Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Turis Sentil Pantai di BALI, Karena Sampah Dan Bau Selokan Yang Menganggu Suasana
Penampakan air butek di pinggir pantai | Screenshot dari video tiktok.com/@human4800


Sebuah keluhan disampaikan salah satu orang turis yang sedang berwisata ke pantai Bali, hal tersebut disampaikannya melalui video berdurasi singkat 14 detik. Didalam video turis tersebut merekam selokan yang beraroma bau yang pembuangannya ke laut, tidak hanya di situ sampah-sampah pun bertaburan di seputaran pantai sehingga mencemari lingkungan dan merusak keindahan surganya pariwisata Indonesia.

Seorang pengguna media sosial video singkat TikTok yang bernama "human4800" baru-baru ini memposting video rekaman tersebut saat berada di pantai Seminyak, Kuta, Bali.

Turis tersebut menyampaikan kerinduannya melihat panorama pantai di Bali, saat setelah Indonesia mencabut status lokdown dan kembali membuka pariwisatanya kepada tamu mancanegara. Ia langsung bergegas untuk terbang secepatnya ke Bali, namun setelah ia sampai ia sangat kecewa berat dengan kebersihan objek wisata taraf internasional ini.




Di pantai memang banyak bertaburan sampah disana sini, dan paling banyak dijumpa botol plastik, belum lagi selokon air got yang fungsinya sebagai pembuang air limbah keluarga langsung ke Laut Seminyak.

Video keluhan tersebut pun dengan cepat tersebar di dunia maya sehingga sudah ditonton hampir 1 juta kali, dan kini menjadi perhatian publik lokal maupun mancanegara terkait kebersihan salah satu pantai di Bali.

Sebelumnya, media lokal juga pernah melaporkan terkait sungai di dekat pantai Seminyak yang berangsur-angsur airnya berubah menjadi agak kemerahan seperti karat besi. Pada tahun 2017, pemerintah Bali juga telah mendeklarasikan "darurat sampah" di pantai Seminyak.

Penampakan parit air yang mengarah kelaut sangat kotor | Screenshot dari video tiktok.com/@human4800


Pihak pemerintah setempat diharapkan langsung merespon dan langsungmenerjunkan petugas kebersihan agar membersihkan sampah diseputaran pantai yang merusak pemandangan.
Menurut catatan, ada sekitar 100 ton sampah di seputaran laut setiap hari di dunia. Dan menurut penjelasan badan lingkungan hidup setempat pernah mengatakan, jika masalah sampah di Bali paling parah saat musim hujan.

Angin kencang juga menyebabkan ombak mendorong sampah-sampah di laut ke pantai yang menyebabkan pemandangan pantai menjadi kurang elok dipandang.

Semoga dengan keluhan salah satu turis ini dapat menyadarkan masyarakat kita pentingnya menjaga keasrian objek wisata di daerah masing-masing. Terima kasih sudah berkunjung ke tulisan sederhana saya GanSis.



Penulis: Sambelterasi052
Referensi: news.com.au - Viral TikTok shows rubbish, brown water at Bali beach
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 26-04-2022 09:46
emineminna
yeez
murayh0
murayh0 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
6.2K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan