Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

firdainayahAvatar border
TS
firdainayah
Negara-negara Ini Punya Tradisi Unik Saat Ramadan. Nomor 4 Paling Unik!
Hello, GanSist emoticon-Big Kiss




Ramadan merupakan bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah, di mana para muslim dan muslimah yang sudah balig atau cukup umur diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Sebagai rukun ke-4 dalam rukun islam, ramadan menjadi salah satu bulan yang paling dinanti-nanti setiap tahunnya. Banyak sekali hal-hal yang identik dengan ramadan. Salah satunya adalah takjil. Saat ramadan tiba, banyak sekali penjual dadakan yang menjajakan makanan-makanan ringan sampai makanan berat di pinggir jalan. GanSist tinggal pilih saja mau beli apa, beli di mana, dan yang paling penting harus punya uangnya hehehe.

Banyak tradisi unik yang dilakukan masyarakat muslim selama bulan suci ramadan atau saat menyambut datangnya. Di Indonesia sendiri saat menyambut bulan suci ramadan biasanya banyak warga yang akan mengunjungi makam keluarga atau kerabatnya. Itu kalau di negara kita ya, GanSist. Berbeda dengan tradisi di negara-negara lain saat ramadan tiba. Lantas apa saja tradisi-tradisi tersebut?

Berikut 5 negara yang memiliki tradisi unik saat bulan ramadan:



1. India, Seheriwalasatau Zohridaars





Siapa yang tidak mengenal negara ini? Mendengar kata India membuat GanSist pasti langsung teringat sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Hindu, kan? Eits, tapi selain agama Hindu, bersumber dari Wikipedia, penduduk muslim di India mencapai 14,6 persen dari populasi penduduk di sana lho, GanSist. Wah, lumayan juga, ya.

Sama seperti di Indonesia, negara tetangga kita ini juga memiliki tradisi unik saat bulan suci ramadan, lho. Seheriwalasatau Zohridaars adalah sebuah budaya unik yang berasal dari kota tua bernama Mughal yang kini menjadi tradisi warisan dan sering dilakukan saat puasa pada bulan ramadan oleh umat muslim di Delhi.

Tradisi yang dilakukan selama bulan ramadan, tepatnya pada waktu menjelang sahur ini diawali dengan masyarakat berjalan-jalan dahulu di kota. Masyarakat akan berkeliling membawa tongkat untuk membangunkan warga dengan cara mengetuk pintu atau dinding rumah mereka. Tak hanya itu saja. Masyarakat yang berkeliling juga meneriakkan asma Allah juga Nabi yang mereka yakini menjadi salah satu cara mendapatkan pahala.

Hmmm ... kalau dipikir-pikir, ini sama seperti kebiasaan pemuda-pemuda di Indonesia yang keliling kampung buat bangunin sahur ya, GanSist hehehe.


2. Pakistan, Tradisi Chaand Raat



Berbeda dengan tradisi Seheriwalasatau Zohridaars yang dilakukan selama bulan ramadan. Tradisi Chaand Raat di Pakistan biasa dilakukan saat akhir-akhir bulan ramadan.

Tradisi Chaand Raat sendiri merupakan sebuah tradisi yang hanya boleh dilakukan oleh para wanita muslim setempat. Para wanita akan berbondong-bondong pergi ke pasar atau pusat perbelanjaan setempat untuk gelang-gelang berwarna-warni atau melukis tangan-tangan mereka dengan henna.

Kalau yang ini kurang lebih mungkin kayak di Indonesia saat mendekati lebaran ya, GanSist. Berebut mencari baju baru, sendal baru, tas baru, hijab baru, dll.


3. Turki, Permainan Drum di Kala Subuh



"It's my dream, Mas, not her!"

Siapa yang kemarin hapal banget sama dialog ini? Cuplikan dialog pada salah satu series yang kemarin sempat viral dan membuat Cappadocia di Turki menjadi tempat yang banyak dicari informasinya.

Turki. Apa yang terlintas di benak GanSist saat mendengar Turki disebut? Kebab Turki? Hehehe.

Turki juga punya tradisi unik yang dilakukan saat ramadan, lho. Permainan Drum di Kala Subuh, merupakan suatu hal yang sangat umum dilakukan saat masa pemerintahan Kerajaan Ottoman. Selama ramadan, sebelum matahari terbit, para anggota dari Mesaharaty akan berjalan berkeliling sembari menabuh drum dengan antusias. Para anggota dari Mesaharaty akan mengenakan pakaian tradisional Ottoman saat menjalankan tugasnya. Kendang ditabuh antusias dengan tujuan untuk membangunkan sahur.


4. Uni Emirat Arab, Haq Al Laila atau Halloween Islami



Halloween. Mendengarnya saja sudah membuat kita bisa membayangkan berbagai kostum dan dandanan-dandanan seram ya, GanSist. Eits, tapi halloween versi Uni Emirat Arab ini beda dengan halloween pada umumnya, lho! Haq Al Laila begitulah nama tradisinya. Di mana anak-anak di sana akan mengenakan pakaian adat dan mendatangi rumah-rumah untuk mendapatkan kue manis, permen, juga cokelat, serta bertukar nyanyian.

Haq Al Laila biasanya dilakukan pada saat 2 minggu sebelum ramadan tiba. Tidak hanya di UEA saja lho, GanSist, di Kuwait dan Qatar, Haq Al Laila juga dilakukan sebagai bentuk untuk menyambut ramadan. Hanya saja penyebutannya berbeda. Mereka biasa menyebutnya Garangao.

Unik ya, GanSist.


5. Mesir, Fanous



Mesir. Negara yang dikenal kaya akan sejarah ini ternyata juga memiliki tradisi unik saat ramadan, lho. Fanous atau lentera dekoratir Mesir. Tradisi ini sudah ada sejak zaman Kekhalifahan Fatimiyah dan tetap terjaga sampai sekarang.

Umat Islam Mesir menganggap lentera sebagai simbolis selama bulan ramadan. Menurut mereka, lampion-lampion ini melambangkan keceriaan dan kebahagiaan umat islam selama bulan ramadan.

Kalau malam pasti cantik banget tuh view-nya ya, GanSist.

Nah, GanSist, itu tadi beberapa tradisi unik di berbagai negara selama bulan ramadan. Kalau di daerah GanSist, ada tradisi unik apa nih selama ramadan atau saat menyambut ramadan?

Yuk, berbagi di kolom komentar.

Sekian thread dari ane. Sampai jumpa di thread selanjutnya emoticon-Big Kiss

Selamat berpuasa emoticon-rose


Sumber referensi:
1
2
3
Diubah oleh firdainayah 03-04-2022 03:20
0
794
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan