Pantau.comAvatar border
TS
Pantau.com
PDIP Sindir Menko Luhut seperti 'Prime Minister': Power Politiknya Sangat Kuat
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Pantau.com - Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Wuryanto menyebut Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sangat kuat di kabinet Presiden Joko Widodo.

Bahkan, saking kuatnya posisi Luhut di kabinet, Wuryanto sampai menyebutnya sebagai "prime minister" atau perdana menteri.

"Kan banyak orang yang mengatakan beliau prime minister. Menteri utama. Menko kan menteri utama, bos," ujar Wuryanto kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 7 April 2022.

"Tapi orang juga paham sekali betapa Pak Luhut sangat kuat. Power politiknya kuat. Misalnya, contoh Pak Presiden pernah statement disetop ekspor. Dua hari berikutnya dibuka lagi, Pak Luhut yang statement. Itu clear lah. Orang politik paham. Bambang Pacul orang politik, paham. Kita memahami, kita mengerti, tapi kita enggak bisa berbuat apa-apa," Wuryanto menambahkan.

Menurut Wuryanto, dalam rapat kabinet beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo sedang mengingatkan pada menterinya agar tidak lagi membuat pernyataan-pernyataan yang membuat gaduh. Terlebih soal isu penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

"Maka, sadarlah pada posisimu. Sebagai Pak Presiden sedang mengingatkan menteri-menterinya supaya sadar posisi. Kalau Menteri Dalam Negeri, ya itu, kalau ngomong ada make sense dengan tugasnya. Masuk akal kalau dalam tugas Mendagri. Tapi menteri yang enggak ada urusannya, enggak usahlah (ikut-ikutan bicara pemilu)," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam pembukaan sidang kabinet paripurna, memberikan arahan dan mengevaluasi para pembantunya. Jokowi meminta para menterinya untuk tidak membuat pernyataan yang menimbulkan polemik di masyarakat.

Salah satu arahan Jokowi adalah para menteri diminta untuk tidak bicara soal penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

"Jangan menimbulkan polemik di masyarakat, fokus pada bekerja dalam penanganan kesulitan-kesulitan yang kita hadapi. Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan mengenai urusan penundaan, urusan perpanjangan, ndak," tegasnya.
Terpisah, Juru Bicara Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan siap patuh terhadap arahan Jokowi.

Sebab, selama ini yang gencar menggiring isu penundaan pemilu adalah Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

"Ya pasti Pak Luhut patuh kepada arahan Presiden. Pak Luhut hari ini juga tetap fokus untuk mengawal pemulihan ekonomi pasca pandemi ini dan juga fokus dalam bekerja untuk menangani kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat sesuai yang diperintahkan Presiden kemarin," kata juru bicara Menko Luhut, Jodi Mahardi, kepada wartawan, Rabu, 6 April 2022.


Baca juga: Bareskrim: Perekrut Afiliator Binomo Dapat Cuan US$4.000 per Bulan

Sumber: Politikus PDIP Sindir Menko Luhut seperti 'Prime Minister': Power Politiknya Sangat Kuat
GoKiEeLaBieEzZ
muhamad.hanif.2
viniest
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.4K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan