Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Kebakaran di Priok Tewaskan 5 Orang Sekaligus, Hati-hati Saat Kalian Tinggal di Ruko
Kebakaran di Priok Tewaskan 5 Orang Sekaligus, Hati-hati Saat Kalian Tinggal di Ruko
Tiga ruko di Tj Priok Jakarta Utara dikabarkan terbakar hari ini, satu keluarga tewas karena terjebak di dalam ruko


Kabar duka datang dari media sosial Instagram @jakut.info. Pada pagi hari ini Selasa, 12 Januari 2022 dikabarkan telah terjadi kebakaran di Jalan Warakas 1 Titik Kenal depan SMA 18, Tanjung Priok Jakarta Utara.

Pada kejadian tersebut tiga ludes ruko terbakar dan memakan korban 5 orang (satu keluarga) yang terjebak di dalam ruko karena diduga ruko tersebut dikunci dari luar.

Adapun menurut kabar yang ada, penyebab kebakaran tiga ruko di Tanjung Priok tersebut diakibatkan oleh arus pendek listrik. Kebakaran yang terjadi pada sekitar pukul 2.30 wib tersebut baru bisa dipadamkan oleh Damkar dan masyarakat kurang lebih satu jam yaitu pada pukul 3.20 wib.

Saat ini pihak Kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran ketiga ruko di Tanjung Priok Jakarta Utara tersebut.


Kebakaran di Priok Tewaskan 5 Orang Sekaligus, Hati-hati Saat Kalian Tinggal di Ruko


Melihat kejadian nahas tersebut tentu diharapkan kita dapat mengambil pelajaran GanSis.

Musibah yang akan menimpa seseorang tidak pernah diketahui dari mana akan berasal, bahkan satu keluarga yang meninggal karena terbakar di rukonya pun juga mungkin tidak pernah terbersit bahwa mereka akan meninggal dengan keadaan nahas seperti itu.

Ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari kejadian ini GanSis. Berikut beberapa diantaranya.


1. Waspada

Meskipun kita tidak pernah tahu kapan akan terjadi apa, kewaspadaan harus tetap selalu ada di setiap masing-masing orang GanSis.

Mungkin jika memang kebakaran tersebut berkaitan dengan arus pendek listrik bisa jadi ada kabel-kabel listrik yang sudah lapuk dan harus diganti namun belum sempat untuk diganti.

Bentuk kewaspadaan kita tentu harus melakukan pengecekan kabel-kabel listrik yang ada di rumah GanSis. Lakukan minimal satu tahun sekali agar kita tahu kapan waktu mengganti kabel yang sudah lapuk dan rawan arus pendek.

2. Jangan Kunci Ruko dari Luar

Berdasarkan dugaan sementara kebakaran tersebut disebabkan arus pendek listrik. Penghuni ruko dikabarkan tidak dapat keluar rumah karena ruko dikunci dari luar.

Pelajaran selanjutnya yang dapat diambil adalah jangan mengunci ruko dari luar GanSis. Ruko lebih aman dikunci dari dalam jika memang di lantai atas ditinggali.

Selain itu juga meletakkan kunci ruko di tempat yang mudah terjangkau saat gawat darurat, ini juga sangat penting GanSis. Pastinya agar Agan dan Sista sapat segera keluar dari ruko untuk menyelamatkan diri.

3. Tangga Darurat

Untuk ruko dengan dua atau tiga lantai, alangkah baiknya jika mempersiapkan tangga darurat demi keamanan dan keselamatan GanSis.

Seperti namanya yaitu tangga darurat, maka tangga tersebut dapat digunakan hanya saat darurat dan berada di tempat paling aman dari bangunan seperti menembus langsung keluar ruko, atau ke tempat yang sekiranya sangat aman.

Kebakaran di Priok Tewaskan 5 Orang Sekaligus, Hati-hati Saat Kalian Tinggal di Ruko


Itulah tadi GanSis sekilas informasi tentang berita duka dari Tanjung Priok Jakarta Utara dan juga pelajaran yang dapat Agan dan Sista ambil.

Mudah-mudahan semua korban kebakaran yang meninggal dunia diberikan tempat terindah di sisi Tuhan, dan keluarga yang ditinggal dapat mengikhlaskan.

Oke GanSis, semoga thread ini bermanfaat dan dapat menjadi himbauan agar Agan dan Sista semua tetap dalam kewaspadaan dan kehati-hatian.


Kebakaran di Priok Tewaskan 5 Orang Sekaligus, Hati-hati Saat Kalian Tinggal di Ruko


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
ushirota
MasterSims
Okutet
Okutet dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.1K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan