bolazolaAvatar border
TS
bolazola
5 Kesepakatan Transfer Paling Cuan untuk Arsenal, Siapa Saja Ya?


Bolazola- Meski terakhir kali juara Liga Inggris sudah sangat lama, Arsenal tetap bisa dibilang salah satu klub besar di Britania Raya bahkan dunia. Mereka meraih gelar demi gelar dan selalu meramaikan persaingan empat besar.

Semua pencapaian sukses tersebut mayoritas dicapai kala dilatih oelh Arsene Wenger. Terutama tiga gelar juara Liga Inggris dan juga tujuh kali juara Piala FA.

Untuk bisa meraih kesuksesan, seperti klub-klub top pada umumnya, Arsenal sudah membeli banyak pemain untuk memperkuat skuat mereka. Bahkan, beberapa kali mereka memecahkan rekor transfer termahal dalam sejarah klub.

Rekor termahal dalam sejarah klub terjadi pada 2019 saat mereka memboyong Nicolas Pepe dari Lille dengan banderol sebesar 80 juta euro. Tapi perlu diketahui Arsenal tidak melulu membelanjakan pemain.

Mereka juga sering melepas para pemain yang tampil gemilang demi mendapatkan cuan. Lantas siapa saja yang paling cuan dilepas Arsenal?

Bolazola sudah merangkum sebanyak 5 kesepakatan transfer paling cuan dalam sejarah Arsenal berdiri.

Nicolas Anelka



Saat Arsene Wenger melatih, banyak pemain Prancis yang menjadi tumpuan klub. Salah satunya adalah Nicolas Anelka yang direkrut dari PSG dengan harga hanya 684 ribu pounds pada musim panas 1997.

Hanya dua musim di klub ibu kota Inggris, Anelka menerima pinangan Real Madrid di musim panas 1999 silam. Kepindahan ini membuat Arsenal menerima pembayaran sebesar 31,5 juta pounds, yang artinya mereka untung hampir 31 juta pounds kala melepas Anelka.

Marc Overmars



Marc Overmars menarik perhatian Wenger saat bersinar bersama Ajax Amsterdam. Dia gabung Arsenal di tahun 1997 dengan mahar sebesar 6,75 juta poundsterling.

Selama tiga tahun bersama Arsenal, dia mencatat 143 penampilan dengan mempersembahkan trofi Liga Inggris juga Piala FA. Di tahun 2020, Overmars memutuskan cabut dan gabung Barcelona dengan kesepakatan senilai 26,3 juta poundsterling. Kesepakatan ini memberi The Gunners keuntungan mencapai 19,6 juta poundsterling.

Emmanuel Adebayor



Emmanuel Adebayor menjadi salah satu striker dari benua Afrika yang bersinar membela Arsenal. Arsene Wenger memboyongnya dari AS Monaco dengan hanya banderol sebesar 9 juta pounds di musim panas 2006 silam.

Dari 104 penampilan di Liga Inggris, Adebayor mampu mencetak sebanyak 46 gol. Setelah empat musim, dia cabut ke Manchester City dengan kesepakatan sebesar 26,10 juta pounds. The Gunners untung sekitar 17 juta pounds dari transfer ini.

Robin van Persie



Robin van Persie bisa dibilang salah satu penyerang terbaik yang membela Arsenal usai Thierry Henry pergi. Dirinya membela Arsenal sejak diboyong dari Feyenoord dengan harga Cuma 4,05 juta pounds pada musim panas 2004 silam.

Striker asal Belanda ini berseragam Arsenal hingga tahun 2012 dan mencetak 96 gol dari total 194 penampilan di Liga Inggris. Musim panas 2012, dirinya memutuskan pindah ke Manchester United dengan kesepakatan sebesar 27,63 pounds. Jelas, keuntungan The Gunners cukup besar, hampir 24 juta pounds.

Alex Oxlade-Chamberlain



Pada tahun 2011 silam, Arsenal menjadi klub beruntung mendapatkan Alex Oxlade-Chamberlain dari Southampton. Saat itu, Chamberlain memang digadang-gadang sebagai wonderkid karena talenta besarnya.

Kepindahan ke Emirates Stadium ini memakan biaya sebsear 12,42 juta euro. Bersama Wenger, Chamberlain menghabiskan tujuh musim dan membantu The Gunners meraih tiga trofi Piala FA.

Tapi pada tahun 2017, dia memutuskan pergi dengan menerima tawaran dari Liverpool. Arsenal mendapatkan bayaran sebesar 34,20 juta pounds dengan keuntungan hampir 22 juta pounds.


Sumber : Bolazola
nawir98
endriono
davecchio
davecchio dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.9K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan