread ini. Setidaknya kebohongan terbesarmu itu sudah tercurahkan dan tidak menggumpal menjadi bom waktu dan tidak diketahui orang terdekatmu sekalipun. Semoga saja, aamiin.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 11-05-2022 00:24
blezzernet
screamo37
provocator3301
provocator3301 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
7.7K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan