masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Pernah Dengar Suara Gamelan dari Hutan atau Gunung? Bisa Jadi Berasal dari Alat Ini!
Fakta di balik misteri suara gamelan dari dalam hutan atau atas gunung, kemungkinan bersumber dari alat-alat ini!


Cerita-cerita mistis pendakian gunung atau penjelajahan hutan sering kali kita dengar dari orang-orang yang memiliki pengalaman menjelajah alam.
Mulai dari cerita diganggu makhluk tak kasat mata saat camping, kesasar di dalam hutan dan tidak menemukan jalan keluar, serta melihat penampakan-penampakan aneh yang membuat bulu kudu merinding yang mendengarkan ceritanya.

Meskipun kisah dan cerita horror tersebut sangat sulit untuk dibuktikan karena berkaitan dengan hal-hal ghaib yang mana memang tidak nampak mata, namun semua cerita yang berbau-bau mistis tersebut dipercayai oleh banyak orang, dan dijadikan sebagai rambu-rambu bahwa manusia hidup berdampingan dengan makhluk lain dan harus saling menjaga serta menghormati satu sama lain.

Tentu tidak ada yang salah saat memang kepercayaan tersebut menjadi pengingat bagi manusia untuk menjaga sopan santun dan adab saat mendatangi tempat-tempat baru GanSis, dengan begitu alam akan terjaga dan tidak lagi ada orang yang sembarang merusak alam dan berbuat tidak senonoh.




Dari sekian banyak cerita-cerita mistis yang diceritakan mulut ke mulut oleh masyarakat baik yang mengalami sendiri atau mendapatkan cerita dari orang lain, salah satu cerita yang paling sering diceritakan yaitu tentang suara gamelan misterius yang bersumber dari dalam hutan atau gunung saat malam hari GanSis.

Ane pun sering mendengar atau membaca cerita pengalaman dari para pendaki gunung yang pernah mendengar suara gamelan misterius ini GanSis, dan ikut bertanya-tanya dari mana asal sumber suara tersebut, benarkah suara gamelan itu berasal dari alam ghaib yang tengah mengadakan acara pertunjukan, atau ada fakta lain yang lebih masuk akal dan dapat dijelaskan secara ilmiah?

Akhirnya ane pun mencari tahu tentang kemungkinan dari cerita mistis ini GanSis, dan mendapatkan fakta unik yan bisa jadi adalah sumber suara gamelan dari dalam hutan atau gunung yang selama ini menjadi misteri.

Apa itu faktanya?
Mari simak di bawah!




Masyarakat pedesaan terutama di sekitar daerah hutan atau gunung biasanya mendapatkan air dengan memanfaatkan kincir air yang digunakan sebagai alat untuk mengalirkan air dari hulu ke hilir GanSis.
Adapun kincir air sendiri sering kali dibuat dengan menggunakan alat-alat sederhana seperti bambu, kayu, atau bahkan juga alat unik dan tradisional seperti gamelan Jawa.

Mungkin jarang ada orang yang tahu bahwa ada kincir air yang terbuat dari gamelan atau bonang, namun faktanya ane menemukan sebuah video pendek yang diunggah di media sosial dimana menunjukkan kincir air terbuat dari susunan seperangkat gamelan Jawa.

Seperti apa penampakan alatnya?
Agan dan sista bisa melihat video ini!


Spoiler for Kincir dari Gamelan:


Dengarkan suaranya dengan seksama, apakah Agan dan Sista pernah mendengar suara tersebut di gunung atau hutan yang datang secara misterius?

Yap, suara kincir air gamelan Jawa tersebut mirip sekali dengan suara-suara gamelan Jawa yang sering didengar oleh para penjelajah alam secara misterius GanSis, dan kemungkinan memang dari alat inilah selama ini suara gamelan yang tiba-tiba terdengar dan tiba-tiba menghilang tersebut berasal.

Kenapa suara tersebut bisa secara tiba-tiba muncul dan menghilang?

Jawabannya adalah karena peran angin yang menghantarkan suara GanSis.
Arah angin dan kecepatannya membuat suara kincir air yang terbuat dari gamelan ini mengalun-alun, sebab itulah suara gamelan misterius yang selama ini didengar oleh para pendaki gunung atau penjelajah hutan ini terdengar sangat dekat atau tiba-tiba jauh dan menghilang.

Entah ini dapat menjadi jawaban atas kejadian misterius yang sering dialami oleh banyak orang atau tidak GanSis, namun yang pasti menurut ane pribadi lebih masuk akal suara gamelan misterius tersebut berasal dari kincir air ini dibandingkan dengan suaranya berasal dari alam ghaib.

Menurut Agan dan Sista bagaimana, apakah ini lebih masuk akal, atau GanSis masih percaya bahwa suara gamelan misterius tersebut berasal dari alam ghaib dan dimainkan oleh para penghuninya?

Silakan berikan tanggapan GanSis dengan komentar di bawah!

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & video
1, 2, 3

EriksaRizkiM
rcksh
gta007
gta007 dan 31 lainnya memberi reputasi
30
22.2K
156
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan