KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Bus Baru PR Sukun, OH 1626 Single Glass, Tanpa Selendang!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62538e722fbb8c3c5848d1af/bus-baru-pr-sukun-oh-1626-single-glass-tanpa-selendang

Bus Baru PR Sukun, OH 1626 Single Glass, Tanpa Selendang!

Halo Agan dan Sista! Selamat gi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini ane bakal bahas seputar bus baru milik PR Sukun, yang menggunakan kaca single glass tanpa selendang samping.


Beberapa waktu lalu dunia per-bus-an sempat cukup heboh, karena PR Sukun, yang dahulu pernah memesan sebuah unit bus Double Decker, kini memesan unit baru lagi. 

Unit baru ini adalah sebuah bus Mercedes-Benz OH 1626 transmisi manual dengan body Jetbus 3+ HDD Single Glass berwarna biru besutan karoseri Adiputro. Namun, ada beberapa hal-hal yang bisa dibilang unik di bus baru milik PR Sukun.


Pada bagian depan, bus ini menggunakan kaca depan model single glass. Namun single glass di bus ini tentunya tidak seperti bus single glass zaman-zaman sebelum trend double glass, karena kacanya sangat luas dan lebar. Ini untuk memanjakan pandangan penumpang agar lebih luas. Posisi spion pun tidak seperti posisi spion Jetbus 3+ HDD Double Glass, melainkan lebih tinggi. Terlihat juga aksen smile khas Voyager berwarna kuning keemasan. 

Sementara, di bagian samping, bus dengan sasis Mercedes-Benz OH 1626 ini tidak menggunakan selendang samping sama sekali. Jadi polosan saja, yang berguna untuk makin memperluas pandangan penumpang. Memang, selendang samping Jetbus Voyager terkenal sangat tebal dan membuat penumpang depan sulit untuk melihat kesamping.

Bus Baru PR Sukun, OH 1626 Single Glass, Tanpa Selendang!Tampak samping, terlihat velg alumunium yang mengkilap.
sumber gambar

Pada bagian velg, PR Sukun memilih untuk menggunakan velg alumunium bermerek Alcoa, untuk membuat tampilan bus menjadi lebih ganteng. Juga, velg alumunium akan meningkatkan durabilitas karena lebih kuat dibanding velg besi bawaan.

Masuk ke interior, ada karpet bermotif kayu yang melapisi lantai bus. Dashboardnya juga tidak biasa, karena PR Sukun memilih opsi untuk menambah aksen kayu guna memberikan kesan lebih mewah di bus. Terlihat juga ruang kemudi Mercedes-Benz OH 1626 terbaru dengan transmisi 6 speed manual, tentu dengan stir 4 palang dan instrument cluster khas Mercedes-Benz terbaru.

Bus Baru PR Sukun, OH 1626 Single Glass, Tanpa Selendang!Interior bus. Terlihat jok warna biru keabu-abuan buatan AMG, tanpa toilet.
sumber gambar

Konon, PR Sukun terinspirasi dari Jerman untuk membuat interior bus ini, terutama jok. Jok dari Jetbus 3+ HDD Single Glass ini menggunakan jok berdesign compact dengan warna biru yang keabu-abuan buatan AMG yang berkapasitas 48 penumpang dengan lapisan kulit. Tak lupa, ada seatbelt untuk tiap penumpang, sehingga jika terjadi kecelakaan akan jauh lebih aman. 

Sementara pada bagian langit-langit termasuk standar-standar saja, standar Jetbus 3+ terbaru. Dengan AC merk Thermo King, kompartemen atas yang bisa ditutup, louver AC diatas jok dengan lampu baca dan USB charger, serta di bagian plafon ada sistem lighting lampu khas Adiputro.

Bus Baru PR Sukun, OH 1626 Single Glass, Tanpa Selendang!Penutup tangga, biar gak ada yang "kepleset".
sumber gambar

Di bagian belakang pun juga standar-standar saja. Namun ada satu hal unik, yaitu penutup tangga bagian belakang yang bisa dibuka tutup untuk memudahkan akses penumpang. Ini sangat berguna untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Ane sebenarnya kurang tahu ini bus akan dipakai untuk apa. Kemungkinan besar dipakai untuk pribadi saja seperti bus double decker sebelumnya. Kalau tidak dipakai untuk pribadi, mungkin saja dipakai untuk bus karyawan, mengingat kapasitasnya tergolong cukup banyak.


Nah, jadi itulah isi thread ane yang membahas tentang bus baru milik PR Sukun. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih jika Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Referensi: 1, 2, 3
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 3 lainnya memberi reputasi
Semakin banyak model yang akan membuat penumpang bus semakin nyaman...

mungkin kembali ke design jadul yg sinle glass dan tanpa selendang tapi dengan design muka yang modern...
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Single glass is back emoticon-Angkat Beer


Tapi New Armada masih memperkenalkan bus double glass dengan rilis Skylander R22 tahun ini gan emoticon-Big Grin


Bus Baru PR Sukun, OH 1626 Single Glass, Tanpa Selendang!
profile-picture
pulaukapok memberi reputasi
Kalau ada yang usil nimpuk batu, ganti kacanya lumayan ribet.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dari samping kok garis desainya malah mirip Nucleus 3 laksana versi highdeck emoticon-Ngakak tapi okelah single glass is back
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di