kardus2020Avatar border
TS
kardus2020
Menparekraf Sebut Indonesia Miliki Potensi Besar Kembangkan Wisata Halal


AKURAT.CO  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut istilah wisata halal masih sering disalahartikan oleh sebagian orang. Menurutnya masih banyak yang mengartikan bahwa wisata halal adalah mensyar'ikan sebuah tempat wisata.

"Jadi sebetulnya wisata halal itu adalah extendtion of service(layanan tambahan). Apa saja tambahannya? Amenitas, daya tarik wisata, dan aksesibilitas untuk memenuhi pengalaman, kebutuhan dan keinginan wisatawan Muslim,” ujarnya dalam Pengajian PP Muhammadiyah ‘Industri dan Wisata Halal’ yang disarankan melalui YouTube tvMu Channel, Jumat (11/02/2022).

"Misalnya, saya ke destinasi wisata, yang must havedan nice to have itu adalah tempat ibadah dan makanan dan minuman halal," imbuhnya.


Sandi mengungkapkan, saat ini hampir semua destinasi wisata di Indonesia mempunyai fasilitas halal tersebut. Termasuk lima destinasi wisata super prioritas, seperti Danau Toba, Kupang, Labuan Bajo, Mandalika dan Borobudur.

"Mereka memiliki tempat untuk kita mendirikan salat, ibadah dan ada layanan makanan yang halal," ucapnya.


Sandi kemudian menjelaskan good to havedalam wisata halal. Misalnya toilet yang dapat digunakan dengan baik oleh Muslim dan Muslimat.

"Tidak semua destinasi punya, tapi mayoritas ada. Ini toilet yang paling penting. Karena tentunya setiap ke destinasi wisata harus meninggalkan kenangan yang baik," katanya.


Terakhir, kata Sandi, nice to haveseperti fasilitas rekreasi yang family friendly.

"Misalnya kolam renangnya hari senin adalah untuk Muslim, hari Selasa buat Muslimah dan itu tidak perlu kolam renangnya dipisah," tuturnya.

Meskipun begitu, Sandi menyebut Indonesia memiliki potensi wisata halal yang sangat besar. Sebab menurutnya, Indonesia menjadi negara belanja Muslim traveler terbesar ke lima di dunia setelah Saudi Arabia, UEA Qatar dan Kuwait.

"Kita punya peluang dari wisata halal ini. Sayangnya ini ditangkap dengan baik oleh Turki, Egypt, Uzbekistan yang menawarkan paket-paket yang menarik. Sementara itu kita asyik gelut saja di dalam negeri tentang wisata halal ini, padahal kita punya peluang yang luar biasa,” jelasnya.

"Hampir setiap daerah punya peluang untuk wisata religi, halal dan sebagainya," tandasnya.


[url=https://akuraS E N S O Rmenparekraf-sebut-indonesia-miliki-potensi-besar-kembangkan-wisata-halal]Sumber[/url]

Sebenarnya konsep Wisata halal secara tidak langsung sudah diupayakan oleh masyarakat dengan menyediakan Musholla, Toilet dan Masakan Halal. bahkan di Bali ane pernah ikut karaoke ada Musholla nya karena memang banyak pengunjungnya muslim. emoticon-Ngakak


Yang bodoh adalah kenapa Kementerian terobsesi mengurusi hal yang remeh ini padahal sudah diusahakan sendiri oleh masyarakat dan pebisnis? emoticon-Blue Guy Bata (L)

Program Wisata halal ini adalah program pesanan dari MUI dan Ormasi islam agar mereka dan kroni nya mendapatkan jatah anggaran kegiatan dari APBN.emoticon-Najis


Penyebutan Wisata Halal sendiri Justru akan Memecah bangsa karena mengeksklusifkan Muslim.
Diubah oleh kardus2020 15-02-2022 02:12
aldonistic
muhamad.hanif.2
migi11
migi11 dan 17 lainnya memberi reputasi
16
3.6K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan