masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Hobi Ngopi Kalau Gak Ngopi Pusing? Ini Waktu yang Tepat Buat Ngopi di Bulan Ramadhan
Pusing dan bingung buat nentuin waktu ngopi di bulan Ramadhan yang aman agar puasa tidak terganggu?
Ini dia waktu yang tepat untuk ngopi bagi para pecinta kopi


Ramadhan akan tiba dalam hitungan hari GanSis.
Menyambut bulan suci penuh ampunan dimana menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim pastinya banyak persiapan yang telah dilakukan.

Mulai dari siap iman, mental, kesabaran, semua dipersiapkan dengan baik agar di satu bulan mendatang dapat menjalankan kewajiban dengan ikhlas, dan hanya berharap keridhoan Allah SWT.

Di bulan Ramadhan pastinya banyak kebiasaan yang dilakukan di hari-hari biasa harus dirubah selama puasa. Seperti kebiasaan makan di waktu pagi dan siang hari, berhubungan badan sewaktu-waktu saat kepengen, dan emosi yang menjadi-jadi tanpa kontrol semua diatur agar puasa tidak batal.

Bagi Agan dan Sista para penikmat kopi pasti juga bingung kapan waktu menikmati kopi saat bulan puasa yang aman dan tidak mengganggu puasa.

Oke, ane akan berbagi sedikit pengalaman pribadi sebagai penikmat kopi kapan-kapan waktu yang aman untuk ngopi di bulan Ramadhan.




1. Setelah Berbuka Puasa

Waktu ngopi yang paling tepat adalah setelah berbuka puasa GanSis.
Buka puasa disunnahkan makan atau minum minuman yang manis, namun kopi tidak dianjurkan menjadi menu minuman buka puasa melihat kondisi lambung seharian kosong.

Itulah sebabnya ngopi dapat dilakukan setelah buka puasa atau setelah makan agar lambung Agan dan Sista tidak kaget dan mengalami naik tukak lambung atau magh kambuh.

2. Saat Menunggu Tadarus Al-Qur'an

Tadarus Al-Qur'an di Masjid atau Musholla biasanya bergantian dan bergilir GanSis. Selama menunggu waktu giliran inilah waktu yang tepat untuk ngopi karena takmir masjid sering kali menyediakan kopi dan camilan untuk mereka yang tadarus Al-Qur'an.

Tapi ingat GanSis jangan sampai terlalu banyak minum kopi karena tidak aman bagi lambung dan dapat menyebabkan puasa di keesokan harinya terganggu.

3. Setelah Makan Sahur

Minum kopi sesaat setelah makan sahur yaitu sebelum waktu imsak juga aman untuk Agan dan Sista lakukan.

Minum kopi di waktu ini dapat meminimalisir pusing di waktu siang hari karena kebiasaan ngopi di pagi hari GanSis.

sumber gambar

Itulah tadi GanSis waktu ngopi yang paling tepat di waktu bulan Ramadhan nanti.

Bagi para penikmat kopi sehari tanpa menyeduh kopi itu pasti akan membuat pusing dan susah bangun GanSis. Jadi sewaktu bulan puasa Agan dan Sista hanya perlu mengubah waktu-waktu ngopi saja.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menjadi referensi Agan dan Sista untuk menentukan waktu ngopi di bulan puasa.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
dalledalminto
cheria021
provocator3301
provocator3301 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.2K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan