ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Tuhan Tidak Bermain Dadu, Apa Maksudnya?


Di antara banyaknya quote-quote Einstein yang sering dipakai oleh orang-orang, ada satu quote yang cukup membingungkan dari seorang Einstein. Makna membingungkan di sini adalah karena quote ini membawa-bawa nama Tuhan; "Tuhan Tidak Bermain Dadu."

Kita tahu bahwa para pemikir besar di dunia biasanya tidak beragama alias atheis, katakanlah Nikola Tesla atau Stephen Hawking. Meski demikian Einstein mengaku percaya tentang keberadaan Tuhan meskipun Tuhan yang dia maksud di sini sama sekali berbeda dengan Tuhan yang dikenal oleh agama-agama yang kita ketahui. Einstein menyebut dirinya seorang agnostik, tidak beragama tapi religius.



Kembali ke quote, Tuhan Tidak Bermain Dadu adalah kalimat yang Einstein ucapkan setelah melalui proses yang amat panjang. Quote ini memiliki sejarahnya tersendiri yang melibatkan topik terumit dalam sains yakni Fisika Quantum. Saat itu Einstein dan para ilmuwan terkemuka lainnya sedang berdebat mengenai partikel cahaya dan kemungkinan adanya 'Quantum Realm,' tetapi mereka tidak bisa mendapat jawaban karena hasil percobaan tersebut benar-benar tak bisa dipahami. Untuk lebih jelasnya silahkan googling sendiri mengenai Kucing Schrodinger.

Saat itu ada dua kubu yang tercipta yakni kubu Bohr dan kubu Einstein. Kubu Bohr percaya bahwa itu adalah sesuatu yang diluar pemikiran manusia atau dengan kata lain 'Pekerjaan Tuhan' sedangkan Einstein yakin ada penjelasan logis dibalik fenomena quantum. Saat itulah Einstein mengucapkan quote terkenal ini.

Lalu apa maknanya?



Secara kasar, ucapan Einstein memiliki makna bahwa Tuhan tidak mungkin menciptakan sesuatu secara asal-asalan atau untung-untungan seperti bermain dadu. Saat kita melempar dadu maka hasil yang keluar pasti akan acak antara satu sampai enam. Nah, Tuhan tidak melakukan hal seperti itu. Dalam pemikiran Einstein, selama kita melakukan sesuatu dengan benar atau mengerti teori di balik suatu fenomena maka kita akan bisa mendapat hasil yang pasti. Contohnya, jika Anda memotong leher Anda maka Anda akan mati, tak ada kemungkinan Anda akan tetap hidup sepuluh tahun lagi.

Einstein hanya mengikuti pola pikir sains yakni pasti ada penjelasan di balik sesuatu. Sayangnya, Einstein sendiri menghabiskan seluruh hidupnya dan tetap tidak bisa memecahkan masalah ini. karena itulah, jika ada orang yang berhasil membuktikan permasalahan partikel quantum ini, orang tersebut akan diberi penghargaan Nobel bidang fisika.



Hingga saat ini permasalahan Fisika Quantum masih belum bisa dijelaskan secara sempurna tapi mungkin dalam seratus atau dua ratus tahun lagi pengetahuan ini bisa menjadi dasar bagi manusia untuk mencapai tahap yang lebih tinggi lagi.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
Diubah oleh ih.sul 16-03-2022 04:42
garpupatah
asamboigan
10mountainflat
10mountainflat dan 24 lainnya memberi reputasi
25
11.2K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan