Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ilhamkhan416Avatar border
TS
ilhamkhan416
BELARUSIA Negara Diktator Satu-satunya di Eropa


Quote:


Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang negara yang dijuluki sebagai negara kediktatoran terakhir di eropa.

Negara belarus atau yang disebut juga dengan belarusia, adalah nama salah satu negara di benua eropa.

Nama resmi dari negara ini adalah republik belarus. Republik belarus merupakan salah satu negara di kawasan eropa timur.

Belarus adalah salah satu negara yang terkurung daratan di kawasan tersebut.

Negara ini berbatasan dengan negara rusia di bagian timur dan timur laut, dengan ukraina di selatan, polandia di barat, dan dengan lituania serta latvia di barat laut.

Berdasarkan dari luas wilayahnya, belarusia merupakan negara terbesar ke-13 di benua eropa.

Wilayah dari negara ini meliputi area seluas 207.600 kilometer persegi, yang jika dipaksa untuk kita bandingkan dengan luas wilayah di indonesia, luas wilayah negara ini hampir setengah dari luas pulau sumatera, dengan luas keseluruhan 443.065 kilometer persegi.

Secara geografis, belarus adalah negara pedalaman, negara ini terbentang dalam dua ekoregion, yaitu hutan campuran sarmatik dan hutan campuran eropa tengah Secara administratif, negara ini dibagi menjadi 6 wilayah provinsi atau yang disebut dengan oblast.

Yaitu, provinsi brest gomel, grodno, mogilev, minsk, dan vitebsk.

Provinsi di belarus dinamai menurut kota-kota yang menjadi pusat administrasinya.

Kota minks adalah kota terbesar di belarus, yang juga menjadi ibu kota dari negara ini.

Sebagai ibu kota, kota minks memiliki status administrasi khusus sebagai salah satu bawahan nasional langsung karena tidak dimasukan kedalam oblast atau provinsi.

Mungkin jika disamakan dengan wilayah indonesia wilayah kota minks termasuk sebagai daerah khusus atau daerah istimewa.

Belarus adalah negara republik dengan sistem pemerintahan presidensial, negara ini diperintah oleh seorang presiden dan majelis nasional.

Presiden belarus memiliki masa jabatan selama lima tahun.

Berdasarkan konstitusi belarus tahun 1994, presiden hanya dapat menjabat untuk dua periode, namun perubahan dalam konstitusi pada tahun 2004 menghilangkan batasan masa jabatan tersebut.

Alexander lukashenko adalah presiden belarus saat ini, dia telah menjadi presiden belarus sejak tahun 1994.

Lukashenko menggambarkan dirinya memiliki "gaya memerintah yang otoriter ".

karena gaya pemerintahannya tersebut, oleh beberapa media, politisi dan penulis, belarus sering digambarkan sebagai negara kediktatoran terakhir eropa.

Sensus penduduk pada tahun 2019, menunjukkan jumlah populasi penduduk belarus mencapai 9.413.466 jiwa.

Berdasarkan jumlah populasinya, belarus adalah negara terpadat ke-20 di benua eropa.

Agama Kristen adalah agama mayoritas di negara ini, secara keseluruhan, sekitar 48,3% penduduk belarus beragama kristen ortodoks, 41,1% tidak beragama, 7,1% beragama Katolik dan 3,3% menganut agama lain.

Belarus memiliki dua bahasa yang digunakan sebagai bahasa resmi negara nya, yaitu bahasa belarusia dan bahasa rusia.

Pada tahun 2019, ekonomi belarus adalah ekonomi dengan PDB terbesar ke-72 di dunia berdasarkan paritas daya beli atau PPP.

Sebagai bagian dari bekas uni soviet, belarus memiliki basis industri yang relatif berkembang dengan baik.

Negara ini berhasil mempertahankan basis industrinya setelah pecahnya uni soviet, serta basis pertanian yang luas dan tingkat pendidikan tinggi.

Belarus adalah negara berkembang dengan peringkat yang sangat tinggi dalam indeks pembangunan manusia.

Sejarah belarus Sejarah belarus atau lebih tepatnya etnis belarus dimulai dengan migrasi dan ekspansi bangsa slavia melalui eropa timur antara abad ke-6 dan ke-8 masehi.

Orang-orang slavia timur ini kemudian menetap di wilayah belarus rusia dan wilayah ukraina saat ini.

Keberadaan orang slavia ini mengasimilasi baltik lokal yang sudah lebih dulu tinggal di sana.

Etnis belarus modern mungkin dibentuk atas dasar tiga suku slavia, yaitu kryvians, drehovians, radzimians serta beberapa suku baltik.

Pada abad ke-9, wilayah belarusia atau belarus modern menjadi bagian dari kievan rus, yaitu negara bagian slavia timur yang luas yang diperintah oleh dinasti rurikid.

Namun setelah kematian penguasa kievan rus, negara ini terpecah menjadi beberapa kerajaan independen.

Antara abad ke-9 dan ke-12, kerajaan polotsk di belarus utara muncul sebagai pusat kekuasaan yang dominan di wilayah belarus sedangkan kerajaan turau di selatan memiliki kekuatan yang lebih kecil.

Dari abad ke-13 hingga ke-15, kerajaan-kerajaan dianeksasi oleh kadipaten agung lituania atau grand duchy of lithuania.

Pada tahun 1386, kadipaten agung lituania dan kerajaan polandia bergabung dalam persatuan pribadi melalui pernikahan para penguasa mereka.

Persatuan ini menggerakkan perkembangan yang pada akhirnya menghasilkan pembentukan persemakmuran polandia-lituania, yang dibentuk pada tahun 1569 oleh persatuan lublin.

Sebagai bagian dari lituania, belarus pun dimasukkan kedalam persemakmuran tersebut.

Persatuan antara polandia dan lituania berakhir pada 1795 dengan dibaginya wilayah polandia oleh kekaisaran rusia, prusia, dan austria.

Pada periode ini, maka dimulailah periode baru dalam sejarah belarus dengan semua tanahnya dianeksasi oleh kekaisaran rusia.

Pada tahun 1796, dibawah pemerintahan rusia, belarusia dimasukkan kedalam belarusia governorat, wilayah belarus dibagi ke dalam guberniyas dari minsk, vitebsk, mogilyov, dan hrodno.

Republik rakyat belarus adalah usaha pertama untuk menciptakan sebuah negara belarus yang independen di bawah nama "Belarus".

Meskipun ada upaya yang signifikan, negara tidak bertahan, terutama karena wilayah itu terus didominasi oleh tentara dari kekaisaran jerman dan tentara kekaisaran rusia dalam perang dunia I, Pada tahun 1919, sebagian belarus di bawah kekuasaan rusia muncul sebagai republik sosialis soviet byelorusia atau SSR byelorusia.

Segera setelah itu republik ini bergabung untuk membentuk SSR lithuania-byelorusia.

Pada tahun 1922, SSR byelorusia menjadi anggota pendiri republik sosialis uni soviet.

Pada tahun 1939, nazi jerman dan uni soviet menginvasi dan menduduki polandia, menandai dimulainya perang dunia II.

Soviet menginvasi dan mencaplok sebagian besar wilayah polandia timur, yang telah menjadi bagian dari negara itu sejak perjanjian perdamaian riga dua dekade sebelumnya.

Sebagian besar bagian utara daerah ini ditambahkan ke SSR byelorusia, dan sekarang menjadi belarusia barat.

Jerman dan sekutunya menginvasi uni soviet pada tahun 1941.

Selama perang dunia II, j jerman berusaha mendirikan pemerintahan boneka mereka di belarusia.

Pendudukan jerman pada tahun 1941 hingga 1944 dan perang di front timur telah menghancurkan belarus Lebih dari 1,6 juta warga sipil dan 620.000 tentara tentara merah belarus tewas, dan negara ini kehilangan sekitar 25% populasinya.

Setelah perang dunia berakhir, belarusia termasuk di antara 51 negara anggota pendiri piagam perserikatan bangsa-bangsa dan karena itu negara belarus diizinkan untuk melakukan pemungutan suara tambahan di PBB, selain pemungutan suara uni soviet.

Belarus mendeklarasikan dirinya berdaulat pada 27 juli 1990 dengan mengeluarkan deklarasi kedaulatan negara republik sosialis soviet belarus Pada 25 agustus 1991 Dengan dukungan dari partai komunis, belarusia mendeklarasikan kemerdekaan penuh dari uni soviet dengan memberikan status konstitusional yang sebelumnya tidak mereka miliki pada deklarasi kedaulatan negara.

Nama negara itu kemudian diubah menjadi republik belarus.

Pada bulan desember tahun yang sama, tiga pemimpin tertinggi soviet dari belarus, rusia dan ukraina bertemu, untuk secara resmi mengumumkan pembubaran uni soviet dan pembentukan persemakmuran negara-negara merdeka.

Negara ini baru diakui sepenuhnya sebagai negara berdaulat pada tanggal 26 desember 1991.

Itulah ringkasan sejarah negara belarus, Etimologi nama belarusia erat kaitannya dengan istilah belaya rus, Nama rus sendiri sering disamakan dengan bentuk latin dari kata russia dan ruthenia, sehingga belarusia sering disebut dengan russia putih atau ruthenia putih.

Penggunaan pertama istilah rusia putih untuk merujuk ke belarusia terjadi pada akhir abad ke-16 oleh orang inggris sir jerome horsey, yang dikenal karena kontak dekatnya dengan pengadilan kerajaan rusia.

Selama abad ke-17, tsar rusia menggunakan istilah rus putih untuk mendeskripsikan tanah yang ditambahkan dari kadipaten agung lituania.

Desain bendera belarus terdiri dari 2 warna utama yaitu merah dan hijau disertai pola ornamen yang ditempatkan di sisi tiang bendera.

Desain bendera nasional ini secara resmi diperkenalkan pada tahun 2012 yang diadaptasi dari desain yang disetujui dalam referendum pada tahun 1995.

Desain benderanya sendiri menggantikan desain bendera lama belarus saat negara itu menjadi bagian dari uni soviet Meskipun tidak ada interpretasi resmi untuk warna bendera, penjelasan yang diberikan oleh presiden alexander lukashenko adalah bahwa warna merah pada bendera melambangkan kebebasan dan pengorbanan nenek moyang bangsa, sedangkan warna hijau melambangkan kehidupan.

Hampir setengah atau sekitar 40% dari wilayah belarusia terdiri dari hutan, fakta ini juga dilambangkan dengan garis hijau pada bendera negara.

Negara ini terkadang disebut sebagai paru-paru eropa, karena hutan, sungai, dan danau yang tak terhitung jumlahnya.

Hewan nasional belarusia adalah mamalia darat terberat di seluruh benua eropa, yaitu bison eropa.

Bison merupakan hewan darat terbesar yang hanya terdapat di amerika dan eropa.

Bison adalah binatang mamalia bertanduk yang hidup secara berkelompok, tetapi tidak seperti kelompok hewan pada umumnya kawanan bison biasanya berkelompok berdasarkan jenis kelamin dan mereka akan bertemu dengan kelompok lain apabila musim kimpoi telah tiba.

Bison eropa kebanyakan tinggal di hutan yang tidak terlalu lebat serta di dataran yang banyak ditumbuhi semak belukar.

Rubel belarusia adalah mata uang resmi yang digunakan di republik belarus.

Mata uang ini dikodekan dengan BYN.

1 rubel belarusia jika dikonversi ke mata uang negara kita memiliki nilai sekitar 5.600 rupiah.

Bahasa belarusia dan rusia dianggap sebagai bahasa resmi negara ini, tetapi hanya sekitar 10% warga yang menggunakan bahasa belarusia dalam komunikasi sehari-hari.

Kebanyakan penduduk belarusia berbicara menggunakan bahasa trasianka, yaitu bahasa campuran belarusia dan rusia.

Sedikitnya jumlah penutur bahasa belarusia asli, menjadikan bahasa belarusia adalah salah satu bahasa yang terancam punah, menurut daftar UNESCO untuk bahasa yang rentan dan terancam punah.

Di bawah pemerintahan uni soviet, belarusia dianggap sebagai silicon valley nya uni soviet, karena negara ini digunakan untuk membuat 50% komputer dan onderdil komputer uni soviet.

Sejak tahun 1960-an, belarusia juga menjadi pusat pengembangan software dan bertanggungjawab karena telah menciptakan istilah programmnoe obespechenie atau software dalam bahasa russia.

Meskipun namanya republik, namun negara ini dianggap sebagai kediktatoran, terutama oleh amerika serikat dan banyak negara-negara eropa.

Karena sejak tahun 1994, negara itu diperintah oleh presiden alexander lukashenko.

Presiden alexander lukashenko dinilai telah meningkatkan kekuasaan kepresidenannya sehingga ia dianggap sebagai presiden super atau diktator.

Lukashenko telah dikritik oleh negara-negara eropa lainnya dan amerika serikat karena kekerasan politik, pelanggaran hak asasi manusia, dan pemilihan yang curang yang dituding menyebabkan dia bisa berkuasa sampai sekarang.

Meski belarusia terletak di eropa, namun indeks demokrasi negara ini sangat rendah.

Freedom house menyebut belarusia sebagai negara yang tidak bebas.

Index of economic freedom memasukkan belarusia sebagai negara tertindas.

Reporter without border memasukkan belarusia sebagai negara kebebasan persnya rendah di eropa pada tahun 2013 dan 2014.

Salah satu perjuangan ekonomi untuk belarusia adalah hubungannya yang buruk dengan banyak kekuatan eropa dan juga amerika serikat.

Larangan perjalanan dan sanksi ekonomi telah ditempatkan di negara ini sebagai protes atas kepresidenan lukashenko.

Karena faktor itu pula, banyak negara tidak mau berinvestasi atau berdagang dengan belarusia.

Berdasarkan dari letak geografisnya. Belarusia, adalah negara eropa terbesar, yang tidak memiliki akses ke laut.

Karena negara ini terkurung oleh daratan, pantai terdekat dari negara ini berjarak kurang lebih sekitar 200 kilometer dan letaknya berada di wilayah negara tetangga.

Wilayah geografis belarusia sangat datar.

Gunung tertinggi di belarusia, adalah gunung dzyarzhynskaya, dengan titik tertingginya hanya sekitar 346 meter diatas permukaan laut.

Sedangkan titik terendahnya ada di sungai nyoman 90 meter diatas permukaan laut.

Meskipun belarusia adalah negara tanpa pegunungan alami, negara ini memiliki beberapa gunung.

Di daerah dekat wilayah soligorsk, ada sejumlah besar pegunungan garam buatan yang terbentuk selama periode penambangan garam belarusia.

Gunung-gunung ini memberikan pemandangan unik ke dalam sejarah penambangan belarusia.

Hutan bialowieza di belarusia adalah habitat bagi 800 bison eropa, yaitu binatang darat paling berat di eropa.

Hutan ini masuk dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO dan EU natura 2000 special area of conservation.

Negara ini mempunyai total 88 situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO.

Taman nasional belovezhskaya pushcha, yang merupakan bekas hutan purba eropa, juga salah satu yang masuk kedalam UNESCO world heritage.

Taman nasional ini adalah hutan terbesar di belarusia, yang luas wilayahnya tiga kali wilayah negara andorra.

Kota minsk adalah kota keabadian Kota ini pernah dihancurkan dan di bumi hanguskan dalam 18 kesempatan dalam pergolakan sejarah eropa, tetapi selalu bangkit dan dibangun kembali layaknya legenda phoenix.

Dalam catatan sejarah, pada catatan sejarah Kota minsk adalah kota hijau dengan lebih dari 844.000 pohon.

Kota minsk juga dijuluki sebagai kota pahlawan.

Perpustakaan nasional belarusia, yang dijuluki sebagai berlian pengetahuan belarusia adalah salah satu bangunan paling ikonik di negara ini.

Perpustakaan tersebut menyimpan lebih dari 9 juta buku dan merupakan salah satu landmark kota minsk yang paling banyak dikunjungi.

Penulis : Ilham Khanafi
Referensi : Klik, Klik, Klik, dan Narasi TS
Sumber gambar : Klik
titikterang360
hajiantuk41
fakri456
fakri456 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.5K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan