dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
3 Pohon Ini Bisa Dijadikan Bonsai Hasilnya Bikin Takjub, Cek Kebenarannya!
Hai, Gansist!
Apakah kalian suka dengan bonsai?

Kali ini aku akan membahas tentang bonsai. Bonsai seni mengerdilkan pohon yang sudah sejak lama ada Tiongkok ataupun Jepang. Dan, lama kelamaan seni tanaman hias ini pun sampai ke Indonesia.

Membuat atau menanam bonsai butuh ketelatenan dan kesabaran untuk membentuk pohon ini tumbuh mengecil atau mengerdil, juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menghasilkan bonsai yang artistik.

Seni tanaman bonsai ini menurut aku tidak akan lekang oleh waktu. Artinya tidak mengenal trend seperti tanaman hias pada umumnya. Jadi, jika Gansist ingin membuat bonsai untuk invertasi jangka panjang cukup menggiurkan.

Nah, berikut ini ada 3 jenis tanaman/pohon bisa dijadikan bonsai meskipun mungkin tidak familiar atau belum lazim atau malah bikin Gansist takjub dan tidak menyangka ternyata pohon tersebut bisa untuk dibonsai.

1. Pohon Kelapa

klik

Pohon yang tumbuh subur di negeri kita tercinta ini pun ternyata bisa dibikin bonsai lho, Gansist. Pohon yang terkenal tinggi menjulang yang tingginya bisa mencapai puluhan meter ini bisa dikerdilkan dan saat ini sudah banyak pelaku atau penghobi tanaman hias yang mulai membuat bonsai dari pohon kelapa ini.

Caranya pun cukup mudah, Gansist tinggal menanam di dalam pot bakalan pohon kelapa yang akan dibonsai (cikal). Usahakan cikal yang masih kecil, jangan lupa kupas kulitnya, biar tumbuh mengerdil. Tapi harus hati-hati saat mengupas sabutnya, biasanya sudah ada akarnya. Selanjutnya rutin untuk disayat atau dipangkas pada batang daunnya.


2. Bonsai Pisang

klik

Pohon pisang juga banyak sekali ditemukan di Indonesia dengan berbagai jenis. Dari Sabang sampai Merauke kita bisa dengan mudah menemukan jenis-jenis pisang tersebut. Ada pisang kepok, raja, kluthuk, pisang Ambon yang mungkinkah berasal dari Ambon?

Ternyata pohon pisang juga bisa dibuat bonsai lho Gansist. Bisa dikerdilkan, tapi juga membutuhkan waktu yang sebentar. Caranya mirip dengan bonsai kelapa yakni rutin menguliti kulit dari batang pisang yang dibikin bonsai.

3. Bonsai Bambu

Konten Sensitif
klik

Bambu pun banyak jenisnya di Indonesia Gansist. Ada bambu ampel, bambu apus, bambu wulung, bambu emas/kuning, dll.
Nah, ternyata pohon bambu pun bisa dibuat bonsai lho, Gansist. Sebetulnya bukan pohon secara langsung yang dibonsai, yakni tonggak bambu yang ditanam atau dibikin bonsai.

Menarik sekali bukan, itulah tadi 3 jenis pohon yang bisa dijadikan bonsai. Barangkali Gansist ingin mencoba, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Membuat tanaman bonsai tidaklah instan butuh waktu dan proses s yang panjang. Bukan hanya waktu, ketelatenan dan ketekunan dalam merawat pohon bonsai pun sangat dibutuhkan.

Sekian thread dari aku. Terima kasih atas atensinya. Sampai jumpa lagi dan matur nuwun.
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

Narasi: oprib
Referensi terlampir


MemeCute
cla.rissa
terbitcomyt
terbitcomyt dan 6 lainnya memberi reputasi
5
4.1K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan