KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengapa Manusia Tak Bisa Berumur Panjang?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6278749d1e4eff2fcf18d654/mengapa-manusia-tak-bisa-berumur-panjang

Mengapa Manusia Tak Bisa Berumur Panjang?

Mengapa Manusia Tak Bisa Berumur Panjang?

Apa Anda pernah bertemu manusia berumur 100 tahun? Mungkin jumlah orang yang berhasil mencapai umur tersebut lebih sedikit dibanding jumlah kecelakaan akibat kabel charger yang melilit leher. Katanya sih orang-orang jaman dahulu memiliki umur yang begitu panjang hingga mencapai ratusan tahun, tetapi di masa kini orang yang hidup selama seratus tahun bisa dijadikan berita di televisi.

Tapi mengapa manusia tidak bisa hidup untuk dua ratus atau bahkan seribu tahun?

Mengapa Manusia Tak Bisa Berumur Panjang?

Jika menjawab secara sains maka jawabannya adalah penuaan sel. Sel yang menyusun tubuh kita terus beregenerasi setiap hari sehingga sel yang sudah mati akan digantikan oleh sel baru dan hal ini membuat tubuh kita bisa tetap sehat dan kuat. Sebuah tubuh yang selnya tak lagi bisa beregenerasi akan mengalami penuaan dan akhirnya mati total.

Regenerasi sel bisa terhenti akibat banyak faktor namun yang paling utama adalah racun. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita membawa racun dalam kadar tertentu dan tidak semuanya bisa dibuang oleh organ ekskresi sehingga sedikit demi sedikit mengendap di dalam tubuh. Inilah sebabnya orang dengan pola hidup sehat cenderung berumur lebih panjang.

Namun pada akhirnya manusia tetap saja mati.

Mengapa Manusia Tak Bisa Berumur Panjang?


Ada yang bilang umur itu adalah sebuah takdir. Jika memang iya mengapa Tuhan tidak memberi makhluk ciptaannya umur ratusan tahun agar bisa beribadah lebih banyak? Mengapa….

Coba bayangkan jika manusia (secara biologis) bisa hidup sampai lima ratus tahun. Yang saya bayangkan bukanlah kebahagiaan melainkan rasa bosan. Bayangkan, lima ratus tahun, ngapain aja kamu selama dua ratus tahun? Memangnya siapa yang mau bekerja selama ratusan tahun lamanya? Jika manusia menyadari bahwa mereka tidak akan mati sampai setidaknya lima ratus tahun ke depan maka bukan tak mungkin banyak orang akan bunuh diri karena bosan.

Mengapa Manusia Tak Bisa Berumur Panjang?

Hidup selama lima ratus tahun juga memungkinkan Anda untuk melihat cicit dari cicit Anda memiliki cicit. Saking banyaknya keturunan Anda, belum tentu Anda bisa menghapal nama mereka semua. Selain itu umur yang panjang juga akan membuat Bumi sangat-sangat penuh dalam waktu singkat tanpa bisa diikuti oleh perkembangan teknologi maupun budaya.

Jadi jika ada yang bertanya mengapa manusia tak bisa hidup terlalu lama maka jawabannya adalah… itu sudah dituliskan. Itu sudah diatur. Segala hal di dunia ini pasti dibuat dengan alasan dan umur manusia yang pendek dibuat untuk menciptakan keseimbangan antara manusia, alam, dan Bumi itu sendiri. Cukup untuk bekerja, cukup untuk beribadah, cukup untuk bersenang-senang.

Karenanya syukurilah hidup. Karena semua yang hidup pasti akan mati. Dan juga syukurilah kematian. Tanpa kematian hidup tak akan punya rasa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 5
Ada orang yang pernah bilang begini: Karena manusia akan matilah makanya hidup itu bisa kita rasakan. Jika tubuh ini kekal maka segala hal akan kehilangan maknanya karena pasti bisa kita lakukan lagi esok hari.

Kira-kira saya baca quote itu dari mana ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Btw sejarah mengatakan bahwa umur nabi Adam mencapai 930 tahun. Hmm... Mungkin itu karena dia memiliki tugas untuk membuat sebanyak mungkin anak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jw8indo dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
jadi bangsa elps ae bray

biar bisa rebian taon kek legolas bray

ah elah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
zeledi dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mengapa Manusia Tak Bisa Berumur Panjang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hafizrifqi1303 dan 6 lainnya memberi reputasi
Mengapa Manusia Tak Bisa Berumur Panjang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Abis baca2 alasan2 TS kirain kesimpulannya syukurilah kematian
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
awanitugue dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
karna dunia hanya persinggahan sobat emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan 3 lainnya memberi reputasi
makanya bersyukurlah masi hidup emoticon-Angkat Beer
Krn sdh jadi kehendak TUHAN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gak bisa berumur panjang karena kebanyakan makan micin (penyedap rasa) emoticon-Ngakak

Dulu jaman mbah buyut mah banyak yg berumur sampe 100an tahun.
profile-picture
profile-picture
awanitugue dan lillahitaalaa memberi reputasi
Emang ga bosen sama hidup emoticon-Ngacir
Kata siapa?
Nabi jaman dulu umurnya nyampe ratusan bahkan ribuan tahun
ane pernah baca artikel cuma lupa lagi dimana
tapi intinya gini katanya...jika saja manusia mampu memanajemen secara total dan optimal perihal makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuhnya dengan kadar racun NOL dan membiasakan hidup sehat maka dia mampu hidup ratusan tahun lho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ane kurang setuju sama opini TS ttg jika berumur panjang, bukannya bahagia, tapi rasa bosan.
Menurut gue sih tergantung "posisi" kita. Kalo kayak kaisar China yg mungkin punya unlimitted kenikmatan dunia, mereka sampai cari obat umur panjang.
Lha, kita aja kerja ngos-ngosan buat bulan berikut, hehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mau hidup ampe kapan? Jgn bikin yg muda susah emoticon-Big GrinMengapa Manusia Tak Bisa Berumur Panjang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kalo rupawan, banyak duit hidup ratusan tahun si enak

lah kalo uda jelek , ga punya duit ?
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kalau menurut ane sih semua ada rumus sempurna dari Tuhan, karena manusia terus regenerasi, lha kalau umur bisa sampe ribuan, tapi nikah umur 20++ terus punya anak, bisa membludak dan akhirnya bumi jadi over kapasitas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Dulu jaman nabu nabi awal ada yg umurna smpe 400th entah gimana wujudnya bliau
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Klo hidup lama jadi highlander Lo gan

Saling perang sesama umur panjang
Biar gak bosan

Agan udh lahir cerita highlander di mulai

emoticon-Sorry emoticon-Bingung

emoticon-No Hope
profile-picture
corobikang memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
mungkin tingkat stressingnya juga ya gan?semakin banyak yang dipikirkan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di