KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Faisal Basri Sebut IKN Baru Cuma Modus Bagi-bagi Proyek Ala Jokowi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ea629faea1b869a53b415e/faisal-basri-sebut-ikn-baru-cuma-modus-bagi-bagi-proyek-ala-jokowi

Faisal Basri Sebut IKN Baru Cuma Modus Bagi-bagi Proyek Ala Jokowi

Faisal Basri Sebut IKN Baru Cuma Modus Bagi-bagi Proyek Ala Jokowi

Suara.com - Ekonom Faisal Basri menilai rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur adalah modus pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk bagi-bagi proyek ke koleganya.

Faisal mengatakan seluruh proyek terkait pembangunan Ibu Kota Negara baru ini tidak dilakukan dengan sistem tender yang baik, melainkan langsung ditunjuk oleh pemerintah pusat.

"Ini adalah salah satu modus untuk bagi-bagi konsesi sesuka hati karena nanti di sana tidak ada proses tender, semua tunjuk langsung, bahkan UU belum ada pun sudah bagi-bagi lapak," kata Faisal dalam diskusi Indonesia Corruption Watch (ICW), Jumat (21/1/2022).

Dia mencontohkan pengadaan air bersih untuk IKN akan digarap oleh Hashim Djojohadikusumo yang tidak lain adalah pengusaha dan saudara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Selain itu, ada perusahaan semen Hongshi Holdings Group yang baru membuka pabrik di Kalimantan Utara dan diperkirakan akan menjadi tender pengadaan semen untuk pembangunan IKN.

"Jadi prosesnya sudah mulai bagi-bagi, belum lagi yang kami tidak tahu ya kemungkinan modusnya juga seperti itu," ucapnya.


Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi UU dalam rapat Paripurna DPR RI ke-13 masa persidangan III tahun sidang 2021-2022, pada Selasa (18/1/2022).

Dengan begitu, proses pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) bisa dilaksanakan.

Berdasarkan laporan Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN, 8 fraksi yakni PDIP, Golkar, Gerindra, Nasdem, Demokrat, PAN, PKB, PPP, dan PKB menyetujui RUU IKN menjadi UU. Sementara Fraksi PKS tidak setuju hasil pembahasan RUU IKN.

https://www.suara.com/news/2022/01/2...yek-ala-jokowi

Dari dulu cuma bisa nuduh2 doang.. Pas d tanya buktinya.. Cuma kasih klipingan berita.. emoticon-Malu (S)

Bilangnya tunjuk lansung tanpa tender.. Tapi kasih contohnya perusahaan kolega akan ikut tender??.. emoticon-Malu (S)




emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gmc.yukon dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr1
Halaman 1 dari 2
koq demen banget nuduh orang ya...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
coba di prank gitu beliau ditunjuk jadi dewan apalah dalam pembangunan IKN.. ntar ngomong apa..?

abis itu baru bilangin, tapi bohong..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Dalam politik, bagi2 itu sudah biasa. Iri bilang boss emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
orang sutris kagak diajak jadi menteri emoticon-Wkwkwk

gimana bisa jadi menteri.. kerja cuma modal bisa excel doang emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
bagi bagi pekerjaan utk rakyat emg masalah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
orang bikin pabrik semen disana ya itu namanya mengambil peluang, sama kek ane jualan cilok di tetangga yg lagi hajatan, dari seminggu sebelumnya ane dah bikin lapak, bersih2in sampahnye emoticon-No Hope

ikn ini pasti ada kesalahan nya tapi bukan berarti seluruh proyek ikn harus kita gagalkan apalagi kita harus ikuti pks? ya ogah emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sudarmadji-oye
udah biasa kan?
cuma karena gak ikut kebagian makanya ngoceh, beda cerita kalau kebagian proyek juga ikutan mendukung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
In 2012, Basri ran for governor in the Jakarta gubernatorial election as independent along with Biem Benyamin, the son of a prominent Betawi figure, Benyamin Sueb,[2] but he was unsuccessful in winning the governorship, with fewer votes than Joko Widodo, Fauzi Bowo, and Hidayat Nur Wahid, and ahead of Alex Noerdin and Hendarji Supanji.[3]

Oalah, looser kaing2 toh emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
ini tipe berita yang disukai dan jadi referensi utama kadrun...

emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Yang gak suka pindah Ibukota ini grupnya homogen
Mereka yang bisnisnya bikin keributan di Jakarta ya kejang kejang ama ini

Mereka harus gaIang massa Iagi di Tanah Dayak
Bisa ?

Emang Dayak segoblok jakarta yang ditakut takuti pake ayat Iangsung keciprit?emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
o ya bener jg ya pindah ke dayak sana...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
asal njeplak ............. ?


ntar kalo disuruh buktiin bakal mewek gak nih .......... emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Coba baca berita negara lain beritain indonesia pindah ibu kota. Pasti mayoritas pada dukung. Cuma kadrun aja yang nolak. Fastest sinking capital city.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
saya gak mampu, ya gak mungkin saya dapat proyek besar begono.
mimpiiii kali ya... emoticon-Traveller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pak Faisal Basri ini tahu apa !!!

Proyek IKN Nusantara ini sangat dibutuhkan :
1. Dana bancakan buat nambah-nambah biaya kampanye 2024
2. Developer Reklamasi dapat proyek bangun Istana Negara, gedung DPR/MPR, kantor-kantor Kementrian dan Perumahan PNStak
3. Target 2022 dan 2024 :
- mAhok untuk IKN Nusantara
- Gibran untuk DKI Jakarta
- Joke 3 Periode

Semua senang semua menang di 2022 dan 2024 emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
danielfrans504 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh harakiri02
Iri bilang bos emoticon-Leh Uga
Lagian orang ini siapa sih? Kok bisa2nya disebut ekonom? Udah prediksinya terkait ekonomi salah mulu emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
SunDaimond dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa sih ada yang ga suka kalau kalimantan maju? Masa jawa mulu yang nikmati?
Sumberdaya alam padahal dari luar jawa semua.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
lau kalo dikasih jatah satu proyek diem ga?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pakar ekonomi yang sudah tumpul otaknya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
sok tau lah... BSH juga nih orang.
profile-picture
profile-picture
SunDaimond dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di