abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Memahami Apa Itu G20 yang Sering Ada di Poster-poster


Udah sering liat logo di setiap poster-poster yang dibuat oleh pemerintah? Kalian udah tau belum G20 itu apa? Kalo belum tau kali ini mau coba kasih tau apa itu G20.

G20 itu kelompok multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara maju dan berkembang utama di dunia. G20 punya peran strategis dalam mengamankan pertumbuhan dan kemakmuran ekonomi global di masa depan.

Quote:


Adapun ke-20 anggota G20 adalah:
Australia, Argentina, Brazil, Kanada, Indonesia, Prancis, Jerman, India, Rep. Rakyat Tiongkok, Italia, Jepang, Korea Selatan, Mexico, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Britania Raya, Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Ke-20 negara anggota G20 ini mewakili lebih dari 80 persen PDB dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia. Setiap tahun, tuan rumah G20 mengundang negara-negara tamu, yang mengambil bagian penuh dalam latihan G20. Beberapa organisasi internasional dan regional juga berpartisipasi, memberikan forum tersebut representasi yang lebih luas.

Quote:


Akan tetapi G20 tidak memiliki sekretariat tetap. Agenda dan koordinasi kerja diselesaikan oleh perwakilan kepala negara yang dikenal dengan sherpa bersama dengan menteri keuangan dan gubernur bank sentral.

Tuan rumah G20 bergantian setiap tahunnya di antara para anggotanya, dengan negara yang memegang kepresidenan bekerja sama dengan pendahulu dan penerusnya, nah ini juga dikenal sebagai Troika, untuk memastikan kesinambungan agenda. Saat ini Italia, Indonesia, dan India nih yg menjadi bagian dari Troika. Oh iya btw, tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah G20.

Quote:


Terus, apa sih yang melatarbelakangi G20 ini terbentuk?

G20 dibentuk pada tahun 1999 dengan tujuan untuk membahas kebijakan dalam rangka mencapai stabilitas keuangan internasional. Forum ini dibentuk sebagai upaya untuk mencari solusi atas kondisi ekonomi global yang dilanda krisis keuangan global tahun 1997-1999.

Forum ini juga melibatkan negara-negara berpenghasilan menengah dan memiliki pengaruh ekonomi sistemik, termasuk Indonesia di dalamnya. Nah ini juga atas saran para Menteri Keuangan G7, para Menteri Keuangan G20 dan Gubernur Bank Sentral mulai mengadakan pertemuan untuk membahas tanggapan terhadap krisis keuangan global yang terjadi Pertemuan tingkat Menteri Keuangan diadakan secara rutin pada musim gugur.

Quote:


Sembilan tahun kemudian, pada 14-15 November 2008, para pemimpin negara-negara G20 berkumpul untuk melaksanakan KTT G20 yang pertama. Pada kesempatan itu, para pemimpin negara tersebut mengkoordinasikan respon global terhadap dampak krisis keuangan yang terjadi di AS saat itu dan sepakat untuk mengadakan pertemuan lanjutan

Untuk mempersiapkan KTT tahunan, para Menteri Keuangan G20 dan Gubernur Bank Sentral, bersama dengan para Sherpa bertemu beberapa kali dalam setahun. Tiga negara terakhir yang menjadi tuan rumah G20: Jepang pada tahun 2019, Arab Saudi pada tahun 2020, dan Italia pada tahun 2021.

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Diedit dari [URL=https://S E N S O RScX1CAajze]Tweet @TxtdariHI[/URL]
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022
muhamad.hanif.2
andrerain5
Smarf
Smarf dan 13 lainnya memberi reputasi
14
5.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan