Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

poetra11Avatar border
TS
poetra11
Tentang Ojigi, Cara Hormat Orang Jepang
Tentang Ojigi, Cara Hormat Orang Jepang

Ojigi atau cara hormat orang Jepang dilakukan dengan membungkuk, bukan berjabat tangan seperti di budaya Indonesia.

Cara hormat orang Jepang tersebut bermaksud menyampaikan rasa hormat sekaligus tanda kesopanan kepada lawan bicaranya. Maksud lainnya adalah menyampaikan terima kasih, mengucapkan selamat hingga meminta maaf.

Ada sedikit perbedaan dalam cara hormat orang Jepang tersebut. Orang Jepang akan lebih mendalam dan lebih lama dalam membungkuk apabila bertemu dengan lawan bicara yang lebih tinggi kedudukannya. Hal tersebut juga berlaku jika berada dalam situasi yang resmi.

Budaya membungkuk sebagai cara hormat orang Jepang sudah lama mengakar di negara tersebut. Bahkan, ada yang tetap membungkuk meski sedang bertelepon. Dengan cara menghormat orang Jepang tersebut, sebagai orang luar, kita bisa cepat menangkap kesan rendah diri dan sopan mereka.

Ojigi tidak hanya menjadi milik warga Jepang. Dengan nama yang berbeda, budaya membungkuk sebenarnya banyak diterapkan di berbagai negara. Contohnya adalah penduduk suku Jawa yang mengenalnya dengan istilah mlaku

Tentang Ojigi, Cara Hormat Orang Jepang

Ini lazim dilakukan oleh yang muda ke yang lebih tua. Dalam mlaku, yang tua akan berjalan membungkuk di depan yang lebih tua. Kental sekali elemen kesopanan dan penghormatan melalui tradisi mlaku ini. Anjuran ini mengajak anak menjalani tata krama kepada yang lebih tua.

Meski zaman sudah modern, tata krama melalui ojigi atau mlaku hendaknya tetap diturunkan ke generasi sekarang dan berikutnya. Sebab bersikap santun kepada siapa saja akan membuat lawan bicara akan merasa simpati. Hal kecil ajaran nenek moyang tersebut ternyata ampuh menciptakan situasi yang saling menghargai satu sama lain.

Tentang Ojigi, Cara Hormat Orang Jepang


Sumber: Rumahmigran
provocator3301
kiprasetya
kiprasetya dan provocator3301 memberi reputasi
2
2.1K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan