Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kardus2020Avatar border
TS
kardus2020
Abu Janda Disemprot Ade Armando: Jangan Menyudutkan Arab, Itu Rasis


SuaraSumbar.id - Ade Armando menyentil sahabatnya, Permadi Arya alias Abu Janda yang mengkritik Ustaz Khalid Basalamah terkait pernyataannya yang mengharamkan wayang.

Ade memarahi Abu Janda lantaran dia menitik beratkan persoalan itu terhadap suku Arab. Menurut Ade, Abu Janda offise karena seakan menyalahkan Arab dalam persoalan Khalid Basalamah.

Dalam kritiknya, Abu Janda menilai Ustaz Khalid Basalamah miskin sejarah. Sebab, menurutnya, wayang adalah media penyebaran Islam di masa lalu. Lantas, Abu Janda sampai menyebutkan 'kalian itu pendatang Arab' kemudian 'ustaz berwajah imigran' serta 'lama-lama kalian akan dimusnahkan'.

"Argumennya jadi terdengar rasis, karena yang disalahkan adalah ras Arab. Ini kan bukan persoalan Arab," jelas Ade Armando, dikutip dari Hops.id - jaringan Suara.com, Kamis (17/2/2022).
 
Ade Armando merasa heran dengan sikap Abu Janda yang menyalahkan ras Arab. Menurut dosen UI itu, cara beragama yang serba melarang dan mengharamkan bukan lantas yang disalahkan adalah ras Arabnya.

"Orang seperti Khalid Basalamah bisa sepicik itu bukan karena di Arab. Tapi kalau mau dilacak itu jejaknya sejak 1980-an," ujar Ade.

Ade menegaskan, kritik Khalid bukan ras Arabnya. Karena ras Arab tidak salah. "Karena itu saya menyarakan semua jangan terus menyudutkan Arab, sikap itu bukan saja rasis tapi menunjukkan kegagalan kita memahami sumber masalah kesempitan berpikir dalam umat Islam. Kita jangan mau mudah dipecah-belah," kata Ade.

Sumber

Meskipun sudah terjadi dalam waktu yang lama sejak 2016, ane masih berharap masyarakat Indonesia segera menyelesaikan sentimen primordialisme secepat mungkin dan mulai bersatu menuju dan membangun Indonesia for Greatness...



emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Youtube Cokro TV




nesvaro
apawaal
bukan.bomat
bukan.bomat dan 5 lainnya memberi reputasi
4
2.4K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan