Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Waspada Modus Penipuan Baru, Ngaku-ngaku Vloggers Ala Anak Motor, Berujung Tipu-tipu
Marak modus penipuan baru, ngaku-ngaku anak motor dan vlogger berujung tipu-tipu


Penipuan, menjadi salah satu tindak kejahatan yang memiliki berbagai macam modus tipu-tipu untuk mendapatkan keuntungan.

Mulai dari mengaku sebagai aparat, sales produk tertentu, guru spiritual, bahkan belakangan ini juga muncul modus baru yang harus menjadi perhatian dari Agan dan Sista semua.

Dilansir dari akun Instagram @memomedsos dibagikan sebuah informasi terkait kejadian penipuan dengan modus baru yang dialami oleh pengguna media sosial.

Pertama kali dibagikan oleh akun Facebook Herdi Rohendi yang menjelaskan tentang sebuah modus penipuan baru yang kerap terjadi belakangan ini.

Herdi Rohendi meminta masyarakat untuk waspada terhadap seseorang yang mengaku sebagai vloggers dengan penampilan anak motor gede.

Insiden tersebut terjadi di Tasik dan Priangan, dimana ada seorang pemuda yang mengendarai motor CBR 250R dan mengaku-ngaku sebagai vloggers mengajak berkenalan orang sekitar.




Setelah berkenalan cukup akrab dengan orang baru, pelaku modus penipuan ini akan mengajak kenalan barunya tersebut kesebuah bengkel untuk servis kendaraan.

Saat servis kendaraan telah selesai pelaku pun mengatakan bahwa dia tidak membawa uang cash dan harus ke ATM. Disinilah pelaku kabur dan meninggalkan kenalan barunya ini yang digunakan sebagai jaminan kepada pemilik bengkel.

Tidak menaruh kecurigaan, pemilik bengkel benar-benar menganggap bahwa orang yang ditinggal dibengkelnya adalah benar-benar teman dari pelaku, padahal orang yang ditinggal di bengkel tersebut adalah teman baru yang juga korban dari omong besar si pelaku tersebut.

Modus penipuan ini sedang marak terjadi di Tasik dan Priangan, itulah sebabnya masyarakat setempat dihimbau untuk selalu waspada agar tidak menjadi korban selanjutnya.




Melihat modus penipuan baru tersebut sebenarnya cukup mudah untuk menanggulangi agar tidak menjadi korban penipuan GanSis.

Pertama, jangan pernah sekali-kali Agan dan Sista dengan mudah berkenalan dengan orang kemudian terpesona terhadap penampilan dan gayanya lantas mengikuti apa yang mereka mau atau ajakan yang sekiranya janggal ditawarkan oleh orang baru.

Kedua, tanamkan dalam hati kewaspadaan dan berprinsiplah bahwa tidak ada orang yang benar-benar baik apa lagi orang baru. Bukan maksud untuk negatif thinking terhadap orang lain, tapi dengan berprinsip seperti ini maka pelaku penipuan akan sangat sulit untuk melancarkan aksi mereka.

Ketiga, lebih pekalah terhadap situasi dan kondisi yang tengah Agan dan Sista hadapi. Akan selalu ada gelagat tidak baik yang akan terendus dari seorang pelaku kejahatan atau penipuan dan Agan Sista dapat melihatnya jika peka terhadap situasi dan kondisi.

Oke, itulah tadi GanSis sekilas tentang modus penipuan baru yang tengah marak terjadi dan juga tips untuk mencegah agar tidak menjadi korban penipuan. Mudah-mudahan dapat dijadikan sebagai himbauan agar Agan dan Sista dapat lebih waspada dan hati-hati.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3


emineminna
Aramina
provocator3301
provocator3301 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
11.7K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan