KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral Ustaz Khalid Sebut Kerja di Perusahaan Rokok Haram
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/624154bcadbc01285b09dc5f/viral-ustaz-khalid-sebut-kerja-di-perusahaan-rokok-haram

Viral Ustaz Khalid Sebut Kerja di Perusahaan Rokok Haram

Viral Ustaz Khalid Sebut Kerja di Perusahaan Rokok Haram, Netizen: Siap-Siap Karyawannya Besok Jadi Pengangguran

JAKARTAPOSKOTA.CO.ID - Beredar video yang memperlihatkan ceramah Ustaz Khalid Basalamah menyebut bekerja di perusahaan rokok hukumnya haram.
Video itu beredar di media sosial Tiktok yang diunggah oleh akun @1_onst. Dalam video tersebut, Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan alasan haramnya bekerja di pabrik rokok.

"Hukum kerja di perusahaan rokok? Siapa yang jawab nih. Haram hukumnya," kata ustaz Khalid Basalamah.

Ustaz Khalid mengatakan jika rokok itu halal, sudah seharusnya dokter dan pemerintah akan menulis "merokoklah karena Anda akan sehat". Jika demikian, kata Ustaz Khalid, maka tak ada larangan bekerja di perusahaan rokok.

Akan tetapi, dia melanjutkan, kenyataan merokok dikenal menyimpan banyak bahaya bagi kesehatan. Belum lagi, pemerintah sering mengkampanyekan kepada masyarakat agar berhenti merokok.

"Maaf jangan tersinggung temanku, jadi apa yang saya sampaikan sesuai hukum syariah. Memang itu hukum agamanya dan ini pasti demi kebaikan Anda," ujar ustaz Khalid Basalamah.

Di akhir video, ustaz Khalid Basalamah pun menyarankan agar orang yang terlanjur bekerja di perusahaan rokok segera mengundurkan diri.

"Kalau tidak malam ini (mengundurkan diri) sampai kapan Anda makan yang haram. Kan lebih berat hukumannya. Maka lebih baik jangan bekerja lagi di situ. Kerja di tempat yang lain, banyak pekerjaan. Semut aja di lubang yang kecil, Allah kasih rezeki, apalagi dengan manusia," tandasnya.

Sontak saja pernyataan ustaz Khalid Basalamah ini menuai perhatian netizen di kolom komentar. Tak sedikit dari mereka yang memberikan ragam tanggapan.

Berikut adalah komentar para netizen:

"Lantas bagaimana dengan gula, lebih bahaya dari rokok, gimana hukum kerja di pabrik gula," tanya akun @agusadi14**.

"Saya prihatin ada karyawan pabrik rokok dengar ini dan meninggalkan pekerjaannya. Esoknya dia jadi pengangguran. Anak istri tidak makan yang disalahkan pemerintah," ucap akun @lionheart**.

"Pak ustaz, yang kerja pabrik rokok itu banyak orang muslim loh, mereka hanya mencari rezeki. Jangan di haram-haramkan lah," timpal akun @leosibanjar**.

"Omong kosong, kalau tidak boleh kerja. Anak istri mau di kasih apa bos," imbuh akun @user974550**.

"Aku sering lihat banyak ustad atau kiyai yang merokok tuh. Kalau emang lu gak merokok, gak usah mengharamkan deh," sahut akun @dennycolle**.

"Saya berani fatwa hukumnya halal, paling tinggi makruh hukumnya. Kecuali nih orang bisa kasih makan karyawan-karyawan itu," celetuk akun modingaul**.(*)


SUMBER


Para pendukungnya yang kerja di pabrik rokok, bank konvensional, pegadaian, dll...bakal resign ngga ya ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Lagi2 panggung buat si bodoh khaleed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
sini kaum pagan ada bahan olok2 kalian ini emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cahngeyel dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
langkah pertama MUI haramkan dulu rokoknya


itu kalau berani

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
hukum syariah mana yg tegas nyebutin rokok?
cuma tafsir kok merasa paling benar emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Musik .. bermusik dan orang orang2 yang bekerja di bidang musik kok diharamin tad @wiskey31 emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Berarti pajak rokok haraaaam, mulai besok rokok GAK USAH PAKAI CUKAI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
udah pernah gw bilang. milenial & gen z galau , kalo nyari fatwa jgn ke ustad wahabi

tambah resah hidup kalian emoticon-Big Grin

dikit2 gak boleh, haram, dosa , neraka


sementara si ustadz , ekonominya sudah mapan
amplop lancar, bisnis restorannya jg jalan

nggak seperti jamaahnya yg masih nejar gaji umr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wah, bakal ada resign massal? emoticon-Matabelo

Gw tunggu saat2 mereka ini keluar dgn alasan agama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
toa juga haram dong. telinga lo di depan toa yg volumenya max kenceng over 100 dB yg lagi bersuara manggil orang2 5x juga bakalan rusak gendang telinga lu.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cahngeyel dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Kalo ente yg dagang agama auto halal yah akhiemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Viral Ustaz Khalid Sebut Kerja di Perusahaan Rokok Haram

Viral Ustaz Khalid Sebut Kerja di Perusahaan Rokok Haram
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zhengweijian
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
klo nyari makan di platform kafir pro-LGBT dan pro-Israel haram ga tad?
Viral Ustaz Khalid Sebut Kerja di Perusahaan Rokok Haram

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Wkwkwkwkwkwk


Bagus dh.. Padahal pegawainya/buruh2 nya paling banyak umatnya si kaled... Jossss

Semoga pd resign massal.. Pengen liat gue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Rokok haram kencing onta halal... Babi haram babu halal...

Sampah peradaban....

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
Kirain cuma somad yang kang haram emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Besok yang 1 Ramadhan ga bareng sama Genk Salap, siap siap di Haramin puasnya...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Petani tembakau, kerjanya haram juga apa ngga tad?

Utk rokok konvensional, ga akan ada rokoknya klo ga ada tembakaunya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Fatwa nya ga wajib di ikutin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
nerima duit dari perusahaan rokok haram ga pak ustadz ??
nerima panggilan ceramah dari karyawan pabrik rokok halal gak pak ustadz ??
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kiprasetya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 7


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di