Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fantasy213Avatar border
TS
fantasy213
Yuk Mengenal Momofuku Ando: Penemu Mie Instan dan Cup Noodles
Mie Instan, siapa yang tidak kenal dengan Mie Instan? Mei instan adalah mie yang dimasak dengan air panas terlebih selama beberapa menit kemudian dicampur dengan minyak, bumbu dan bumbu pelengkap yang sudah ada dalam kemasanya, Mie instan bisanya tahan dalam waktu yang lama. Makanan ini bagi anak kost sudah seperti penyelamat ketika waktu tanggal tua datang atau sekedar untuk berhemat saja.

Yuk Mengenal Momofuku Ando: Penemu Mie Instan dan Cup Noodles


Namun tahukah siapa penemu Mie Instan pertama kali? siapakah ia? ia adalah Momofuku Ando. Nama aslinya adalah Wu Pai-fu, Lahir di Chiayi, Taiwan, 5 Maret 1910, ia merupakan seorang pengusaha Jepang keturunan Taiwan yang mendirikan Nissin Food Products dan yang penemu mesin Mie Instan pertama didunia. ia merupakan lulusan program Magister di Universitas Ritsumeikan. Ketika masih kecil kedua orangtuanya telah meninggal dunia dan dibesarkan oleh kakek dan neneknya di Kota Tainan, kakek dan neneknya memiliki usaha grosir tekstil. 

Ketika berumur 22 tahun dengan bermodal warisan dari orang tuanya ia mendidirakan perusahaan serat bernama Tōyō Meias sambil belajar di Universitas Ritsumeikan, ia juga mendirikan perusahaan barang-barang rajutan bernama Nitō Shōkai. Akibat serangan udara yang dilakukan sekutu membuat pabriknya hancur, ia mulai bangkit sedikit - demi sedikit dimulai dengan usaha toko serba ada dan menjual makanan. Seusai perang ia diharuskan memilih kewarganegaraan sehingga ia memilih sebagai warga negara Republik Tiongkok atau taiwan kemudian menjadi Jepang karena naturalisasi. ia sempat di penjara selama dua tahun akibat kasus tuduhan penggelapan pajak. Di Izumiōtsu, selatan Prefektur Osaka, ia memulai usaha pembuatan garam dapur bernama Chukososha dengan karyawan mantan tentara yang terkena demobilisasi. Seiring berjalanya waktu nama perusahaan Chukososha akan berubah menjadi Nissin Foods.

Setelah Jepang kalah perang, Jepang mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan pangan hingga perlu menerima bantuan pasokan terigu dari Amerika. sehingga pemerintah Jepang mengimbau untuk mengkonsumsi olahan terigu seperti roti,udon, biskuit dan lain- lain. Melalui idenya Ando bertemu dengan Kementrian Kesehatan untk mengutarakan idenya yaitu mempromosikan mie, namun usul tersebut ditolak dan diremehkan dengan dalih belum adanya teknik produksi massal dan jalur distribusi untuk mie belum ada. Setelah peristiwa itu, timbullah semangat dari diri Ando untuk menciptakan mesin Mie instan.

Yuk Mengenal Momofuku Ando: Penemu Mie Instan dan Cup Noodles

Ia pernah menerima jabatan sebagai ketua koperasi simpan-pinjam dari kenalanya namun pada tahun 1957 koperasi nya bangkrut hingga ia terlilit hutan yang menghabiskan uangnya sehingga tersisa sebuah rumah di Ikeda, Prefektur Osaka. setelah ia melihat orang - orang mengantri lama untuk mendapatkan semangkuk ramen yang masih panas maka munculah ide untuk membuat mie yang praktis dan tahan lama, kemudian dari rumah itulah ia membangun sebuah pabrik untuk membuat mie di halaman rumahnya. Ando mulai membuat berbagai eskperimen untuk membuat metode mengeringkan mie untuk menjadi tahan lama, namun semuanya gagal.

Sementara itu berbagai eksperimen yang dijalankan Ando membuat keuangan menjadi buruk dan mendapat ejakan karena membuat mie yang dianggap orang mustahil. setelah hampir putus asa ia, melihat istrinya menggoreng tempura maka ia mendapatkan sebuah ide untuk mengerikan mie dengan cara digoreng. kemudian pada 25 agustus 1958 ia meluncurkan sebuah produk mie instan bernama chicken ramen yang hanya perlu di siram air panas sebelum dimakan. pada waktu itu Chicken Ramen masih terbilang mahal dikalangan masyarakat, namun karena kepraktisan produk mienya langsung populer. Kemudian perusahaanya berubah menjadi perseroan terbatas bernama Nissin Shokuhin Kabushikigaisha.

Yuk Mengenal Momofuku Ando: Penemu Mie Instan dan Cup Noodles

Pada awalnya ia tidak mendaftarkan paten dan merek dagang untuk Chicken Ramen sehingga banyak Mie berkualitas rendah dan barang tiruan. kemudia ia menggapinya untuk menjaga kepercayaan masyarakat atas produknya. Tahun 1961 produknya diterima sebagai merek terdaftar. kemudian diberikan peringatan kepada 113 perusahaan yang melanggar. Namun Ando tidak berniat memonopoli produksi mi instan. Ia justru berkeinginan memopulerkan mie instan dari Jepang ke seluruh dunia.

Tahun 1966 Ando berangkat ke Amerika untuk memperluas pasar produknya sehingga ia berpikir bagaimana produknya dapat diterima di Amerika. sewaktu ia sedang memperkenalkan produknya, ia melihat seorang wanita yang memasukan mie yang sudah dipatahkan ke dalam sebuah gelas. Maka munculah ide untuk membuat mie dalam gelas, Kemudian tahun 1970 pabrik Nissin didirikan di California. kemudian Tahun 1971 produk Cup Noodle sebagai mie pertama dalam gelas Polistirena. kemudia produk Noodle cup langsung populer dan diterima di Amerika karena kebanyakan masyrakat amerika tidak punya mangkuk untuk menyeduh mie. sehingga Cup Noodles dipopulerkan diseluruh dunia.

Yuk Mengenal Momofuku Ando: Penemu Mie Instan dan Cup Noodles

Tahun 1981 ia menyerahkan persuahaannya kepada putra Pertamanya, ia mendirikan museum yang berlokasi di Ikeda, Prefektur Osaka pada tahun 1999. Dimuseum ini pengunjung dapar membuat mie sendiri mulai dari mendiseain kemasan, membuat mie, mengeringkan mie dan lain - lain. Selain itu terdapat replika ruang kerja Ando ketika sedang bereksperimen. Momofuku Ando meninggal pada 5 januari 2007 pada usia 96 tahun karena gagal jantung. Ia mendapat berbagai macam penghargaan seperti Orders of the Sacred Treasure dari Pemerintah Jepang dan berbagai macam penghargaan lainya.

Source :

Wikipedia

InternationalKompas.com

republika.co.id

manado.tribunnews.com

CupNoodels museum

0
1K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan