kutarominami69Avatar border
TS
kutarominami69
Para Pemuka Agama Doa Bersama Mohon Kesembuhan Ade Armando
Para Pemuka Agama Doa Bersama Mohon Kesembuhan Ade Armando



RADARNTT, Jakarta – Sejumlah tokoh agama bersama-sama mendoakan kesembuhan bagi Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando yang dikeroyok massa aksi saat demo di depan Kompleks DPR RI Senayan Jakarta. Senin, (11/4/2022).

Doa bersama itu bertemakan “Doa dan Solidaritas untuk Ade Armando” dilakukan secara virtual pada Rabu malam, (13/4/2022).

Doa dimulai menurut keyakinan agama Islam, yang dituntun oleh KH Nurul Huda. Ia berharap pengeroyokan secara brutal ini tidak terulang kembali kepada siapa saja. Selain itu, ia pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan Ade Armando agar ia cepat pulih kembali.

“Saya mengajak semua dengan ketulusan hati, kebesaran jiwa, kita mengangkat kedua tangan kita dan menundukkan kepala meminta kepada Allah SWT, sebagaimana kemarin saya dan para santri di pesantren memberikan doa yang sama untuk kesembuhan Ade Armando. Mudah-mudahan, yang kita berdoa adalah yang terakhir kali.

Tidak boleh ada kekerasan dan upaya penentangan terhadap sikap atau pandangan di negeri kita ini. Cukup kiranya, Ade Armando menjadi mortir demokrasi bagi kita semua, menjadi mortir perjuangan dan ini tidak boleh terulang dan tidak boleh terjadi lagi,” doanya.

Doa berikut diucapkan menurut keyakinan agama Kristen dipimpin oleh Pendeta Albertus Patty. Ia mengatakan, Ade Armando adalah orang yang sangat membanggakan seluruh masyarakat Indonesia. Menurut dia, walaupun Ade mengalami luka-luka, namun Ade telah menjadi sosok selalu memikir kesejahteraan orang lain.

“Betapa pun ia cidera dan luka namun api perjuangannya untuk membangun Indonesia yang lebih baik, lebih adil, lebih damai,” ujarnya kepada 647-an orang lewat zoom dan juga 2600 orang lewat akun YouTube Cokro TV.

“Ade Armando menjadi sosok yang besar karena tidak memikirkan diri sendiri, tetapi memikirkan kebaikan bangsanya. Oleh karena itu, semoga Ade Armando cepat pulih dan juga, moga Mba Nina dengan keluarga juga boleh tetap kuat dan kokoh,” sebutnya.

“Ya Tuhan, begitu banyak orang yang ingin membangun dirinya membangun kelompoknya di atas kepentingan bangsa dan negara. Dan seringkali, ya Tuhan, mereka menghalalkan segala cara, mereka melakukan apa saja, mereka bersikap oportunis dan bahkan seringkali keinginan untuk mendominasi, mengeksploitasi dan melakukan kekerasan terhadap apapun dan siapapun. Tidak sda yang mereka takutkan, Ya Tuhan, mereka melakukan itu semua, mereka membuat diri mereka bagaikan serigala. Ya Tuhan, begitu banyak orang yang mau bangun bangsa dan negara tetapi bukan membangun dengan cara yang beradab dan santun, tapi membangun dengan cara dengan biadab dan keji, dengan cara kekerasaan dengan memaksakan kehendak,” doanya.

“Kami mohon Engkau (Tuhan Yesus) memulihkan dia (Ade Armando) dan kami mohon, ya Tuhan, Engkau tetap mengobarkan semangat dan dirinya untuk tetap melayani, untuk tetap memberikan yang terbaik bagi bangsa ini,” sambung Pendeta Albertus.

Doa yang ketiga ini diucapkan menurut keyakinan Katolik, dipimpin oleh Romo J Hariyanto, SJ. Ia mendoakan, sekiranya Ade Armando yang sedang rawat di rumah sakit, segera diberikan kesembuhan maupun pemulihan.

“Bang Ade Armando yang sedang sakit di rumah sakit, bersama-sama malam hari ini, kita ingin doa untuk kesehatan dan pemulihan dari bang Ade Armando,” harapnya.

“Kita juga berdoa untuk kita semua yang berkumpul disini dan semua orang yang secita-cita dengan Ade yang berusaha menjadikan Indonesia ke depan sebagai bangsa yang bermartabat dan menghormati hak-hak warganya. Maka kita menolak segala bentuk kekerasan dan sebaiknya memberikan kedamaian,” katanya.

Doa yang keempat ini diucapkan menurut keyakinan Buddha, yang dipimpin oleh tokoh agama Buddha, Bhante Dhammasubho. Dalam doanya, ia berharap, semesta melihat dapat memberikan pencerahan dan dekat pada kita.

“Semesta semakin mencemerlangkan kepada kita bagaimana kualitas manusia itu. Manusia yang satu dengan yang lain dapat dilihat dari bagaimana caranya menyelesaikan persoalan dalam hidup yang ringan dan berat. Hidup ini kumpulan soal, soal yang ringan sampai soal yang berat, yang sulit sampai yang rumit sampai yang mudah. Maka manusia melihat bagaimana caranya memecahkan soal dan manusia dipecah-pecah oleh soal atau manusia mampu memecahkan soal,” terangnya.

Doa yang kelima dibawakan menurut keyakinan agama Hindu, yang dipandu oleh Pinandita Romo Tuwari. Dalam kesempatan itu, Ia berharap, manusia menjaga kedamaian dan menjauhkannya dari bahaya dan bencana.

“Tuntunlah kami agar sama dalam tujuan, sama dalam hati bersatu dalam pikiran sehingga kami dapat hidup bersama dengan bahagia.

Akhir-akhir ini telah banyak alami cobaan dan rintangan, jauhkanlah kami dari marabahaya dan bencana dan hindarkan dari perpecahan dan permusuhan,” sebut dia.

Doa yang keenam dibawakan menurut keyakinan agama Khonghucu, dituntun oleh Mulyadi Ws. Ia sangat prihatin atas peristiwa yang menimpa Ade Armando.

“Kami merasa sangat prihatin atas peristiwa yang telah terjadi terutama yang telah menciderai bapak Ade Armando. Dalam kesempatan ini, kami ingin menyampaikan rasa keperihatin kami khususnya kepada bapak Ade Armando dan keluarga beliau,” ucapnya.

Juga kata dia, ia sering mengikuti konten-konten lewat akun YouTube, “Saya sering ya, menyaksikan konten YouTube beliau dan juga konten YouTube di Cokro TV yang lain,” tambahnya.

“Kita semua ingin mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia sebagaimana cita-cita luhur para pendiri bangsa ini. Jadi, keniscayaan bahwa kita adalah berbeda namun demikian kita adalah satu. Karena kita diikat oleh Bhinneka Tunggal Ika dan juga dasar negara kita Pancasila. Walaupun kita berbeda-beda, sekali lagi mari kita terapkan tangankan kita. Bahu-membahu dan saling bergotong royong dan kita jaga terus persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa yang besar,” pungkas tokoh agama Khonghucu itu kepada seluruh peserta yang hadir di zoom maupun akun yotube Cokro TV itu.

Doa yang ketujuh dibawakan menurut aliran Penghayat, dipimpin oleh Engkus Ruswana. Ia sangat prihatin atas kejadian yang menimpa Ade Armando.

“Salam keprihatin kepada seluruh penghayat kepercayaan di nusantara atas kejadian yang menimpa sodara kita, bang Ade Armando,” sebutnya.

“Kejadian yang menimpa sodara kami, abang Ade Armando adalah bukti adanya rintangan dan halangan menuju kebesaran bangsa.

Membuktikan pula bahwa manusia bisa direndah harkatnya, dibanding hewan. Kami semua prihatin dan menyatakan solidaritas terhadap kejadian yang menimpa Ade Armando. Untuk itu, ya Tuhan, kami mohonkan kepadamu agar sodara kami, Ade Armando segera dipulihkan kembali kesehatannya sebagaimana sediakala dan agar dapat beraktivitas kembali,” doanya.

Dalam ‘Doa dan Solidaritas untuk Ade Armando’ hadir sejumlah tokoh muda, tokoh lintas agama, para politisi dari lintas parpol, para pegiat media sosial, para aktivis, dan sebagainya. (TIM/RN)

[url]https://radarntS E N S O Rrohani/2022/para-pemuka-agama-doa-bersama-mohon-kesembuhan-ade-armando/[/url]

Semoga cepat sembuh






hadramaut.boy
qavir
ucingkuro
ucingkuro dan 4 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan