KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e0391c7c78b415e13c70da/mengapa-ottoman-menyerang-konstantinopel-sehingga-membuat-indonesia-terjajah

Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
Konstantinopel ibukota kerajaan Romawi timur atau Byzantium yg berdiri
324 M berakhir 1453 m dgn ditaklukkan kesultanan Turki dibawah pimpinan Muhammad Al Fatih / bergelar Sultan Mehmet 2 jadi ibukota Turki Ottoman Istambul.
11 November 1918 kesultanan Turki Ottoman runtuh kekalahan perang dunia pertama sekutu blok sentral ( kesultanan Turki + kerajaan Jerman + kerajaan Austria Hongaria) vs blok sekutu ( Inggris Perancis dan kerajaan Rusia )
Wilayah kesultanan Turki dibagi bagi pemenang perang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh meimeiput
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yah pada saat itu, daripada harus bertransaksi ya mending ngejajah
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
DAMPAK PENAKLUKKAN KONSTANTINOPEL jadi Istambul OLEH kesultanan TURKI oleh Sultan Mehmed 2 atau Muhammad al fatih tAHUN 1453 TERHADAP JALUR PERDAGANGAN DUNIA ANTARA ASIA DAN EROPA terputus pedagang dari India .eropa kesulitan dapat rempah rempah dari Asia Selatan atau Asia tenggara
Dimulai lah negara negara Eropa mencari koloni keseluruhan dunia untuk Cari India.
Dimulai dari cristopher colombus nyasar ke barat benua Amerika penduduk asli dikiranya indian
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Diubah oleh meimeiput
Bukankah bangsa Eropa pergi ke Timur khususnya Nusantara tujuannya utk 3G? God, Gold n Glory cmiiw
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Butterfly effect nih
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Bila....
Tapi bukan berarti bila hal itu terjadi kita akan bahagia
Jadi nikmati aj yg ada🤣
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Izin Nyimak lihat para suhu yang Paham sejarah emoticon-Malu
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Alasan sesungguhnya: urusan perut. Mau diputar2 kek gimana, pada akhirnya semua urusan, perang, konflik manusia ini ketemunya karena urusan perut. Sama, seperti sekarang ini,, sy nulis krn urusan perut lagi berproblem, jadinya galau. Kl urusan perutku baik2 sj, ngapain nulis
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Dari Osman I juga udah gangguin Bizantium terus, ane nonton di sinetron Kurulus Osman sih begitu.
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Harus diakui perjuangan Turki Usmani meruntuhkan Konstantinopel merupakan aksi yang sangat heroik.

Tidak tepat label heroik untuk suatu negara yg menginvasi negara lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
orderic dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
karena dulu invasi militer merebut wilayah pihak lain adalah hal biasa..
jangankan di sana, di nusantara pun kerajaan2 yang ada di sini dulu juga biasa berperang memperluas daerah kekuasaan mereka.
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1. Jalur sutera
2. Rempah rempah
3. Komoditi hasil bumi ( perkayuan, ternak dan binatang buas)
4. Penyebaran kepercayaan dan untuk mengambil alih kekuasaan.
5. Sistem monarki yg hobi merusak ketentraman wilayah lain hanya demi tanah yg tak jelas dimasa dpnnya.
6. Ketamakan keluarga kerajaan ingin menjadi penerus dngn memperluas wilayah


Menurut saya gak jauh dari itu
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
alfonso berqueque dan bartholomeo Kuma,😰 eh barholomeo diaz kalo ga salah nama 2 pimpinan yang melakukan pelayaran ke arah timur dan barat. cikal bakal imperialisme ya?
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan riandyoga memberi reputasi
Post ini telah dihapus
oh begitu cerita nya.. dulu enak yah.. jalan jalan menjelajah ya menjelajah aja kagak perlu pakai passport dan ijin visa masuk negara itu emoticon-Wink
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Imperalisme bangsa Eropa tidak dipengaruhi penaklukan Konstantinopel. tidak ada hubungan sebab-akibat yang eksplisit
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sebenarnya Ottoman cukup bertanggung jawab kok untuk melindungi nusantara. Cuma gara2 mereka kalah di Battle of Diu 1538, akhirnya bablas armada-armada penjelahah eropa pada waktu itu. Dan juga mereka gak bisa bersahabat sama Kesultanan Persia pada waktu itu, Qara Qoyunlu lalu berubah jadi Kekaisaran Safavid praktis ottoman gak mampu lagi menahan laju armada laut eropa. Dan juga Ottoman yang gak mau mengembangkan wilayahnya selain Contantinopel dan sekitarnya jadinya mereka kesulitan menjaga daerah kekuasaan yang luas.
profile-picture
profile-picture
orderic dan riandyoga memberi reputasi
Ga dijajah juga tetep ada perang antar kerajaan y
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Halaman 3 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di