Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Gedung Kementerian di DKI Bakal Disewakan Usai Ibu Kota Pindah
Gedung Kementerian di DKI Bakal Disewakan Usai Ibu Kota Pindah
CNN Indonesia
Sabtu, 19 Mar 2022 12:04 WIB

Gedung Kementerian di DKI Bakal Disewakan Usai Ibu Kota Pindah
Pemerintah akan menyewakan sejumlah gedung kementerian di Jakarta setelah ibu kota pindah ke Kalimantan Timur. (CNNIndonesia/ Adhi Wicaksono).

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah aset negara di DKI Jakarta akan disewakan setelah ibu kota resmi pindah ke Kalimantan Timur. Aset itu termasuk beberapa gedung kementerian.
Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi Kementerian Keuangan Purnama T Sianturi mengatakan gedung-gedung kementerian/lembaga (k/L) akan dikelola dan disewakan kepada investor atau swasta.

"Intinya kan di sini pasca pemindahan IKN, gedung kementerian/lembaga dimungkinkan untuk dikelola disewakan ke pihak investor atau swasta," kata Purnama dalam Bincang bersama DJKN, Jumat (18/3).

Namun, Purnama tak menjelaskan lebih jauh mengenai skema penyewaan aset negara kepada swasta. Meski begitu, ia memastikan pemerintah akan memanfaatkan gedung kementerian/lembaga di Jakarta secara optimal, sehingga mampu menambah pemasukan untuk APBN.

"Nah, apakah boleh dijelaskan rencananya seperti apa? Saat ini belum bisa menjelaskan. Tetapi intinya adalah bahwa nantinya aset yang ada di ibu kota Jakarta harus dioptimalkan, sehingga aset tersebut juga akan memberikan kontribusi di dalam penerimaan negara," papar Purnama.

Sementara, tarif sewa aset negara akan mengikuti harga pasar. Namun, tarif sewa untuk beberapa aset tertentu akan mengacu pada PMK Nomor 115/PMK.06/2020 tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN).

"Untuk koperasi, kepentingan sosial, infrastruktur tertentu itu ada penyesuaian (tarif)," imbuh Purnama.

Ia mencontohkan tarif sewa untuk koperasi akan ada pengurangan dari harga pasar. Begitu juga untuk beberapa lembaga sosial.

"Jadi walaupun kami gunakan nilai pasar, negara tidak semata-mata hanya fokus pada PNBP, negara juga melakukan tugasnya untuk penyediaan layanan kepada publik," pungkas Purnama.

Baca artikel CNN Indonesia "Gedung Kementerian di DKI Bakal Disewakan Usai Ibu Kota Pindah" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220318122342-532-773050/gedung-kementerian-di-dki-bakal-disewakan-usai-ibu-kota-pindah.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
674
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan