Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Perlukah Melakukan Kegiatan Keagamaan di Pinggir Jalan?


Beredar video ratusan warga duduk di trotoar sambil terlihat tengah membaca Al-Qur'an langsung viral. Disini ane bukan niat mau SARA, atau menjelek-jelekkan agama manapun. Tapi cuma mau ngajak diskusi tentang kegiatan-kegiatan keagamaan yang diadakan di pinggir jalan.

Dulu juga pas ane kuliah di manado, ada tuh penginjilan jalanan. Sama juga dilakukannya di pinggir jalan/trotoar. Maksud ane gak hanya agama islan aja, tapi agama kristen juga. Jadi kalo bilang ini provokator ya enggak lah. Yang pasti dua-duanya punya kegiatan yang perlu ditinjau kembali. Soalnya kalo di pinggir jalan itu bukannya mengganggu dan terganggu?

Quote:


Nah sekarang yang baru-baru terjadi adalah kegiatan mengaji bersama di sepanjang trotoar Jalan Diponegoro tepatnya di depan rumah dinas Gubernur Riau, pada minggu 17 April 2022. Kegiatan ini tentu nya baik, dan dalam agama islami bertujuan untuk mensyiarkan kebiasaan tadarus.

Kalau yang pembaptisan ane kurang tau tujuan spesifik nya apa, tapi kalo yang baca Qur'an tentunya agak sensitif dibahas. Ngaji emang tujuannya bagus. Tapi apa enggak lebih baik di masjid atau mushala? Dipinggir jalan kan malah berisik sama kendaraan dan banyak polusi dari asap sama debu. Trotoar juga hak pejalan kaki, bener kan?

Quote:


Agama yang lain juga sama. Apakah kegiatan yang seperti itu justru akan terganggu kekhusyukan nya oleh suara bising motor? Nah kalo soal izin, tentu selama tertib dan tidak mengganggu masyarakat umum, pasti diperbolehkan sama pihak yang berwenang.

Sekali lagi apakah perlu melakukannya di pinggir jalan atau trotoar? Bisa jadi perlu, bisa jadi enggak sih. Tergantung tujuannya apa dan bagaimana. Kalo buat syiar agama mungkin aja boleh asal caranya gimana biar gak mengganggu dan terganggu.

Quote:


Mungkin Sama halnya kayak penampilan musik, angklung atau lainnya yang dilakukan di jalan. Ya mungkin tujuannya untuk menarik minat masyarakat. Yang penting udah izin lah ya. Supaya kalo ada yang ngeributin, setidaknya ada surat izin hehe.

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & Berita
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022
eyefirst2
mamduh1985
jiresh
jiresh dan 17 lainnya memberi reputasi
18
7.1K
133
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan