unknownitAvatar border
TS
unknownit
Gibah, tradisi buruk yang patut dilestarikan


Quote:




Gibah menurut KBBI adalah membicarakan keburukan (keaiban) orang lain. Siapa yang tidak tau gibah, bahkan waktu kita SD kita sudah mulai tumbuh bibit gibah dalam lingkungan kita. Dimulai dari geng-geng an dan memilih teman yang menurut kita se-frekuensi dan mulai mengomongkan teman lain yang tidak se-frekuensi dengan kita. Mungkin kita dulu menganggap itu hanya bualan semata, yang tidak begitu berpengaruh dalam hidup kita. But, you're totally wrong. 

Tradisi gibah ini kemudian beranjak dari jenjang pendidikan yang rendah ke lebih tinggi. Dan yang mulanya hanya membicarakan keburukan orang lain kini menjadi pedang bermata dua. Gibah pada orang yang salah bisa merusak pertemanan dan menambah musuh yang tak diduga sebelumnya. Mungkin dulu teman gibah, namun kini saling mencari kubu untuk menggibah kubu lain.

Sama halnya yang terjadi di lingkup pekerjaan. Tiada hari tanpa gibah, mulai dari karyawan yang pangkatnya biasa sampai antar bos yang menggibah orang lain. Tak melulu hal besar yang digibahkan, bahkan hanya dengan melihat orang lain keluar dengan seseorang yang bukan pasangannya bisa menjadi gossip yang membahana. Namun itulah kita manusia, makhluk yang butuh untuk bersosialisasi. Dan salah satunya cara termudah ya adalah membicarakan orang lain terutama keburukannya. 

Dan kenapa harus dilestarikan tradisi ini, not in the sarcastic way but in actual meaning.

Common Enemy mempersatukan kita



Quote:



Basa - Basi paling Basi



Quote:



Lebih mudah mencari keburukan dibanding sebaliknya


Quote:



At the end of the day, who am i trying to change other people's habits. Lebih baik dilestarikan kebiasaan ghibah ini, namun ke arah yang lebih baik. Mungkin hanya menyebar berita baik saja, atau menyebar kabar baik yang kita dapatkan. Atau terlalu banyak kemungkingan yang bisa kita lakukan. Yang pasti semua dimulai dari diri sendiri.

Jika ada tambahan dari


emoticon-Cool dan emoticon-Angel


bisa ditambahkan di kolom komentar


Quote:


Kalo ngasih ini emoticon-Rate 5 Starmakasih
dan dikasih ini emoticon-Toast juga nggak nolak
kalo cuma mampir Alhamdulillahemoticon-Shakehand2




Sumber : Keresahan dan Pengalaman pribadi
Gambar : Google Images, Pixabay, Pexels serta editan sendiri
Gibah, [url=http://assets.kompasiana.com/items/album/2016/12/13/huffpost-dotS E N S O R-584fbbf00323bd4312dddd2a.jpg?t=o&v=770]common[/url],  BasiBully
rinandya
provocator3301
6666661234
6666661234 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
3.7K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan