- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Nostalgia Bareng Honda Win,Motornya Pak Camat Dan Pak Lurah


TS
si.matamalaikat
Nostalgia Bareng Honda Win,Motornya Pak Camat Dan Pak Lurah
Agan masih ingat dengan Honda Win ?,motor ini bisa dibilang legend dan identik dengan motornya pegawai dinas pemerintah.Selain itu motor ini juga sering dipakai oleh Pak Lurah,Pak Camat dan juga Pak Pos pada masanya 
Kalau kalian pernah nonton serial Si Doel Anak Betawi,nah dulu engkong Ali beliin Bang Doel motor ini juga gan.Kalau tidak salah warna motornya hitam,yang membuat Mandra kesal waktu itu
Dulu waktu sekolah SMP,TS masih ingat kepala sekolah dan guru fisika ane memakai motor Honda Win ini juga.
Bisa dibilang motor favoritnya pegawai dinas

Sumber
Honda Win sendiri mulai dipasarkan dan diproduksi tahun 1984,yang didesain langsung oleh orang Indonesia.Pada awalnya motor ini kurang diminati gan,karena bentuknya yang kotak.Zaman dulu motor di Indonesia identik dengan bentuk bulat,mulai tahun 80-an juga bentuk motor berevolusi menjadi kotak
Selain itu ciri khas lain adalah jok dan tangkinya ini posisinya sama rata ya gan,beda dengan motor laki kebanyakan.Dimana tangki depan posisinya lebih tinggi dari joknya

Kotak Style ala Honda Win
Sumber
Sejak kemunculannya Honda Win langsung dipesan berbagai instansi pemerintah gan,dari sinilah sebutan motor Camat atau motor Lurah muncul.Karena saking banyaknya pegawai dinas yang memakai motor ini
Kapasitas motor ini haya 100 cc lebih tepatnya 97,2 cc,motor ini juga sangat irit gan.Dengan menggunakan engine tidur berteknologi Over Head Camshaft (OHC) ini, sedangkan untuk pengapian, Honda Win ini sudah memakai sistem pengapian CDI meskipun menggunakan sistem AC.Dengan kapasitas tangki 8 liter,mampu menempuh 50 km dengan satu liter bensin.Tak heran motor satu ini selain digunakan sebagai motor harian,juga cocok untuk diajak touring gan.
Seri Pertama

Honda Win seri pertama gan
[URL=https://www.google.com/amp/s/m.akuraS E N S O R372283/ini-dia-3-perubahan-honda-win-dari-tahun-1984-sampai-2005]Sumber[/URL]
Honda Win sendiri muncul pertama kali dengan seri semi off road gan seperti gambar diatas.Dengan berbagai variasi warna mulai merah,biru dan hitam.Dengan kapasitas 97 cc,waktu itu Honda Win yang belum ada embel-embel 100.Sukses bersaing dengan GL bersaudara GL Pro dan GL Max
Yang semi off road biasanya sering terlihat didaerah perkebunan maupun daerah pelosok yang sulit dijangkau.Ada behel besi dibelakang menjadi ciri khasnya,seperti ada penjepitnya gan.Biasanya untuk tempat menaruh dokumen atau barang

Behel legend milik Honda Win
Sumber
Seri ke Dua

Seri ke dua gan
[URL=https://www.google.com/amp/s/m.akuraS E N S O R372283/ini-dia-3-perubahan-honda-win-dari-tahun-1984-sampai-2005]Sumber[/URL]
Mulai tahun 1990,model ke dua muncul dan mulai diminati oleh para pegawai instansi pemerintah gan.Blok mesinnya sudah berwarna silver,dan disini sudah ditambahi angka 100.Dan mulai dikenal dengan nama Honda Win 100
Ada dua variasi yakni variasi off road dan full on road.(cmiiw)
Seri ke Tiga

Model ke tiga era 2000-an
[URL=https://www.google.com/amp/s/m.akuraS E N S O R372283/ini-dia-3-perubahan-honda-win-dari-tahun-1984-sampai-2005]Sumber[/URL]
Masih tetap muncul dengan dua varian,dimana perubahan terdapat pada spakbor depan dan belakang.Pelindung rantai yang awalnya besi berubah menjadi plastik.Pada waktu itu juga Honda Win sempat diekspor sampai ke Thailand dan Vietnam bahkan sampai ke China gan pada masa jayanya
Dibeberapa negara ASEAN dan China motor ini dikenal dengan sebutan Win Federal.
Selama 21 tahun beredar sampai terakhir tahun 2005,semua komponen Honda Win diproduksi oleh PT Federal Motor di Indonesia,untuk memenuhi pasar dalam dan luar negeri
Yang unik dari Honda Win sejak pertama rilis mempunyai posisi mesin tidur,layaknya motor bebek.Tidak seperti GL yang memiliki mesin berdiri gan.Mesin OHC 1 silinder dengan nama ECONOPOWER dan memiliki sudut kemiringan 80 derajat,dibekali tansmisi 4 percepatan dan dengan kopling manual.Dengan ditopang rangka tipe grasshopper (belalang).Mesin ini juga tangguh untuk melibas tanjakan maupun turunan didaerah pegunungan gan.
Motor ini juga terkenal bandel gan,perawatannya mudah dan tidak rewel.Bahkan rantai motornya bisa awet selama belasan tahun baru minta ganti.Meskipun punya mesin dengan cc kecil,Honda Win tergolong motor cepat.Mampu bersaing dengan motor bebek berkapasitas 110-120 cc.

Mesin tidur Honda Win 100
Sumber
Walaupun posisi mesinnya tidur seperti motor bebek,tapi Honda Win lebih mumpuni daripada bebek dengan kapasitas mesin yang sama.Motor ini memeliki tenaga yang besar diposisi gigi 1,yang sering digunakan menaklukan tanjakan.Motor ini sering juga dirombak menjadi motor trail dengan mesin bawaan pabrik gan
Meskipun sudah disuntik mati pada tahun 2005,motor ini masih dicari sampai sekarang.Tren motor jadul yang mulai dihidupkan kembali,membuat harga jual Honda Win ikut meroket.
Bahkan ada yang berani menawar sampai harga Rp 25 juta,dengan kondisi motor orisinil yang masih terawat.Untuk versi terakhir tahun 2005
Namanya kolektor otomotif,kalau ada barang langka yang masih awet,gak segan merogoh koceknya gan.
Untuk Honda Win yang sudah dimodif semi trail ditawarkan Rp 13 juta sampai Rp 18 juta gan.Untuk versi pertama tahun 1984 berwarna cokelat full orisinil,dihargai Rp 28 juta
Sementara motor dengan kondisi seadanya dijual kisaran harga Rp 4 jutaan saja gan saat ini.

Semi trail Honda Win gan
Sumber

Speedometer klasik khas motor jadul

Lampu kucing Honda Win

Engine Win 100

Seri terakhir ini gan yang dihargai sampai Rp 25 juta
masih mulus 
Sumber Foto
Sekian dulu ulasan motor legendnya,kalau ada yang mau nambahin silakan nanti berkomentar dibawah ya.Oh ya bagi agan yang punya kenangan dengan motor ini bersama keluarga,teman,gebetan atau Pak Lurahnya mungkin
Silakan nanti share pengalamannya yak
Inilah kisah legendaris Honda Win motornya Pak Lurah serta Pak Camat,menolak punah dan still legend

Kalau kalian pernah nonton serial Si Doel Anak Betawi,nah dulu engkong Ali beliin Bang Doel motor ini juga gan.Kalau tidak salah warna motornya hitam,yang membuat Mandra kesal waktu itu

Dulu waktu sekolah SMP,TS masih ingat kepala sekolah dan guru fisika ane memakai motor Honda Win ini juga.

Bisa dibilang motor favoritnya pegawai dinas

Sumber
Honda Win sendiri mulai dipasarkan dan diproduksi tahun 1984,yang didesain langsung oleh orang Indonesia.Pada awalnya motor ini kurang diminati gan,karena bentuknya yang kotak.Zaman dulu motor di Indonesia identik dengan bentuk bulat,mulai tahun 80-an juga bentuk motor berevolusi menjadi kotak

Selain itu ciri khas lain adalah jok dan tangkinya ini posisinya sama rata ya gan,beda dengan motor laki kebanyakan.Dimana tangki depan posisinya lebih tinggi dari joknya

Kotak Style ala Honda Win

Sumber
Sejak kemunculannya Honda Win langsung dipesan berbagai instansi pemerintah gan,dari sinilah sebutan motor Camat atau motor Lurah muncul.Karena saking banyaknya pegawai dinas yang memakai motor ini

Kapasitas motor ini haya 100 cc lebih tepatnya 97,2 cc,motor ini juga sangat irit gan.Dengan menggunakan engine tidur berteknologi Over Head Camshaft (OHC) ini, sedangkan untuk pengapian, Honda Win ini sudah memakai sistem pengapian CDI meskipun menggunakan sistem AC.Dengan kapasitas tangki 8 liter,mampu menempuh 50 km dengan satu liter bensin.Tak heran motor satu ini selain digunakan sebagai motor harian,juga cocok untuk diajak touring gan.
Seri Pertama

Honda Win seri pertama gan
[URL=https://www.google.com/amp/s/m.akuraS E N S O R372283/ini-dia-3-perubahan-honda-win-dari-tahun-1984-sampai-2005]Sumber[/URL]
Honda Win sendiri muncul pertama kali dengan seri semi off road gan seperti gambar diatas.Dengan berbagai variasi warna mulai merah,biru dan hitam.Dengan kapasitas 97 cc,waktu itu Honda Win yang belum ada embel-embel 100.Sukses bersaing dengan GL bersaudara GL Pro dan GL Max

Yang semi off road biasanya sering terlihat didaerah perkebunan maupun daerah pelosok yang sulit dijangkau.Ada behel besi dibelakang menjadi ciri khasnya,seperti ada penjepitnya gan.Biasanya untuk tempat menaruh dokumen atau barang

Behel legend milik Honda Win

Sumber
Seri ke Dua

Seri ke dua gan

[URL=https://www.google.com/amp/s/m.akuraS E N S O R372283/ini-dia-3-perubahan-honda-win-dari-tahun-1984-sampai-2005]Sumber[/URL]
Mulai tahun 1990,model ke dua muncul dan mulai diminati oleh para pegawai instansi pemerintah gan.Blok mesinnya sudah berwarna silver,dan disini sudah ditambahi angka 100.Dan mulai dikenal dengan nama Honda Win 100

Ada dua variasi yakni variasi off road dan full on road.(cmiiw)
Seri ke Tiga

Model ke tiga era 2000-an

[URL=https://www.google.com/amp/s/m.akuraS E N S O R372283/ini-dia-3-perubahan-honda-win-dari-tahun-1984-sampai-2005]Sumber[/URL]
Masih tetap muncul dengan dua varian,dimana perubahan terdapat pada spakbor depan dan belakang.Pelindung rantai yang awalnya besi berubah menjadi plastik.Pada waktu itu juga Honda Win sempat diekspor sampai ke Thailand dan Vietnam bahkan sampai ke China gan pada masa jayanya

Dibeberapa negara ASEAN dan China motor ini dikenal dengan sebutan Win Federal.
Selama 21 tahun beredar sampai terakhir tahun 2005,semua komponen Honda Win diproduksi oleh PT Federal Motor di Indonesia,untuk memenuhi pasar dalam dan luar negeri

Yang unik dari Honda Win sejak pertama rilis mempunyai posisi mesin tidur,layaknya motor bebek.Tidak seperti GL yang memiliki mesin berdiri gan.Mesin OHC 1 silinder dengan nama ECONOPOWER dan memiliki sudut kemiringan 80 derajat,dibekali tansmisi 4 percepatan dan dengan kopling manual.Dengan ditopang rangka tipe grasshopper (belalang).Mesin ini juga tangguh untuk melibas tanjakan maupun turunan didaerah pegunungan gan.
Motor ini juga terkenal bandel gan,perawatannya mudah dan tidak rewel.Bahkan rantai motornya bisa awet selama belasan tahun baru minta ganti.Meskipun punya mesin dengan cc kecil,Honda Win tergolong motor cepat.Mampu bersaing dengan motor bebek berkapasitas 110-120 cc.
Mesin tidur Honda Win 100

Sumber
Walaupun posisi mesinnya tidur seperti motor bebek,tapi Honda Win lebih mumpuni daripada bebek dengan kapasitas mesin yang sama.Motor ini memeliki tenaga yang besar diposisi gigi 1,yang sering digunakan menaklukan tanjakan.Motor ini sering juga dirombak menjadi motor trail dengan mesin bawaan pabrik gan

Meskipun sudah disuntik mati pada tahun 2005,motor ini masih dicari sampai sekarang.Tren motor jadul yang mulai dihidupkan kembali,membuat harga jual Honda Win ikut meroket.
Bahkan ada yang berani menawar sampai harga Rp 25 juta,dengan kondisi motor orisinil yang masih terawat.Untuk versi terakhir tahun 2005

Namanya kolektor otomotif,kalau ada barang langka yang masih awet,gak segan merogoh koceknya gan.
Untuk Honda Win yang sudah dimodif semi trail ditawarkan Rp 13 juta sampai Rp 18 juta gan.Untuk versi pertama tahun 1984 berwarna cokelat full orisinil,dihargai Rp 28 juta

Sementara motor dengan kondisi seadanya dijual kisaran harga Rp 4 jutaan saja gan saat ini.

Semi trail Honda Win gan

Sumber
Speedometer klasik khas motor jadul

Lampu kucing Honda Win
Engine Win 100

Seri terakhir ini gan yang dihargai sampai Rp 25 juta


Sumber Foto
Sekian dulu ulasan motor legendnya,kalau ada yang mau nambahin silakan nanti berkomentar dibawah ya.Oh ya bagi agan yang punya kenangan dengan motor ini bersama keluarga,teman,gebetan atau Pak Lurahnya mungkin

Silakan nanti share pengalamannya yak

Inilah kisah legendaris Honda Win motornya Pak Lurah serta Pak Camat,menolak punah dan still legend

Sumber: pengalaman,pemikiran,dan opini pribadi TS
Referensi: 1,2,3
Ilustrasi foto: blog otomotif
Diubah oleh si.matamalaikat 21-04-2020 17:30






Feraldi.Noval dan 28 lainnya memberi reputasi
29
2.8K
41


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan