iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ngebut Di Tol Boleh, Tapi Ikuti Aturan Main Ini (Dijamin Bebas Tilang!)


[ HT# 1008 ]

Lagi ramai pemberitaan pro dan kontra tentang batas kecepatan laju mobil di jalan tol saat ini. Padahal kalau kita terbiasa tertib berlalulintas pasti sudah paham benar dengan petunjuk rambu-rambu kecepatan dijalan tol, tidak kaget lagi.

Umumnya tol di dalam kota batas minimal kecepatan 60km/jam maksimal 80km/jam, dan tol luar kota kecepatan minimal 60km/jam dan kecepatan maksimalnya 100km/jam. Ketentuan ini tertuang pada Peraturan Pemerintah No 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4 dan diperkuat dengan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan Pasal 3 ayat 4 pada Pasal 23 ayat 4.



Lalu dimasyarakat ada yang bertanya; kan batas maksimal jalan tol luar kota 100km/jam tapi kenapa ada yang bilang 120km/jam, mana yang benar? Jawabannya menyesuaikan petunjuk rambu yang ada, ada di jalan tertentu yang memang batas maksimalnya mencapai 120km/jam itu disebabkan karena faktor kontur dan kondisi medan jalan, tapi jika bertemu rambu ini dan kita melebihi kecepatan 100km/jam dan 120km/jam tentu akan kena tilang.

Yang sewot atau kontra dengan penegasan peraturan ini saya rasa mereka memang sudah terbiasa melanggar dan terlena melajukan mobilnya terlalu kencang dengan alasan mungkin memang sudah menguasai mobil, menguasai medannya, mesin mobilnya mendukung, jam terbangnya sudah tinggi. TAPI kini mungkin perlu pembiasaan saja, boleh kencang tapi sekarang dibatasi dan diawasi oleh speed kamera CCTV! Berani melanggar siap-siap menerima surat tilang dari Korlantas.

Ingat, ketika berada dijalan tol kita tetap berada dijalan umum, semua punya hak dan kepentingan tapi semua tetap ada tatatertibnya, memiliki peraturan dasar keselamatan, dan kenyamanan berkendara untuk kepentingan bersama, bukan hanya pribadi. Tidak boleh egois. Rambu-rambu yang terpasang bukanlah hiasan semata tapi mengingatkan kita seberapa cepat kita boleh melajukan kendaraan.



Tidak semua pengendara itu menguasai mobil dan jalan, terutama pengendara awam atau pengendara baru belajar masuk tol tentu kecepatan mereka kadang membingungkan pengedara lain yang sudah terbiasa. Dengan adanya batasan kecepatan rendah dan tinggi maka kecepatan semua kendaraan akan seragam, tidak ada yang jalan terlalu lambat juga tidak terlalu tinggi. Buat driver pemula tidak membahayakan orang lain, yang sudah jago memberi contoh yang baik.

Kita yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi di jalan tol mungkin bisa dengan mudah dan lincah berkendara karena kita benar-benar memahami kondisi kendaraan dan menguasai medan jalan, tapi belum tentu orang lain seperti kita. Ketika kita melaju kencang apakah mereka siap dengan ketangkasan dan kecepatan kita, akan lebih berbahaya mereka yang cuma ikut-ikutan sok ngebut tapi buta pengalaman, di jalan tol yang kecepatannya rata-rata tinggi akan amat sangat berbahaya. Kita percaya dengan skill dan kondisi mobil kita tapi bagaimana dengan orang lain? Kita mungkin bisa selamat, tapi belum tentu orang lain, kan?



Daripada menebak-nebak, mengundang resiko mobil lecet atau malah menghantar nyawa lebih baik kita mulai berlaku tertib dan membiasakan diri untuk disiplin demi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Simpan porsi energi dan skill mumpuni di momen tertentu dan fokus pada memaksimalkan sisi kenyamanan, keselamatan daripada memporsir kecepatan saja, rasanya tidaklah adil! Betul?



Bagi yang masih belum menerima peraturan batas maksimal kecepatan ini tidak ada bedanya para pebalap motor liar yang ada dijalan umum, membahayakan orang lain, dirisendiri, dan fasilitas umum. Kalau mau ngebut ya, harus mencari lokasi yang sesuai peruntukkannya, bukan di jalan umum termasuk di jalan tol sekalipun, tetap mengundang bahaya. Yuk, mulai sekarang kita harus berani untuk tertib dan selalu disiplin berkendara. Kita pasti bisa!




Sebuah opini
Ref. tkp1,
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 15-04-2022 10:08
jlamp
davecchio
provocator3301
provocator3301 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
5.4K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan