Kaskus

Automotive

asap1305162Avatar border
TS
asap1305162
PRINSIP KERJA MESIN 2 TAK
   mesin 2 tak yang umum kita ketahui adalah dari sisi suaranya
karna suara mesin 2 tak sangat berbeda dari mesin motor 4 tak
suara yang dominaN BERISIK dan nyaring memudahkan kita mengenali 
jenis mesin tersebut.


lain dengan mesin 4 tak yang di buat se silent mungkin, 
untuk itu sangatlah mudah bagi orang yang awam untuk mengetahui jenis mesin 2 tak


akan tetapi tidak smudah memahami mesin nya pergerakan mesin 2 tak memang tak sama dengan 4 tak 

pada mesin 2 tak bahkan ada sebagian par 4 tak yang tidak di gunakan seperti cam valve dan keteng,, mungkin part tersebut tidak akan kalian temukan di mesin 2 tak

PRINSIP KERJA MESIN 2 TAK

PRINSIP KERJA MESIN 2 TAK


prinsip kerja 2 tak ada 2 tahapan


Langkah ke 1
Piston bergerak dari TMA ke TMB.
Saat bergerak dari TMA ke TMB, piston akan menekan ruang bilas yang berada di bawahnya. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB akan semakin meningkat pula tekanan di ruang bilas.
Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
Pada saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan di dalam ruang bilas akan terpompa masuk ke dalam ruang bakar, sekaligus mendorong keluar gas yang ada di dalam ruang bakar menuju lubang pembuangan.
Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas menuju ke dalam ruang bakar.

Langkah ke 2
Piston bergerak dari TMB ke TMA.
Saat bergerak dari TMB ke TMA, piston akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi.
Saat melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston akan mengkompresi gas yang terjebak di dalam ruang bakar.
Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.
Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi akan menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi tidak terjadi saat piston sampai ke TMA, melainkan terjadi sebelumnya. Ini dimaksudkan agar puncak tekanan akibat pembakaran dalam ruang bakar bisa terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB, karena proses pembakaran membutuhkan waktu untuk bisa membuat gas terbakar dengan sempurna oleh nyala api busi.

Teman-teman sudah kenalkan mesin 2 tak tu bagaimana, sekarang kita lanjut kenalan dengan mesin 4 tak yang sekarang sudah menjadi mesin mainstream yang banyak dipakai di kendaraan beroda

okkk terimakasih sudah membaca
apawaalAvatar border
RifanXAvatar border
RifanX dan apawaal memberi reputasi
2
1.1K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan