tenglengwotikAvatar border
TS
tenglengwotik
Sepi Abis! Pasar Glodok Kini Isinya Segel-Segel Kios Nunggak





Jakarta, CNBC Indonesia - Kondisi pusat perbelanjaan legendaris di DKI Jakarta kian mengkhawatirkan, salah satunya adalah Glodok City. Mal yang dikenal sebagai pusat penjualan laptop itu dulu sangat ramai, namun kini nampak begitu sepi.

Pantauan CNBC Indonesia di lokasi Jumat siang (8/4) sepinya Glodok merata di tiap lantai, utamanya di bagian dalam. Pada lantai 2 terlihat beberapa toko menjual alat kesehatan seperti masker serta tisu.

Sementara lantai dasar blok AKS yang berlokasi agak dalam terlihat banyak toko yang tutup, kurang lebih ada 10 toko.

Beberapa pemilik menuliskan kiosnya untuk disewakan. Namun, ada juga yang tidak memenuhi kewajiban dalam membayar pajak. Pengelola yakni Perumda Pasar Jaya UPB Pasar Glodok pun menyegelnya.





Ditutup Sementara sampai ada penyelesaian administrasi," tulis Perumda Pasar Jaya pada beberapa kios.

Pada beberapa toko lain terlihat Perumda Pasar Jaya baru memberi peringatan tanpa menutupnya lebih dahulu. Pengelola memberi peringatan karena ternyata ada juga yang tidak memenuhi pembayaran service charge hingga Rp 6 juta. Berikut contoh pengumuman di kios.

"Kepada Blok A1 lantai 1 AKS 11 pasar Glodok Area 4, apabila dalam waktu 7x24 jam Bapak/Ibu tidak mengindahkan surat himbauan ini maka akan diberikan surat peringatan 1,2,3 dan penutupan sementara," tulis Pasar Jaya.

Kalangan pedagang pun mengakui bahwa sepinya pasar Glodok sudah sejak pandemi, kala itu satu per satu penyewa kios pergi. Magis pasar ini sebagai toko elektronik pun kian turun, akibatnya pedagang tidak lagi mengandalkan penjualan langsung.

"Kebanyakan online kalau jualan, lebih jalan. Nggak ngandelin dari sini karena nggak tentu, kadang ga ada yang keluar. Kalau sepi nggak kejual sama sekali," sebutnya.

Pantauan CNBC Indonesia memang tidak banyak calon pembeli yang datang. Jika dibandingkan dengan ITC Roxy yang mayoritas menjual handphone, maka terlihat pasar Glodok lebih sepi. Kebanyakan orang yang ada di tempat ini justru dari pedagang.

"Yang lewat kebanyakan karyawan sama kuli-kuli, sama orang nyebrang, yang parkirnya di atas belanjanya dimana," kata Agus, karyawan Vero elektronik di lantai dasar pasar Glodok.

Beralih ke mal lain di area Glodok yakni Plaza Orion nampak toko-toko lebih hidup, utamanya di lantai dasar. Namun, hidupnya pasar ini akibat banyaknya pedagang dan karyawan toko, bukan calon pembeli.

Bahkan ketika CNBC Indonesia memasuki area Plaza Orion, para pedagang nampak 'lebih agresif' dalam menawarkan dagangannya. "Cari laptop, speaker atau PS pak,"ujar sekitar 5-6 penjual sekaligus bergantian menawarkan.


kasian engkoh-engkoh dvdnya, pada ketipu invest Kripto sama cs mereka sendiri emoticon-norose


emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
ubingaskus
aldonistic
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 18 lainnya memberi reputasi
15
4.5K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan