masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Apakah Anak Berkewajiban Merawat Orang Tua Meski Tidak Meminta Untuk Dilahirkan?
Banyak anak menelantarkan orang tua apakah bukti bahwa anak tidak memiliki tanggung jawab merawat oranf tuanya di usia senja?


Orang tua, bagi seorang anak adalah dua orang yang paling berjasa di kehidupan karena tanpa adanya orang tua maka seorang anak tidak akan hadir di dunia ataupun merasakan betapa indahnya rasa kasih sayang, cinta, dan lika-liku hidup yang harus dilalui ketika telah menginjak usia dewasa.

Mungkin Agan dan Sista disini juga sangat setuju dengan kalimat "Orang tua adalah wakil Tuhan di dunia", karena dari tangan-tangan mereka kita semua dapat hidup dan dari perjuangan dan kerjas keras para orang tua juga Agan dan Sista dapat hidup dengan layak.

Membahas tentang orang tua, ane belum lama menonton sebuah Podcast yang membahas tentang sebuah konten video dari seorang konten kreator luar negeri yang memiliki statement Freedom Of Speech
Quote:


Bagaimana menurut Agan dan Sista, apakah benar seorang tidak memiliki tanggung jawab untuk mengurus orang tuanya saat mereka di usia senja?




Ane pribadi tentu saja tidak setuju ya GanSis dengan statement yang mengatakan bahwa seorang anak tidak memiliki tanggung jawab untuk merawat orang tuanya di usia senja meskipun memang seorang anak tidak pernah meminta untuk dilahirkan ke dunia.

Dipikir secara logika saja seorang anak telah menyita seluruh waktu, tenaga, dan materi dari orang tua dati bayi hingga dewasa namun orang tua tidak pernah menuntut atau meminta anak-anak mereka untuk membayar segala jasa yang telah mereka berikan. Dengan begitu apakah seorang anak tidak memiliki rasa kemanusiaan atau perasaan ingin membalas jasa meskipun itu tidak mungkin terbalas?

Jika seorang anak berpikir bahwa mereka tidak meminta dilahirkan sehingga mereka tidak memiliki tanggung jawab untuk mengurus orang tuanya di usia senja, maka tidak lebih anak tersebut sama dengan hewan yang dapat berbuat apapun tanpa menggunakan perasaan.


sumber gambar

Lalu apa sih yang dapat dijadikan sebagai acuan wajib kenapa seorang anak memiliki tanggung jawab untuk merawat orang tuanya di usia senja?


1. Kasih Sayang
Jika Agan dan Sista mengulas balik kisah masa lalu di usia bayi, anak-anak, remaja bahkan sampai dewasa, orang tua adalah orang yang tidak pernah lelah untuk memberikan kasih sayang.

Tentu sangat tidak adil bukan jika mereka sudah tidak dapat melakukan apapun di usia senja lantas sang anak juga tidak memberikan kasih sayang kepada mereka.

2. Perjuangan
Ibu mengandung, melahirkan, menyusui, merawat, semua peluh, tangis dilakukan demi anak-anaknya selalu sehat, bahagia, dan tumbuh dengan baik.

Begitupun dengan ayah, berjuang banting tulang untuk mencukupi apa yang dibutuhkan di dalam rumah tangga termasuk mencukupi kebutuhan dari sang anak.

Lalu di usia senja apakah tega seorang anak membiarkan orang tua mereka terlantar karena merasa tidak memiliki tanggung jawab?

Jika memang ada yanf tega kemungkinan memang hati nurani sudah tidak hidup lagi atau memang anak tersebut mendapatkan perlakuan menyakitkan dari orang tuanya atau tidak pernah dirawat oleh orang tuanya sehingga muncul rasa dendam.

3. Pengorbanan
Selain berjuang tentu orang tua juga rela berkorban demi anak-anaknya GanSis.

Entah itu berkorban harta, waktu, kesenangan, semua dilakukan oleh para orang tua karena mereka bertanggung jawab untuk membahagiakan dan memberikan kelayakan bagi anak-anak mereka.

Tentu jika mereka memiliki tanggung jawab untuk anak tentu anak juga memiliki tanggung jawab kepada orang tua. Meskipun oranf tua tidak berharap simbiosis mutualisme tapi oaling tidak anak jangan menjadi benalu yang membunuh orang tuanya sendiri GanSis.

sumber gambar

Bagaimana apakah Agan dan Sista memiliki pendapat lain perihal "Anak tidak memiliki tanggung jawab untuk merawat orang tuanya di usia senja".

Silakan berikan tanggapan dan juga alasan yang jelas dengan meninggalkan jejak komentar di bawah GanSis.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
insw
azhuramasda
opicke
opicke dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.9K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan