KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa Indonesia Harus Berhutang Terus?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61fbb88ecacec5637d63fe2d/kenapa-indonesia-harus-berhutang-terus

Kenapa Indonesia Harus Berhutang Terus?

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
Mau nanya dulu. Data laporan keuangan negara ini dipublish utk umum gk sih ? Kl ada, mustinya laporan keuangan itu yg bisa dipake utk melihat kemana saja pendapatan negara selama ini.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
semua negara punya hutang
sangat gamungkin untuk gapunya hutang, jadi gausah terlalu heboh.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Pas ngutang gak minta ijin dulu sama rakyat, giliran bayar rakyat dikejar kejar suruh taat bayar pajak buat bayar utang.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Mao negara utang segunung ke bodo amat....yg penting gw kaga adaa utang...hahahahhaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LeiteFrandale dan 2 lainnya memberi reputasi
Isi tulisan TS mirip2 pernyataan menkeu terbaique di dunia
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan c4punk1950... memberi reputasi
Simple : Karena lbh menguntungkan.

Ane gak begitu paham makro ekonomi, tapi dg perekonomian yg digerakkan oleh inflasi, mereka yg berutang akan memperoleh benefit lbh banyak dibanding yg tdk berutang.

Itu berlaku baik utk individu, korporasi atau negara.

profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Ga mau hutang

Ya jadi negara yg ngutangin

Duit nya?Perbanyak pemasukan

Dari berbagai sektor misal tambang,etc

Ga bisa juga??Ada yg salah sama

Management negara nya emoticon-Hammer2
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Kenapa Indonesia Harus Berhutang Terus?

Berhutang sampai kapan?

Ya sampai titik dimana Anggaran Belanja kita bisa surplus secara sehat dan konsisten tanpa mengurangi benefit dan kebutuhan untuk rakyat banyak.

Itu idealnya.

Realita-nya ? Ya ga bakal kesampean untuk banyak negara apalagi yang struktur dan fondasi ekonomi-nya masih berantakan

Akhirnya yang ada adalah bagaimana mengelola hutang dengan baik dalam suatu anggaran, dan ukuran pengelolaan hutang sudah ada aturan dan ketetapannya.

Selama masih relatif aman ya nikmati saja pertunjukannya.

Bagaimana dengan penghapusan subsidi, masyarakat pasti menolak?. Subsidi itu bagian dari keadilan ekonomi, asal arahnya tepat dan ada prioritasi. Dihilangkan boleh kok kan ada mekanisme lain untuk distribusi keadilan ekonomi, apa harus selalu pakai subsidi? emoticon-Big Grin

Lagipula masyarakat manja itu harus dibasmi, ibarat anak manja jangan kau turutkan selalu maunya. emoticon-Traveller

Salam.

Catatan untuk TS : Perlakuan anggaran bisnis dan negara ada perbedaan, karena negara bukanlah entitas bisnis yang "melulu mencari keuntungan". Jadi ada fungsi keadilan sosial dan ekonomi pada pengelolaan anggaran negara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
silentrunner dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Jazed
Pemerentah sama rakyatnya sama2 doyan ngutang.. mumpung berkuasa... kapan lagi.. urusan bayar utangkan generasi selanjutnyah.. emoticon-Leh Uga liat aja warga +62 banyak yg kabur ditagih pinjol.. emoticon-Ngacir2
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gapapa hutang asal produktif
Beli laptop mahal ngutang, dipake buat ngasilin duit lewat ngembangin aplikasi
Beli rumah ngutang, angkanya fantastis tapi esensial utk rumah tangga sendiri, puluhan tahun lunas
Dll

Jangan ngutang mental orang miskin
Ngutang buat beli iphone 12 padahal gaji umr, dipake cuma buat sosmed dan gaya

Ngga individu, ngga negara, harus bijak
profile-picture
profile-picture
gantarIDWS dan c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh silencely3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
negara banyak hutangya begini yaitu analisaku ada 2 kemungkinan antara lain :

1.Koruptor di Negara kita tdk ditindak tegas dengan benar.Kalau Di Korea Selatan Koruptor hukumannya yaitu disetrum sampai mati di Kursi Listrik mirip dengan Amerika Serikat / Jerman barangkali..berani Indonesia menghukum Koruptor dengan Kursi Listrik ???

2.Adanya tdk ada SDM2 Teknologi yang mumpuni yang mau tinggal di Negeri kita.DiKarenakan oknum2 orang negara yang korup dan ruwet hanya mikirin perut sendiri jadi yang tersisa di negara kita yaitu Bodoh vs Pintar ini bisa dipastikan yang pintar akan memangsa yang bodoh.sedangkan yang ngerti dan ilmuwan IPTEK sungguhan minggat dari negara kita misalnya yaitu Jim Geovedi yang minggat ke Inggris , alm BJ.Habibie yang dulu minggat lagi ke Jerman karena di Jerman lebih Profit daripada negara kita sini,Fathoni ahli Digital Desain grafis kartun yang minggat ke Malaysia karena karyanya Upin-Ipin lebih diterima masyarakat sana,Faisal ahli Kecerdasan AI / Artificial Intelejent minggat juga ujung2nya kembali ke Google Jerman karena disana kehidupannya lebih terjamin dllnya....sisanya di Negeri kita hanya tersisa orang pintar sok ngerti vs orang bodoh sok pintar dan rata2 orang ngertinya pada kabur semua keluar negeri juga....aku belajar Rantai makanan Dunia Manusia yaitu karangan putranya Albert Einstein yang menderita Skizoprenia-Autis urutan tertinggi (ingat orang ngerti / cerdas itu pasti pintar tp orang pintar belum tentu ngerti/cerdas) yaitu :
Orang Ngerti / Cerdas + beruntung/bejo memangsa orang yang cerdas biasa lalu orang cerdas biasa memangsa orang cerdas+pintar kemudian orang cerdas + pintar memangsa orang pintar lalu orang pintar memangsa orang bodoh.nah kamu masuk dalam rantai makanan dunia manusia mana kategorinya bro/sista ??

" SALAM WARAS DARI SAYA" akhir kata kelak yang sengsara mbayar hutang kita yaitu anak-cucu-cicit-cindil-gantung siwur kita emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tiada.tara dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh golden.baik007
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kenapa harus ngutangnya ugal2an dan membengkak ngga karuan ? buat rakyat apa buat keluarga, bos2 pendukung dan partai? laah ngurus kestabilan harga sembako aja msih kelimpungan 😂😂😂
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Coba ditanya ke mbah gogel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
duniabintang dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Semua negara besar pasti punya utang..
Yang asem tuh amerika..

Semisalnya:
Amerika
Tahun 2005 utang mereka 5000 dolar..
Tahun 2015 utang tetep 5000 dolar.. (asumsi ga dibayar2, ga ada bunga)

Indonesia
Tahun 2005 utang 5000 dolar = 5 milyar rupiyah
Tahun 2015 utang 5000 dolar = 5 trilyun rupiyah

Coba aja pas berhutang, engga pake dolar.. tapi pake emas..
profile-picture
profile-picture
DigaMylife dan c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh tiada.tara
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Rakyat maunya banyak tapi kontribusinya minim.

Penghasilan utama negara untuk pembangunan tu dari pajak tapi kemampuan rakyat membayar pajak termasuk rendah.

Sistem berekonomi di masyarakat masih ketinggalan zaman kurang inovatif dan kreatif makanya sulit untuk bersaing, buka usaha cuma ngikutin tren bukan karena keahlian... liat aja cafe booming sekarang semua buka cafe ujung2nya oversupplied begitu jg dengan jenis usaha yg lainnya.

Apalagi ditambah budaya gengsi2an, sok2 ngeluh nilai rupiah-dollar tp doyan banget banget pake produk impor/merek asing. Produk lokal dianggap produk kampung males mendukung ekonomi negara sendiri...fuk you people! emoticon-fuck

profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan fansdemilovato memberi reputasi
Kalau KURANG MAMPU? di telantarkan apa kah negara untung?
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Karena berhutang adalah hak segala bangsa emoticon-Ngakak
yah gmna ya gan. dari awal udah suka ngutang. harusnya ada pemimpin yang beneran berani stop utang.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Wow gila
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Halaman 2 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di