KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
6 Makanan Khas Lebaran Yang Wajib Ada Dirumah Ane!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/626268b1f3d8ec46c57b88af/6-makanan-khas-lebaran-yang-wajib-ada-dirumah-ane

6 Makanan Khas Lebaran Yang Wajib Ada Dirumah Ane!

6 Makanan Khas Lebaran Yang Wajib Ada Dirumah Ane!
Ilustrasi Makanan Lebaran

Makanan khas lebaran masing masing keluarga selalu ada saja yang menarik untuk dibahas ya gansis, termasuk makanan lebaran yang ada dirumah ane. Beberapa makanan mungkin juga sama wajib ada dirumah kalian, tapi mungkin berapa tidak ada karena perbedaan daerah/tempat tinggal kita. Yuk langsung saja kita bahas dari makanan ke 6!


6. Tape Ketan Hitam
Quote:


Ada yang suka sama Tape Ketan Hitam? Yahh, ini nih makanan wajib saat lebaran dirumah ane gansis. Jadi tamu dihari pertama akan kami sambut dengan sebungkus tape ketan hitam yang begitu menggoda diatas meja.

Biasanya 2 hari sebelum Sholat Ied dilaksanakan orang paling sibuk adalah Buyut dan nenek ane gansis. Tapi setelah mereka berpulang, gantian ibu ane yang nyiapin semuanya sampe lembur lembur tuh bikinnya.

Tapi jujur ane sih nggasuka ya, yang doyan banget ya tetangga sama bapak. Tapi rasa udah ngga diragukan lagi nikmatnya, dirumah kalian sama ngga nih? Harus banget ada Tape Ketan Hitam?

5. Kacang Bawang
Quote:

Mengenang setiap kali Ramadhan, pasti pertengahan puasa akan disambut dengan datangnya Kacang Tanah berkilo-kilo. Tapi sekarang karena sudah bisa instan, beli mentahan tinggal goreng jadi. Ngga perlu tuh ngerendem kacang sama buang kulit kacang capek capek. Apalagi minyak lagi mahal, beli aja yang sudah kemasan.

Tapi jujur masa-masa dahulu tuh kayaknya lebih nikmat dibanding sekarang yang semua instan, tinggal ke toko aja.

4. Jangan Santen
Quote:

Jangan Santen ini istilah jawa dari sejenis sayur berkuah santan ya gansis. Kalau dirumah ane, isi dari jangan santen terdiri dari tahu, kentang, dan telur rebus atau biasanya dicampur kecang tolo, cecek, pete dan ayam. Duh nikmatnya dimakan dengan ketupat dan kerupuk udang.

Kalau didaerah ane ini cuma ada di hari ke-7 aja atau istilahnya kupatan. Nah paginya kita kenduri tuh, bawa 2 besek isi lontong, ketupat dan jangan santen. Pulang kenduri langsung berangkat ke Pantai, ini sih udah tradisi ya. Kalian sama juga ngga? Tiap kupatan wajib ke pantai dan makan sayur lontong disana?

3. Kue Semprit
Quote:

Meskipun sekarang udah banyak banget yang jualan nih gansis, momen bikin kue semprit tuh ngga bisa dilupain gitu aja. Kadang jempol sampe lebam lebam, gara gara kebanyakan mencet adonan. Nungguin depan oven, yaampun kangen banget. Tahun ini sih beli aja ya heheh...

2. Khong Gu*n
Quote:

Ini yang paling ane greget tiap tahun wajib beli, padahal pas lebaran ngga dibuka kalengnya! Tetep utuh, dan nunggu semua jajan ludes baru dah tuh kalengnya dibuka. Jadi cuma jadi pajangan dilemari aja, kalian juga ngga gansis?

1. Babat Presto
Quote:

Babat Presto jadi menu paling andalan dan wajib ada! Dan ini the best, semua orang rumah suka kecuali bapak dan suami ane karena mereka ngga doyan jeroan. Jadi gansis, cara mengolahnya babat dibersihkan sampe bener bener bersih lalu dipresto. Nah baru setelah ditiriskan dan dingin, dipotong dan digoreng. Mantep banget cobain yaa!

Gimana nih gansis? Untuk makanan khas lebaran dirumah kalian? Ada yang sama ngga sih?

Okedeh segitu aja dari ane, thank you udah mampir dithread ane.

Foto hanya pelengkap, masing-masing sudah dicantumkan sumbernya ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nananinanunu dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sintamustika
Halaman 1 dari 4
di rumah ane yg wajib ada mah opor ama kupat. lainnya opsional emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
bajak255 dan sintamustika memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dikit bet bray

kue kuoing lele ae kagak ada lu bray

iye kagak bebs @delia.adel

ah elah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
bajak255 dan sintamustika memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pasti minum nya wajib ada sirup emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bajak255 dan sintamustika memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ati ati prank, kalo dikampung tuh kaleng khong guan isinya malah rengginang dan kerupukemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
bajak255 dan sintamustika memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
berhubung ane orang medan, selalu ada lontong medan pakai tauco rendang
profile-picture
profile-picture
bajak255 dan sintamustika memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan

Selamat Lebaran Yg Ngerayain...

6 Makanan Khas Lebaran Yang Wajib Ada Dirumah Ane!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sintamustika dan 2 lainnya memberi reputasi
Engga lebaran tapi tetangga kampung wajib bagi ane yg paling umum tupat rendang ma semur sampi
profile-picture
bajak255 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau di rumah gue biasanya bikin ketupat sayur & kue2 kering. Walaupun keluarga gue non Muslim tapi itu udah jadi tradisi tiap libur lebaran emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bajak255 dan Cucigosok memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wajib ada duit
profile-picture
bajak255 memberi reputasi
Jangan santen emoticon-Ngakak

Memang ente kolestrol tinggi gan

Mana ketupat nya? emoticon-Bedug
Haduhhhh enak semua
Yg no 4, jangan santen itu ane demen bgt
Apalagi makan nya pas di kampung pk nasi anget
emoticon-2 Jempol
Wagh udah lama ga beredar neeemoticon-Hai
Muantap, nanti ane coba gan......
babat presto ada nyang jualan onlen kagak ya
penasaran gw
Tape ketan hitam enak seger.....
Ketupat juga biasanya selalu tersedia....
Opor, kupat, sama kue-kue
6 Makanan Khas Lebaran Yang Wajib Ada Dirumah Ane!
profile-picture
fachri15 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini minumannya, ketam hitam juga.

6 Makanan Khas Lebaran Yang Wajib Ada Dirumah Ane!
profile-picture
minmie656 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wah babat prestonya kek nya menggoda bener.. kalo dirumah ane mah biasa standar ketupan dengan kawan2nya.. tapi buat ane yang udah 10 tahun gak pernah lebaran di rumah ortu karena ane kerja luar daerah tentu saban lebaran didaerah orang selalu kangen masakan nyokap dikala lebaran tiba.. dan beda sekali sajian lebaran disetiap daerah, kek waktu ane kerja di kepulauan Selayar SulSel yang sajian lebarannya penuh dengan hidangan lautemoticon-2 Jempol
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di