Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bajer.dinar212Avatar border
TS
bajer.dinar212
Persatuan Eropa Sangat Dibutuhkan

Persatuan Eropa Sangat Dibutuhkan

"Menghadapi ancaman Rusia, dibutuhkan kerja sama di seluruh benua. Eropa dan Mitra Transatlantiknya harus memperlakukan peristiwa yang kini terjadi di perbatasan timur Uni Eropa sebagai peringatan terakhir."

Persatuan Eropa Sangat Dibutuhkan

Kita sekarang sudah memasuki tahun ketiga pandemi yang sangat menyulitkan, berhadapan dengan krisis ekonomi yang semakin berkembang, dan sekarang ditambah dengan adanya ancaman yang datang dari negara tetangga kita di timur. Vladimir Putin secara tegas menunjukkan eksploitasinya terhadap kelemahan-kelemahan Eropa dan krisis yang sedang terjadi.

Saat ini, Eropa berada di ambang perang. Konflik militer bukan lagi skenario yang tidak mungkin, melainkan sebuah pilihan. Bagi banyak generasi muda Polandia dan Eropa, sekarang ini merupakan saat paling nyata bagi mereka untuk melihat skenario tersebut terjadi.

Selama bertahun-tahun, bangsa Barat mempercayai bahwa abad ke-21 akan bebas dari konfrontasi bersenjata. Namun, beberapa tahun terakhir telah membuktikan bahwa tindakan agresif Rusia, di Georgia dan Ukraina, adalah sebuah tanda bahwa lembaran baru sedang dibuka dalam sejarah bangsa Barat.

Rusia saat ini sedang mencoba untuk melanggar perbatasan Ukraina kembali, yang membuat kita mempertanyakan apakah suatu perbatasan negara berdaulat hanya dapat berarti satu hal yaitu, sebuah penyerangan terhadap stabilitas dan keamanan Eropa. Dalam dunia yang kita ketahui, dunia nilai-nilai Eropa, kebebasan, demokrasi, dan kesejahteraan telah menjadi target kepemimpinan politik dan militer Rusia. Bukan hanya masa depan Ukraina yang dipertaruhkan, tetapi juga keamanan dan kesejahteraan ekonomi Eropa. Hal ini merupakan krisis politik terbesar sejak berakhirnya Perang Dingin, dan merupakan sebuah tantangan langsung terhadap prinsip-prinsip yang diadopsi oleh Komunitas Euro-Atlantik pada tahun-tahun setelah 1989.

Persatuan Eropa Sangat Dibutuhkan
Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina, pasukan cadangan Angkatan Bersenjata Ukraina, ambil bagian dalam latihan militer di luar Kiev, Ukraina, Sabtu (19/2/2022).


Melihat kata hati kita

Kita harus menghadapi kenyataan. Rusia telah menimbulkan ancaman terhadap perdamaian yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan sebagian besar pemerintah Eropa telah menanggapi secara pasif. Banyak pemimpin tidak memiliki keberanian atau tekad untuk memutuskan hubungan bisnis dengan Kremlin. Jeratnya lebih mengencang di Eropa, bukan Moskow. Keinginan untuk terlibat dalam bisnis dengan rezim yang tidak memiliki keraguan untuk berperang melawan negara-negara kecil, terlibat dalam assassination politics, dan mempekerjakan pasukan khusus dalam subversi di dalam wilayah negara-negara anggota Uni Eropa tidak dapat dianggap sebagai pandangan yang dangkal. Ini adalah tindakan sinisme politik yang disengaja.

Hal ini mengakibatkan kerugian yang terus meningkat bagi Eropa, kita kalah dalam persaingan tidak hanya dalam hal ekonomi (contoh, melalui harga gas yang tinggi berkat kebijakan pemerasan Moskow), tetapi juga secara politik. Tahun lalu, Gazprom meningkatkan ekspor gasnya ke China dan Turki. Pada saat yang sama, ekspor tersebut secara signifikan mengurangi pengiriman ke Eropa. Penjualannya kepada pelanggan di Eropa turun 10 miliar m3 pada tahun sebelumnya dan sebanyak 27 miliar m3 lebih rendah dari tahun 2019.

Peningkatan dari krisis energi ini merupakan upaya yang disengaja untuk memberikan tekanan yang bertujuan memaksa melalui peluncuran Nord Aliran 2. Orang-orang yang harus membayar untuk kebijakan yang salah ini bukanlah orang-orang yang menandatangani kontrak, melainkan orang Eropa biasa.

Terlepas dari semua itu, kebijakan Rusia sangat rasional. Kita sekarang sudah memasuki tahun ketiga dari pandemi yang sangat menyulitkan, berhadapan dengan krisis ekonomi yang semakin berkembang, dan sekarang ditambah dengan adanya ancaman yang datang dari negara tetangga kita di timur. Vladimir Putin secara tegas menunjukkan eksploitasinya terhadap kelemahan-kelemahan Eropa dan krisis yang sedang terjadi. Namun sangat di sayangkan, banyak anggota elite Eropa menutup mata mereka terhadap ambisi Rusia untuk melahirkan kembali kekaisaran Rusia yang luar biasa.

Daftar pemimpin politik yang telah memilih rubel Rusia dan bertaruh besar dalam bisnis dengan Kremlin sangat mengejutkan dan mengecewakan. Kita semua mengetahui kasus Gerhard Schroder yang menukar karir politiknya dengan sejumlah uang di perusahaan energi Rusia. Tetapi ini semua dapat di ibaratkan sebagai puncak dari sebuah gunung es. Di antara banyak kolaborator Eropa seperti Gazprom, Lukoil, Rosneft, dan perusahaan yang membangun Nord Stream 2 adalah para mantan kanselir, perdana menteri, diplomat senior, penasihat presiden, dan menteri.


"Daftar pemimpin politik yang telah memilih rubel Rusia dan bertaruh besar dalam bisnis dengan Kremlin sangat mengejutkan dan mengecewakan."


Mereka yang mencoba menyesuaikan langkahnya berbicara mengenai pasar bebas dan hak individu-individu ini untuk menerima pekerjaan seperti itu setelah bertahun-tahun melayani publik. Tetapi orang-orang ini tidak mendapatkan posisinya begitu saja. Pengetahuan dan keterampilan mereka telah menjadi alat di bawah kendali Kremlin.

Sebagai pemimpin negara, mereka membantu menempa kebijakan Eropa mengenai energi, ekonomi, dan keamanan. Mereka memiliki akses ke data rahasia, dan materi yang dirancang oleh pasukan khusus. Mereka membuat keputusan strategis yang menentukan masa depan komunitas EU dan NATO. Mereka dapat kita sebut sebagai Kuda Troya yang digunakan oleh Rusia di seluruh Eropa.

Persatuan Eropa Sangat Dibutuhkan


Dimensi geopolitik NS2

Tujuan dari Moskow menimbulkan suatu keraguan. Pada Juli tahun lalu, Vladimir Putin menerbitkan sebuah artikel mengenai hubungan historis antara Rusia dan Ukraina. Tesis utamanya adalah keyakinan bahwa tidak ada yang namanya negara Ukraina yang terpisah, dan bahwa orang-orang Ukraina adalah bagian dari apa yang dia sebut sebagai "bangsa Ruthenia", di mana Rusia memainkan peran dominan. Menurut Putin, Ukraina adalah bagian tak terpisahkan dari dunia Rusia.

Sejalan dengan pandangan tersebut, upaya Ukraina untuk menegaskan kemerdekaan dan identitasnya yang terpisah bukan hanya sebuah kesalahan. Terlebih lagi, mereka adalah sebuah provokasi. Dalam visi Vladimir Putin, tidak ada Ukraina yang bebas dan merdeka. Ini menunjukkan bahwa Rusia di bawah Putin tidak menghormati perdamaian dan hukum internasional. Tujuan Putin tampak jelas, yaitu membuat bangsa Barat menarik dukungannya terhadap Ukraina dan membiarkan Rusia memiliki kendali bebas.

Pipa gas NS2 adalah bukti nyata bahwa skenario Putin memiliki pendukungnya di seluruh Eropa. Proyek ini, yang merupakan bom waktu bagi masa depan energi di Eropa, dibayangi kebijakan Jerman. Berkat pipa ini, Gazprom akan mengontrol aliran gas di seluruh Eropa, membuat pengirimannya bergantung pada keputusan politik. Kebijakan tersebut seharusnya tidak dapat diterima, tidak hanya dari perspektif geopolitik, tetapi juga dari segi ekonomi. Kita sudah dapat melihat bahwa Rusia secara drastis memotong transit sumber daya ini melalui jaringan pipa gas yang ada. Hanya sebagian kecil dari throughput yang tersedia melalui Ukraina yang saat ini sedang digunakan, dengan Gazprom tidak membuat pemesanan transit gas dari pipa Yamal. Monopoli energi Rusia dengan demikian memberinya monopoli atas keputusan apa pun mengenai kedaulatan Ukraina.


Eropa harus bersatu

Menghadapi ancaman yang ada di depan mata ini, dibutuhkan solidaritas dan kerja sama di seluruh benua. Eropa dan Mitra Transatlantiknya harus memperlakukan peristiwa yang saat ini terjadi di perbatasan timur Uni Eropa sebagai sebuah peringatan terakhir. Metode tawar-menawar paling efektif yang dapat ditawarkan Eropa dan AS dalam negosiasi adalah adanya potensi sanksi ekonomi dan niat yang jelas untuk memblokir NS2. Ini seharusnya tidak hanya menjadi sikap Polandia dan negara-negara Eropa Tengah lainnya. Di masa kritis ini, kita membutuhkan seorang pemimpin yang dapat menghilangkan ancaman ini dan memulihkan Eropa di jalur keamanan dan pembangunannya.

Persatuan Eropa Sangat Dibutuhkan
Mateusz Morawiecki,Perdana Menteri Republik Polandia


Sumber : https://www.kompas.id/baca/artikel-o...aign=kompascom
provocator3301
provocator3301 memberi reputasi
1
740
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan