- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Skuter-skuter Jadul nan Eksotis


TS
Ekozord
Skuter-skuter Jadul nan Eksotis
Halo agan-agan ketemu lagi di thread ane terbaru. Berawal suka browsing skuter-skuter antik, jadi kepingin bikin thread deh. Selama ini ane tahunya cuma vespa doang dan skuter-skuter dari jepang dan china, tapi ternyata diluar sana ada banyak dan unik-unik modelnya. Skuter yang akan ditampilkan adalah skuter keluaran 1940-an sampe 1960-an. Yuk, langsung baca aja ulasan skuter-skuter tersebut di bawah ya
Oke cukup sekian pembahasan tentang skuter jadul nan eksotik, kalo ada yang mau nampilin skuter-skuter jadul lain silakan komen. Terimakasih
Quote:
1. Vespa Special 90

Sebagian orang Indonesia pasti tau dong sama vespa, termasuk ane juga. Waktu kecil bapak ane juga punya vespa jadul yang entah model apa tapi lampunya sama bulet kaya gini. Desain yang unik dan populasinya yang langka menjadikan Vespa Special 90 ini jadi incaran para kolektor. Skuter Italia keluaran 1960-an ini berharga di kisaran dari 20 juta sampe 50 juta.
Vespa yang disebut Vespa Darling memiliki mesin tipe 2 stroke silinder tunggal, rotary valve induction, dan berkapasitas 88,5cc, dengan spesifikasi tersebut vespa ini diklaim bisa melesat hingga 70km/jam. Dibanding dengan Vespa model lain, skuter ini punya bodi yang ramping dan jok yang kecil.

Sebagian orang Indonesia pasti tau dong sama vespa, termasuk ane juga. Waktu kecil bapak ane juga punya vespa jadul yang entah model apa tapi lampunya sama bulet kaya gini. Desain yang unik dan populasinya yang langka menjadikan Vespa Special 90 ini jadi incaran para kolektor. Skuter Italia keluaran 1960-an ini berharga di kisaran dari 20 juta sampe 50 juta.
Vespa yang disebut Vespa Darling memiliki mesin tipe 2 stroke silinder tunggal, rotary valve induction, dan berkapasitas 88,5cc, dengan spesifikasi tersebut vespa ini diklaim bisa melesat hingga 70km/jam. Dibanding dengan Vespa model lain, skuter ini punya bodi yang ramping dan jok yang kecil.
Quote:
2. Lambretta Li 150

Skuter berikutnya Lambretta Li 150 asal Italia yang juga jadi pesaing Vespa. Lambretta juga ada di Indonesia Cuma model yang ane liat mirip-mirip Vespa. Beda banget sama yang model Li 150, bisa agan-agan liat lampu depan di bodi spakbor gede sampe nyentuh bodi, dan jok depan dan belakang sama bentuknya membuat skuter ini cukup unik menurut ane.
Lambretta Li 150 mempunyai kapasitas mesin 148 cc 2 stroke, bertranmisi 4 gigi yang dapat diatur di stang kiri, dan Li 150 bisa mencapai kecepatan maksismum 88.k km/jam. Ban Li berukuran 10 inchi sehingga membuat pengereman lebih baik dan juga memperbaiki handling Lamberta versi sebelumnya.

Skuter berikutnya Lambretta Li 150 asal Italia yang juga jadi pesaing Vespa. Lambretta juga ada di Indonesia Cuma model yang ane liat mirip-mirip Vespa. Beda banget sama yang model Li 150, bisa agan-agan liat lampu depan di bodi spakbor gede sampe nyentuh bodi, dan jok depan dan belakang sama bentuknya membuat skuter ini cukup unik menurut ane.
Lambretta Li 150 mempunyai kapasitas mesin 148 cc 2 stroke, bertranmisi 4 gigi yang dapat diatur di stang kiri, dan Li 150 bisa mencapai kecepatan maksismum 88.k km/jam. Ban Li berukuran 10 inchi sehingga membuat pengereman lebih baik dan juga memperbaiki handling Lamberta versi sebelumnya.
Quote:
3. Heinkel Tourist

Di antara skuter yang ada di thread ini, Heinkel Tourist yang ane paling suka. Ya karena modelnya kece sih menurut ane pribadi, spakbornya kaya bemo nyatu gitu sama bodinya, bodi belakangnya juga ramping gak dipasang bagasi kaya Vespa, kalo dipake kayanya lebih stabil bawanya. Btw Heinkel merupakan brand skuter dari jerman dan diproduksi oleh Heinkel Flugzeugwerke yang merupakan perusahaan pesawat terbang di Jerman dulu. Skuter ini bermesin 4 stroke dengan kapasitas 149-174 cc. Heinkel Tourist juga dilengkapi steering lock, ban serep, dan bagasi belakang
Heinkel Tourist memiliki banyak varian seperti 101 A0, 102 A1, 103 A0,103 A1,dan 103 A2. Skuter Jerman ini diproduksi dari tahun 1953-1965 dan lebih dari 100.00 unit terjual bahkan diekspor ke Amerika Serikat dan Inggris, Sayangnya produksi skuter ini terhenti sampe 1965 karena perusahaannya menjadi bagian Vereinigte Flugtechnische Werke (VFW).

Di antara skuter yang ada di thread ini, Heinkel Tourist yang ane paling suka. Ya karena modelnya kece sih menurut ane pribadi, spakbornya kaya bemo nyatu gitu sama bodinya, bodi belakangnya juga ramping gak dipasang bagasi kaya Vespa, kalo dipake kayanya lebih stabil bawanya. Btw Heinkel merupakan brand skuter dari jerman dan diproduksi oleh Heinkel Flugzeugwerke yang merupakan perusahaan pesawat terbang di Jerman dulu. Skuter ini bermesin 4 stroke dengan kapasitas 149-174 cc. Heinkel Tourist juga dilengkapi steering lock, ban serep, dan bagasi belakang
Heinkel Tourist memiliki banyak varian seperti 101 A0, 102 A1, 103 A0,103 A1,dan 103 A2. Skuter Jerman ini diproduksi dari tahun 1953-1965 dan lebih dari 100.00 unit terjual bahkan diekspor ke Amerika Serikat dan Inggris, Sayangnya produksi skuter ini terhenti sampe 1965 karena perusahaannya menjadi bagian Vereinigte Flugtechnische Werke (VFW).
Quote:
4. Glas Goggo

Goggo yang terkenal dengan produk mobil-mobil kecil dan mungil di tahun 1950-an sampe 1960-an ternyata ngebuat skuter juga, buat nyaingin Heinkel kali, hehehe. Sama berasal dari Jerman Glass Goggo juga puynya kemiripan dengan Heinkel Tourist, seperti spakbor yang menyati dengan bodi, lampu di bawah stang dan ban serep di belakang. Perbedaan yang paling mencolok bisa dilhat dari desain spakbor yang lebih melengkung, bodi lebih pendek dan ramping serta tidak ada bagasi belakang.
Glas Goggo punya kapasistas mesin dari 125cc ,150cc, sampe 200cc dengan kecepetan penuh hingga 90 km/jam dan berkekuatan 9.5 HP. Versi 200 cc mempunyai tranmisi 4 gigi sedang cc di bawahnya hanya 3 gigi. Dari tahun 1951 hingga 1956 Glas Goggo terjual hingga 46600 unit. Seperti halnya Heinkel pada tahun 1966 perusahaan Goggomobil bergabung ke BMW dan produksi terkhenti.

Goggo yang terkenal dengan produk mobil-mobil kecil dan mungil di tahun 1950-an sampe 1960-an ternyata ngebuat skuter juga, buat nyaingin Heinkel kali, hehehe. Sama berasal dari Jerman Glass Goggo juga puynya kemiripan dengan Heinkel Tourist, seperti spakbor yang menyati dengan bodi, lampu di bawah stang dan ban serep di belakang. Perbedaan yang paling mencolok bisa dilhat dari desain spakbor yang lebih melengkung, bodi lebih pendek dan ramping serta tidak ada bagasi belakang.
Glas Goggo punya kapasistas mesin dari 125cc ,150cc, sampe 200cc dengan kecepetan penuh hingga 90 km/jam dan berkekuatan 9.5 HP. Versi 200 cc mempunyai tranmisi 4 gigi sedang cc di bawahnya hanya 3 gigi. Dari tahun 1951 hingga 1956 Glas Goggo terjual hingga 46600 unit. Seperti halnya Heinkel pada tahun 1966 perusahaan Goggomobil bergabung ke BMW dan produksi terkhenti.
Quote:
5. Vyatka V-150m

Tak mau ketinggalan Uni Soviet pun punya skuter yang cukup dikenal disana yaitu Vyatka V-150m. Vyatka V-150 diperkenalkan tahun 1966 sebagai penerus VP150 karena model sebelumnya mirip dengan Vespa Italia sehingga dikhawatirkan jika diekspor bakal kena tuntut. Memiliki desain bodi yang membuat mesinnya disimpan di tengah sehingga memiliki stabilitas lebih baik saat berkendara.
Vyatka 150m berbeda dari Vyatka generasi pertama dalam bodi baru, jarak sumbu roda yang diperpanjang, dan garpu depan tipe push link panjang. Mesin tetap dengan desain yang sama, tetapi ditingkatkan dari 5,5 menjadi 6 liter. Saat dipacu skuter ini bisa melaju hingga kecepatan 70km/jam. Karena skuter di Uni Soviet tidak begitu diminati masyarakat yang lebih memilih sepeda motor dan mobil, membuat skuter kalah saing dan produksinya dihentikan.

Tak mau ketinggalan Uni Soviet pun punya skuter yang cukup dikenal disana yaitu Vyatka V-150m. Vyatka V-150 diperkenalkan tahun 1966 sebagai penerus VP150 karena model sebelumnya mirip dengan Vespa Italia sehingga dikhawatirkan jika diekspor bakal kena tuntut. Memiliki desain bodi yang membuat mesinnya disimpan di tengah sehingga memiliki stabilitas lebih baik saat berkendara.
Vyatka 150m berbeda dari Vyatka generasi pertama dalam bodi baru, jarak sumbu roda yang diperpanjang, dan garpu depan tipe push link panjang. Mesin tetap dengan desain yang sama, tetapi ditingkatkan dari 5,5 menjadi 6 liter. Saat dipacu skuter ini bisa melaju hingga kecepatan 70km/jam. Karena skuter di Uni Soviet tidak begitu diminati masyarakat yang lebih memilih sepeda motor dan mobil, membuat skuter kalah saing dan produksinya dihentikan.
Quote:
6. Cushman Road King

Kebanyakan kita mengenal Amerika Serikat (USA) cuma memproduksi moge seperti Harley Davidson dkk. Namun USA juga memproduksi skuter kok yang cukup kece, namanya Cushman Road king. Dari penampilannya keliatan begitu minimalis, jok cuma satu dan stangnya juga tidak dilapisi bodi lagi langsung rangka aja begitu. Selain itu skuter ini punya 3 pedal di kiri kanan depan sama di kanan belakang yang kehubung lanfsung ke mesin di bawah jok, entah ini engkol atau gas.
Skuter keluaran tahun 1948 dan berbobot 118 kg ini memiliki kapasitas 221cc satu silinder dengan tranmisi 2 gigi dan berkecepatan hingga 72 km/jam. Cushman Roadking termasuk skuter yang popular di tahun 40-an pasca perang dunia 2 karena banyak digunakan untuk transportasi masyarakat.

Kebanyakan kita mengenal Amerika Serikat (USA) cuma memproduksi moge seperti Harley Davidson dkk. Namun USA juga memproduksi skuter kok yang cukup kece, namanya Cushman Road king. Dari penampilannya keliatan begitu minimalis, jok cuma satu dan stangnya juga tidak dilapisi bodi lagi langsung rangka aja begitu. Selain itu skuter ini punya 3 pedal di kiri kanan depan sama di kanan belakang yang kehubung lanfsung ke mesin di bawah jok, entah ini engkol atau gas.
Skuter keluaran tahun 1948 dan berbobot 118 kg ini memiliki kapasitas 221cc satu silinder dengan tranmisi 2 gigi dan berkecepatan hingga 72 km/jam. Cushman Roadking termasuk skuter yang popular di tahun 40-an pasca perang dunia 2 karena banyak digunakan untuk transportasi masyarakat.
Quote:
7. Salsbury Model 85

Pada tahun 1940-an selain Cushman di Amerika juga ada pesaing lain yaitu skuter Salsbury. Berbeda dengan Cushman, menurut ane desain Salsbury model 85 ini begitu elegan dan terlihat futuristic untuk masa itu sehingga dijuluki “Imperial Rocket Scooter”, tidak seperti Cushman Roadking yang bodi depannya tidak ada lapisan, rangka depan Salsbury dilapisi bodi dan dijadikan spakbor sekaligus. Jok belakang pakai sandaran dan tutup bensin di luar jadi tidak perlu buka-buka jok seperti skuter-skuter jaman sekarang. Sama-sama punya 3 pedal, 2 pedal di depan berada di kanan yang berfungsi sebagai gas dan rem
Salsbury memakai transmisi automatic CVT dengan kecepatan maksimum 50km/jam dengan kekuatan 6 hp. Penjualan Salsbury hanya mencapai 1000 unit termasuk ekspor ke Jerman dari tahun 1947-1950 karena kalah saing dengan mobil yang lebih digandrungi masyarakat Amerika. Sungguh amat disayangkan skuter canggih pada masa itu malah kalah.

Pada tahun 1940-an selain Cushman di Amerika juga ada pesaing lain yaitu skuter Salsbury. Berbeda dengan Cushman, menurut ane desain Salsbury model 85 ini begitu elegan dan terlihat futuristic untuk masa itu sehingga dijuluki “Imperial Rocket Scooter”, tidak seperti Cushman Roadking yang bodi depannya tidak ada lapisan, rangka depan Salsbury dilapisi bodi dan dijadikan spakbor sekaligus. Jok belakang pakai sandaran dan tutup bensin di luar jadi tidak perlu buka-buka jok seperti skuter-skuter jaman sekarang. Sama-sama punya 3 pedal, 2 pedal di depan berada di kanan yang berfungsi sebagai gas dan rem
Salsbury memakai transmisi automatic CVT dengan kecepatan maksimum 50km/jam dengan kekuatan 6 hp. Penjualan Salsbury hanya mencapai 1000 unit termasuk ekspor ke Jerman dari tahun 1947-1950 karena kalah saing dengan mobil yang lebih digandrungi masyarakat Amerika. Sungguh amat disayangkan skuter canggih pada masa itu malah kalah.
Quote:
8. Fuji Rabbit

Nah, kali ini kita bahas skuter jepang, pada saat ini mungkin kita hanya tahu brand-brand motor jepang mainstream yang memproduksi skuter seperti, Honda, Yamaha, Suzuki, dll. Sebelum Vespa popular di Jepang sudah ada perusahaan yang lebih dulu memproduksi skuter yaitu Fuji Sangyo Co. Pada saat perang dunia 2 perusahaan Fuji memproduksi pesawat tempur namun ketika perang usai dan Jepang kalah perusahaan ini jadi memproduksi skuter yang diberi nama Fuji Rabbit S-1 pada tahun 1946.
‘Si Kelinci’ mulai masuk ke benua Amerika pada tahun 1957 dengan seri S-601 yang mengusung mesin 200 cc dan sekitar 74.694 unit terjual pada saat itu. Karier Fuji Rabbit terhenti pada tahun 1968, dikarenakan banyak anak perusahaan dari Fuji Sangyo Co yang berpaling. Salah satunya Malcolm Bricklin, selaku distributor yang berlokasi di Kanada dan merintis perusahaan roda empat yang hingga saat ini dikenal dengan nama Subaru. Saat ini tentu Sang Kelinci sudah menjadi salah satu buruan para kolektor motor antik.

Nah, kali ini kita bahas skuter jepang, pada saat ini mungkin kita hanya tahu brand-brand motor jepang mainstream yang memproduksi skuter seperti, Honda, Yamaha, Suzuki, dll. Sebelum Vespa popular di Jepang sudah ada perusahaan yang lebih dulu memproduksi skuter yaitu Fuji Sangyo Co. Pada saat perang dunia 2 perusahaan Fuji memproduksi pesawat tempur namun ketika perang usai dan Jepang kalah perusahaan ini jadi memproduksi skuter yang diberi nama Fuji Rabbit S-1 pada tahun 1946.
‘Si Kelinci’ mulai masuk ke benua Amerika pada tahun 1957 dengan seri S-601 yang mengusung mesin 200 cc dan sekitar 74.694 unit terjual pada saat itu. Karier Fuji Rabbit terhenti pada tahun 1968, dikarenakan banyak anak perusahaan dari Fuji Sangyo Co yang berpaling. Salah satunya Malcolm Bricklin, selaku distributor yang berlokasi di Kanada dan merintis perusahaan roda empat yang hingga saat ini dikenal dengan nama Subaru. Saat ini tentu Sang Kelinci sudah menjadi salah satu buruan para kolektor motor antik.
Quote:
9. Mitsubishi Silver Pigeon

Fuji Rabbit yang begitu popular tentu punya pesaing di industry skuter, ya dia adalah Mitsubishi Silver Pigeon. Memiliki latar belakang yang sama sebagai perusahaan yang memproduksi pesawat tempur saat perang dunia 2 dan akhirnya memproduksi skuter pada tahun 1946. Diberi nama Pigeon karena merpati merupakan symbol perdamaian. Diliat dari modelnya cukup simple dan mirip Vespa dengan memiliki satu jok dan bagasi di belakangnya, btw skuter yang di gambar adalah Silver Pigeon C-76 keluaran 1962.
Selama 18 tahun diproduksi (1946-1964) Mitsubishi Silver Pigeon sudah terjual sebanyak 463.000 unit dan lebih dari 35000 unit terjual di USA. Mitsubishi Silver Pigeon C-76 berkapasitas 192cc 4 stroke dengan transmisi CVT (Continuously-variable transmission), kecepatan maksimum 70 km/jam.

Fuji Rabbit yang begitu popular tentu punya pesaing di industry skuter, ya dia adalah Mitsubishi Silver Pigeon. Memiliki latar belakang yang sama sebagai perusahaan yang memproduksi pesawat tempur saat perang dunia 2 dan akhirnya memproduksi skuter pada tahun 1946. Diberi nama Pigeon karena merpati merupakan symbol perdamaian. Diliat dari modelnya cukup simple dan mirip Vespa dengan memiliki satu jok dan bagasi di belakangnya, btw skuter yang di gambar adalah Silver Pigeon C-76 keluaran 1962.
Selama 18 tahun diproduksi (1946-1964) Mitsubishi Silver Pigeon sudah terjual sebanyak 463.000 unit dan lebih dari 35000 unit terjual di USA. Mitsubishi Silver Pigeon C-76 berkapasitas 192cc 4 stroke dengan transmisi CVT (Continuously-variable transmission), kecepatan maksimum 70 km/jam.
Quote:
10. Cezeta 502

Skuter yang berasal dari Rep.Ceko ini punya spakbor yang mancung dan mengingatkan ane sama skuter Vyatka. Bentuk spakbornya yang unik dikenal sebagai moncong ‘babi’ gan, jadi serasa naik babi besi gan, hehehe. Pada masa perang dingin Cezeta 502 menjadi skuter yang digandrungi, tapi skuter ini akhirnya kalah saing ketika perusahaan otomotif asal Perancis masuk ke Ceko. Cezeta 502 berkapasitas 172 cc bermesin 2 stroke dan kecepatan maksimum 90 km/jam.
Sejak 2018 skuter Cezeta dibangkitkan Kembali tapi dengan tenaga listrik dan tetap mempertahankan desainnya yang klasik dengan model Cezeta 506 .Skuter listrik ini di-supplay dengan beterai Lithium Iron Yttrium Phosphate (LiFeYPO4) dengan kekuatan 5-10 kWh. Cezeta 506 bisa mencapai kecepatan hingga 120 km/jam dengan batas top speed dan rentang perpindahan gigi bisa di atur secara manual di smartphone melalui apps Cezeta.

Skuter yang berasal dari Rep.Ceko ini punya spakbor yang mancung dan mengingatkan ane sama skuter Vyatka. Bentuk spakbornya yang unik dikenal sebagai moncong ‘babi’ gan, jadi serasa naik babi besi gan, hehehe. Pada masa perang dingin Cezeta 502 menjadi skuter yang digandrungi, tapi skuter ini akhirnya kalah saing ketika perusahaan otomotif asal Perancis masuk ke Ceko. Cezeta 502 berkapasitas 172 cc bermesin 2 stroke dan kecepatan maksimum 90 km/jam.
Sejak 2018 skuter Cezeta dibangkitkan Kembali tapi dengan tenaga listrik dan tetap mempertahankan desainnya yang klasik dengan model Cezeta 506 .Skuter listrik ini di-supplay dengan beterai Lithium Iron Yttrium Phosphate (LiFeYPO4) dengan kekuatan 5-10 kWh. Cezeta 506 bisa mencapai kecepatan hingga 120 km/jam dengan batas top speed dan rentang perpindahan gigi bisa di atur secara manual di smartphone melalui apps Cezeta.
Oke cukup sekian pembahasan tentang skuter jadul nan eksotik, kalo ada yang mau nampilin skuter-skuter jadul lain silakan komen. Terimakasih
Quote:
sumber :
- https://www.naikmotor.com/160763/vespa-darling-menjadi-buruan-kolektor
- https://en.wikipedia.org/wiki/Heinkel_Tourist
- https://ridermagazine.com/2015/08/10/retrospective-lambretta-150-li-series-i-ii-iii-1958-1967/
- https://www.classicvelocity.com/broadcast-central/2016/4/9/glas-goes-goggo
- https://koreada.ru/id/used/motoroller-vyatka-150-tehnicheskie-harakteristiki-motoroller-vyatka/
- https://www.mecum.com/lots/LV0120-391051/1949-cushman-road-king/
- https://poskota.co.id/2021/06/25/fuji-rabbit-kelinci-buatan-jepang-kini-diburu-kolektor-skuter-kelahiran-1946-sebelum-vespa-diproduksi-
- https://ehive.com/collections/6651/objects/714929/1962-mitsubishi-silver-pigeon-c-76
- https://oto.detik.com/oto-galeri/d-4130712/canggihnya-skuter-jadul-cezeta-dimodifikasi-menjadi-skuter-listrik
- https://www.lanemotormuseum.org/collection/motorcycles/item/salsbury-model-85-standard-1947
Quote:
Original Posted By Ekozord►Bonus
Rohr Rolette 200 (1954)
Asal : Jerman
Monark Monarscoot (1964)
Asal : Swedia
Dayton Albatross (1958)
Asal : Inggris
KTM Mirabell (1957)
Asal : Austria
Maico Mobil (1954)
Asal : Jerman
Piatti (1956)
Asal : Inggris
Terrot VMS (1952)
Asal : Perancis
Triump Tigress (1959)
Asal : Inggris
Zundap Bella (1954)
Asal : Jerman
Sun Wasp (1960)
Asal : Inggris
FAKA Commodore (1953)
Asal : Jerman
Rohr Rolette 200 (1954)
Asal : Jerman
Spoiler for :

Monark Monarscoot (1964)
Asal : Swedia
Spoiler for :

Dayton Albatross (1958)
Asal : Inggris
Spoiler for :

KTM Mirabell (1957)
Asal : Austria
Spoiler for :

Maico Mobil (1954)
Asal : Jerman
Spoiler for :

Piatti (1956)
Asal : Inggris
Spoiler for :

Terrot VMS (1952)
Asal : Perancis
Spoiler for :

Triump Tigress (1959)
Asal : Inggris
Spoiler for :

Zundap Bella (1954)
Asal : Jerman
Spoiler for :

Sun Wasp (1960)
Asal : Inggris
Spoiler for :

FAKA Commodore (1953)
Asal : Jerman
Spoiler for :

Polling
0 suara
Skuter mana yang agan suka ?
Diubah oleh Ekozord 23-02-2022 20:10






razka17 dan 23 lainnya memberi reputasi
22
6K
Kutip
46
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan