cintadineAvatar border
TS
cintadine
8 Game Mobile Lawas yang Dulu Seolah Wajib diinstal di Setiap Smartphone Baru

Kalau di lihat sekarang, game-game yang populer di smartphone Android dan iOS itu hampir semuanya adalah game berat dan ukurannya selalu bergiga-giga. Mulai dari 2GB bahkan lebih dari 5GB. Suatu ukuran game yang sekitar sepuluh tahun yang lalu terasa sangat besar namun kini terasa biasa saja. Kini menginstal game yang ukurannya puluhan dan ratusan MB sudah sangat cepat dan bukan lagi masalah. Kalau dulu game yang ratusan MB saja dirasa cukup berat.

Sekitar sepuluh tahun yang lalu, dengan membeli smartphone murah kita berharap bisa memainkan berbagai game terkenal dengan lancar. Tentu saja pada saat itu belum ada PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Genshin Impact. Namun ada beberapa game populer yang terkenal di kalangan gamer smartphone Android dan iOS angakatan awal.

Nah gan, berikut ini adalah deretan game smartphone lawas yang dulu seolah wajib diinstal dan kini sebenarnya layak untuk dimainkan kembali untuk sekedar hiburan.


Temple Run 2

Diluncurkan pada Januari 2013, Temple Run 2 adalah sekuel dari Temple Run pertama yang dirilis dua tahun sebelumnya. Game ini begitu populer di masanya karena grafik dan gameplaynya yang bisa bikin ketagihan. Game yang dikembangkan oleh Imangi Studios ini adalah game endless runner alias tidak akan pernah tamat dan tujuannya hanya berlari sejauh mungkin. Game ini menjadi salah satu game yang paling banyak diinstal di smartphone baru pada masa itu.

Angry Birds

Game yang sangat fenomenal di awal tahun 2010an ini sempat menjadi game yang wajib diinstal di smartphone dan tablet. Saking fenomenalnya, game buatan Rovio ini merambah ke penjualan merchandise seperti boneka. Franchise game Angry Birds ada banyak judulnya seperti Angry Birds Space, Angry Birds Seasons, Angry Birds Star Wars, dll.

Sayangnya, ketika dibuatkan filmnya oleh Sony Pictures pada 2016 yang lalu, hype Angry Birds sudah lama habis.

Modern Combat

Series game Modern Combat yang dibesut oleh Gameloft memberikan gebrakan baru di dunia game mobile karena memberikan grafik layaknya konsol. Seri pertamanya yaitu Modern Combat: Sandstorm dirilis pada 2009 dan mendapatkan review yang cukup positif. Kemudian berlanjut sampai seri ke 4, Modern Combat 4: Zero Hours di tahun 2012. Seri game Modern Combat adalah game berbayar namun pada seri kelima digratiskan menjadi freemium dan justru kualitasnya malah jadi jelek.

Dulu, smartphone yang bisa menjalankan Modern Combat hanyalah smartphone high end dan flagship.

Subway Surfers

Subway Surfers saat ini menjadi game yang paling sering diunduh di Play Store yaitu lebih dari 1 milyar unduhan! Padahal kalau dipikir-pikir gamenya begitu repetitif seperti Temple Run, yaitu endless runner. Subway Surfers pertama kali dirilis pada 2013 oleh Kiloo Games. Game ini kala itu memang bisa diinstal untuk smartphone kelas bawah namun performanya akan tidak berjalan optimal dan frame rate-nya rendah dan banyak ngelag. Namun, smartphone entry level jaman sekarang tentu saja dapat memainkannya dengan super lancar tanpa hambatan.

Hungry Shark Evolution

Hungry Shark Evolution adalah game yang dibuat oleh pengembang Future Games of London dan dirilis pada 2012 sebagai penerus dari Hungry Shark 3. Gameplay-nya begitu dinikmati oleh banyak orang yaitu menggerakan seekor hiu lapar yang memangsa hewan lainnya di lautan untuk tetap hidup.

Game ini dulu terasa menyenangkan, apalagi bagi mereka yang baru saja punya smartphone.

Beach Buggy Racing

Sebelum ada Beach Buggy Racing, penerusnya ada Beach Buggy Blitz yang gameplaynya masih terbatas. Sementara itu Beach Buggy Racing memberikan grafik yang benar-benar wah walaupun ukurannya hanya 80 MB. Game ini adalah game balapan mirip CTR dan Mario Kart.

Game Beach Buggy ini dulu benar-benar memukau mata dengan grafiknya yang sangat mirip dengan game konsol.

Game ini gratis namun di dalamnya terdapat banyak item yang harus dibeli dan inilah yang menyebabkan banyak versi modnya.

Dead Trigger

Saat game ini dirilis pada 2012 yang lalu, para gamer benar-benar terpukau dengan grafik yang ditampilkan karena punya kualitas setara konsol. Awalnya Madfingers selaku pengembang menetapkan game ini sebagai game berbayar namun akhirnya digratiskan setelah marak pembajakan. Kini, 10 tahun berlalu, Dead Trigger pertama masih tetap cukup menyenangkan untuk dimainkan.

Pada masa itu, smartphone dengan spek rendah jangan harap bisa memainkan game ini. Kalau sekarang jelas sangat bisa dan smartphone entry level jaman sekarang sekalipun speknya lebih dari cukup untuk bisa memainkan Dead Trigger.

Fruit Ninja

Ya, game ini juga sangat fenomenal pada saat angkatan awal Android. Dikembangkan oleh Halfbrick dan dirilis pada 2010, Fruit Ninja menjadi game yang cukup ikonik di masanya. Pasalnya, cara memainkannya benar-benar memanfaatkan teknologi layar sentuh yang saat itu masih menjadi barang baru dan membuat orang-orang masih merasa takjub dengan gameplay dari Fruit Ninja ini, yaitu mengusap layar smartphone atau tablet untuk membelah buah sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan poin.

Menariknya, Fruit Ninja ini seolah jadi game yang wajib diinstal di sebuah perangkat baru. Menjadi game yang harus terinstal saat pertama kali membeli.

Nah, gan ada tambahan game Android lawas lainnya? emoticon-Big Grin

Referensi


nawir98
rotten7070
nananinanunu
nananinanunu dan 32 lainnya memberi reputasi
33
8.4K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan