provocator3301Avatar border
TS
provocator3301
Mengenal Sejarah Winamp Aplikasi Pemutar Musik Yang Hampir Selalu Ada Di Warnet

Hey...Haay...Haooy...

emoticon-Haiemoticon-Motretemoticon-Ultah
Selamat datang sobat Kaskus semuanya, dimanapun kalian berada semoga sehat selalu dan diberikan kelancaran rezekinya ya terutama dipermudahkan THR-nya (amin) emoticon-Wink.


Jumpa lagi nih dengan TS yang tidak pernah bosan-bosannya menceritakan pengalaman masa lalu TS yang indah nan cetar membahagiakanemoticon-Matahari.


Kali ini TS mau mengajak Agan & Sista kembali bernostalgia tentang warnet, akan tetapi di thread ini TS tidak akan membahas perihal mengenai pengalaman ke warnet ataupun hal yang berkaitan tentang suasana di dalam lingkungan warnet, karena sudah dipastikan sudah banyak yang membahas masalah ini di Kaskusemoticon-Ngacir.

Oleh karena itu disini TS mau menjelaskan suatu aplikasi yang tidak begitu krusial, akan tetapi memiliki suatu nilai esensi yang tinggi di saat jaringan internet tidak stabil ataupun di kala billing sewa Agan & Sista mendekati detik-detik terakhiremoticon-Big Grin.
GIF
Oke sebelum TS memberikan jawabannya, alangkah seru & menarik kalau TS berikan sedikit gambaran & bocoran mengenai aplikasi tersebut ya hitung-hitung mengasah kembali ingatan Agan & Sistaemoticon-Wink.

Quote:


Quote:


Quote:


TS yakin 99 %, Kemungkinan Agan & Sista Sudah Paham apa yang dimaksud ! yups betul...
emoticon-Jempol
Kali ini TS mau membahas tentang aplikasi musik yang bernama "WINAMP",aplikasi yang selalu hadir di warnet-warnet pada zaman baheula.
[Note : TS nya lagi mabuk, sudah jelas judulnya tentang Winamp, ya pastilah akan membahas tentang Winamp masih aja ada teka-tekinya segala].

emoticon-Cape d...


~Okayy... tanpa perlu berbasa-basi lagi mari kita ulas secara lengkap.~
emoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystg



Sejarah Winamp

Winamp pertama kali dirilis oleh dua orang mahasiswa University of Utah bernama Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev pada tahun 1997.

Quote:
Quote:


Pada bulan April di tahun tersebut, Winamp baru merilis versi mini mereka yakni versi 0.20 sebagai freeware yang artinya bisa didownload secara gratis oleh siapapun.
Setelah itu, Winamp berkembang ke versi 0.92 dan menjadi versi ke-2 pada tahun 1998 atau setahun setelahnya.
Quote:

Ketika berbicara tentang Winamp, maka orang akan mengenal yang namanya Nullsoft yang merupakan wadah dari aplikasi Winamp itu sendiri, kalau bahasa anak sekarang, Nullsoft adalah nama startup yang mewadahi aplikasi
tersebut.

Pengembang lantas menciptakan Winamp berbayar untuk menjadikan aplikasi ini ladang profit. Pada tahun 1998 saja, Winamp berhasil didownload lebih dari 3 juta kali.
GIF
Pada masa itu, Nullsoft sempat beberapa kali mengalami gugatan hukum. Namun semuanya berhasil diselesaikan dengan baik.

Karena ketenarannya, Winamp pun diminati perusahaan besar. Akhirnya pada tahun 1999. Nullsoft selalu pemilik Winamp dibeli AOL senilai USD 80 juta. Bulan Juni 2000, ada sekitar 25 juta pemakai Winamp.
Quote:


Salah satu fitur paling mengasyikkan di Winamp barangkali adalah dapat berubah tampilan. Istilahnya adalah ganti skin.
Skin adalah file bitmap yang mengubah graphical user interface Winamp. User Winamp bisa mempublikasikan skin desainnya di Winamp.com.
Beberapa waktu kemudian, sangat banyak versi skin Winamp diciptakan. Pada tahun 2000, ada lebih dari 3000 skin Winamp dilahirkan.
Tema skin pun bisa bermacam-macam. Dari yang bertema olahraga, balapan, sampai gambar wanita cantik.

Quote:



Redupnya Kepopuleran Winamp


Popularitas Winamp semakin meredup. Pesaing banyak bermunculan dengan fitur lebih baik menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, tidak ada lagi inovasi baru dihadirkan di Winamp oleh pemilik barunya, AOL, Seolah Winamp jalan di tempat.
Memang sempat ada Winamp untuk platform Android. Namun jumlah penggunanya tidak seperti yang diharapkan.

Terlebih dengan merebaknya popularitas perangkat mobile, peran Winamp semakin terpinggirkan. Untuk mendengarkan musik, banyak yang merasa cukup dengan menggunakan pemutar musik bawaan di perangkatnya.

Winamp Dimatikan


Setelah eksis selama lebih dari 15 tahun sejak perilisannya, Winamp ditutup oleh pemiliknya, AOL. Peminat dipastikan tidak akan bisa lagi mendownload Winamp setelah tanggal 20 Desember 2013.
Banyak yang kala itu menyayangkan kematian Winamp. Terlebih, ia memiliki potensi untuk terus populer dengan basis penggemar yang melimpah.
"Tidak ada alasan Winamp tidak mampu ada di posisi iTunes sekarang ini, jika saja tidak ada mismanagement pada beberapa lapisan yang dilakukan AOL sejak akuisisi," sesal General Manager Winamp, Rob Lord.


Pada tahun 2014, setelah AOL memutuskan untuk mematikan Winamp. Namun nama besar pemutar musik itu sepertinya sudah memikat Radionomy, salah satu layanan agregator radio online terbesar di Belgia.
Radionomy memang cukup terkenal di sana. Dalam situsnya, mereka menuliskan sudah memiliki sekitar 6.000 stasiun radio yang bisa didengarkan melalui internet. Tapi Radionomy tidak hanya terpikat oleh Winamp, mereka juga ikut mengambil alih Shoutcast dari tangan AOL.
Sebelum Radionomy, santer diberikan bahwa Winamp tengah disodorkan ke Microsoft. Tapi sepertinya tidak pernah tercapai kesepakatan antara AOL dengan Microsoft.

Winamp Bangkit dari 'Kubur'

Quote:

Winamp akan kembali muncul dengan mengenalkan logo baru. Pemutar musik paling populer tahun 2000an ini akan memperbarui plaformnya dan bersiap bersaing di industri musik.

Winamp adalah pemutar MP3 yang paling diandalkan sebelum adanya berbagai layanan streaming.
Winamp memiliki logo ikonik menyerupai petir berwarna oranye. Kini logo itu ditinggalkan dan beralih dengan yang baru.

Ketika kita mengunjungi laman resmi Winamp, maka akan tampil logo Winamp generasi baru berupa dua garis vertikal menyerong yang disusun tidak sejajar. Logo ini sedikit menyerupai logo petir khas Winamp, hanya saja lebih minimalis.
Quote:

Namun, tak hanya perubahan logo saja. Winamp juga akan memperbarui platformnya dan bersiap untuk bersaing dengan platform pemutar musik lainnya.
Rencana pembaruan platform ini sudah dicanangkan oleh Radionomy, perusahaan yang membeli Winamp pada 2014 silam.
Quote:

Dilansir dari Tech Crunch, 15 Oktober 2018, CEO Radionomy, Alexandre Sanoundjian mengatakan bahwa Winamp dengan format baru dikabarkan akan dirilis pada 2019.

Ia berencana mengubah Winamp sebagai aplikasi pemutar musik all-in-one baik untuk desktop maupun smartphone. Winamp juga direncanakan untuk mendukung streaming musik hingga podcast.

"Akan ada versi yang benar-benar baru di tahun depan. Dengan warisan besar yang dimiliki Winamp tapi disertai pengalaman mendengarkan musik yang lebih lengkap," kata Sanoundjian.
“Anda dapat dengarkan MP3 yang mungkin Anda miliki di rumah, tetapi juga ke cloud, ke podcast, ke stasiun radio streaming, ke daftar putar yang mungkin telah Anda buat,” lanjut dia.

Kendati demikian, platform Winamp terbaru ini belum kunjung diluncurkan secara resmi.
Seiring kemudahan akses internet, orang-orang lebih sering mendengarkan musik melalui Spotify, Google Musik Anda, aplikasi Podcast, Audible, Apple Music, dan sebagainya.
Quote:

Berbagai kebutuhan pengguna dalam mendengarkan musik tersedia oleh aplikasi dan platform tersebut.
Melansir NDTV, 25 November 2021, akibat serangan internet yang sedemikian rupa, pada Desember 2013 Winamp bahkan sempat mengucapkan salam perpisahan pada para penggunanya.

Winamp kalah saing dengan pemutar musik lainnya, termasuk layanan streaming musik Spotify yang mulai menggurita.
Perizinan dan kesepakatan bukanlah kesulitan utama bagi pembaruan Winamp, tetapi bagaimana tim pengembang platform tersebut berfokus pada pembuatan aplikasi yang konsisten.
Quote:


~Okeey Sobat Kaskus sekian dari TS mengenai ulasan lengkap tentang Winamp sang pelopor aplikasi pemutar musik yang selalu hadir di tiap-tiap Warnet, Perjalanan yang penuh dengan lika-liku mulai dari awal kelahirannya sampai masa keemasannya dan diakhiri oleh redupnya sang raja, Walaupun demikian patut diapresiasi perjuangannya untuk dapat melakukan perlawanan di tengah gempuran oleh para pesaingnya.emoticon-rose

***


Pict : Google
Referensi
1
[URL=https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tren/read/2021/11/27/173000365/winamp-siapS E N S O Reback-dengan-logo-baru-seperti-apa-]2[/URL]



Diubah oleh provocator3301 02-05-2022 21:09
howard.sumanto
adiksnugie27
bayi.kafir
bayi.kafir dan 51 lainnya memberi reputasi
52
23.8K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan