Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kardus2020Avatar border
TS
kardus2020
Gempa Pasaman: Menag Yaqut Salurkan Bantuan Rp 2,35 M untuk Masjid
Gempa Pasaman: Menag Yaqut Salurkan Bantuan Rp 2,35 M untuk Masjid

TEMPO.COJakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyalurkan bantuan senilai Rp2,35 miliar untuk masyarakat terdampak gempa Pasaman, Sumatera Barat. Dana bantuan tersebut di antaranya diperuntukkan bagi perbaikan masjid dan musala yang rusak akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang terjadi pada 25 Februari 2022.

Yaqut menugaskan pelaksana tugas Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kementerian Agama, Thobib Al Asyhar untuk menyerahkan bantuan tersebut ke Kabupaten Pasaman Barat. "Atas arahan Gus Yaqut, saya hari ini menyerahkan bantuan senilai Rp2,35 miliar," ujar Thobib lewat keterangan tertulis, Ahad, 27 Februari 2022.

Ia merinci bantuan sebanyak Rp1,95 miliar untuk rehabilitasi masjid dan musala, serta Rp400 juta untuk membantu kelengkapan posko tanggap darurat yang disiapkan Kemenag Kabupaten Pasaman Barat. Secara simbolis bantuan itu diserahkan Thobib kepada Kepala Kantor Kemenag Pasaman Barat Muhamad Nur.

Menurut Thobib, dari data awal yang diterima ada sejumlah masjid dan musala yang terdampak gempa, antara lain Masjid Raya Kajai, Masjid As-Salam, Masjid Syuhada, Masjid Taqwa, dan Masjid Istiqomah. "Rehab masjid dan musala ini penting segera dilakukan agar bisa segera digunakan, apalagi sebentar lagi umat Islam akan menyambut Ramadan. Ini menjadi perhatian Menag Yaqut," ujar Thobib.

Selain untuk renovasi masjid dan musala, bantuan juga diberikan untuk posko tanggap darurat. Dana bantuan senilai Rp400 juta diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk membantu kebutuhan masyarakat yang terdampak.
"Dana ini antara lain akan digunakan untuk melengkapi peralatan dapur umum di posko, mendirikan tenda, mengadakan selimut, makanan siap saji, air mineral, pakaian anak, termasuk juga untuk kebutuhan genset listrik, masker, dan hand sanitizer," ujar Thobib.

Data hingga Sabtu, 26 Februari pukul 20.56 WIB, total korban meninggal akibat gempa Pasaman berjumlah 10 orang. Selain itu, hasil kaji cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat bersama BPBD masing-masing kabupaten terdampak dan instansi gabungan telah mencatat ada sebanyak 42 orang luka berat, 346 luka ringan, 4 orang masih dinyatakan hilang dan 13.000 jiwa mengungsi.

Sumber


Dah ane bilang kemarin, Janganlah bersifat sombong dan merasa lebih baik dibanding orang lain. Sikap sombong ini emang penyakit mematikan yang membuat orang gagal memahami kelemahan diri.. 

Semoga masyarakat Minang semakin rendah hati sebagaimana Minang 70 tahun yang lalu emoticon-I Love Indonesia
nomorelies
scorpiolama
Negrod
Negrod dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.1K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan