cintadineAvatar border
TS
cintadine
Windows Phone, OS Keren Yang dikubur Microsoft dan 4 Penyebab Kegagalannya


Microsoft sebagai raksasa teknologi mungkin telah menguasai pasar sistem operasi komputer rumahan di seluruh dunia. Tapi tidak selamanya perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen itu berhasil dalam segala hal. Ada kalanya Microsoft gagal dan salah satunya adalah Windows Phone atau Windows Mobile. Kalah dari Android dan iOS, Windows Phone terpaksa dikubur oleh Microsoft dan mereka mengibarkan bendera putih untuk segmen mobile.

Lalu apa sih penyebab Windows Phone bisa gagal?Padahal OS ini bagus dan hampir semua orang yang pernah menggunakannya akan merasakan pengalaman menarik untuk OS ini dengan segala keunikannya. Asli, OS ini sebenarnya keren gan.

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan Windows Phone bisa gagal.

1. iPhone



Windows Phone sepertinya menyasar konsumen kelas menengah ke atas dan saat itu segmen tersebut sudah dikuasai oleh iPhone dengan iOS-nya dari Apple. Citra iPhone sudah sangat kuat dan sulit untuk disaingi. Microsoft tak mampu menyaingi Apple yang sudah punya segalanya di bidang platform mobile.

Pada akhirnya, mereka yang nekat memakai Windows Phone adalah mereka yang ingin tampil beda dan tidak ingin mengikuti arus walau pada akhirnya para pengguna meninggalkannya karena tidak betah dalam hal dukungan aplikasi.

2. Memandang Remeh Android


Android tidaklah langsung besar seperti sekarang ini, ketika pertama kali diluncurkan banyak yang meragukan kemampuan OS besutan Google ini. Ketika Windows Mobile diluncurkan, Android tak sebesar sekarang, saat itu iOS memang sudah populer dan Blackberry masih belum runtuh dari kejayaannya. Tapi Microsoft nampaknya terlalu meremehkan Google dengan OS open source-nya. Mereka lamban dalam bergerak dan melakukan manuver. Sehingga Google bergerak cepat dan menyempurnakan OS-nya.

3. Minim Dukungan Aplikasi

Apa yang membuat para developer malas mengembangkan aplikasi di Windows Phone? Ya karena kalah saing dengan Android. Karena open-source, Android bisa dengan bebas diinstal oleh vendor mana saja tanpa perlu adanya pembayaran lisensi dan menjadikan perangkat Android terjangkau untuk semua kalangan. Semakin banyak perangkat digunakan, maka para pembuat aplikasi pun akan berbondong-bondong mengembangkan aplikasi untuk OS tersebut. Sebaliknya, Windows Phone bersifat tertutup dan diperlukan biaya lisensi untuk menginstalnya jika dilakukan oleh vendor selain Microsoft.

Karena hal itu, perkembangan Windows Phone jadi lambat dan orang-orang malas membeli smartphone yang mahal.

4. Kegagalan Windows 8



Salah satu kegagalan yang dialami oleh Microsoft adalah gagalnya Windows 8 pada 2012 yang lalu. OS itu begitu tidak disukai oleh pengguna dan dicap sebagai produk gagal. Hal itu sedikitnya berimbas pada stigma dan image dari Windows Phone 8 yang ikut-ikutan kena imbasnya. Hadirnya Metro UI kotak-kotak di Windows Phone 8 menjadikannya mirip dengan Windows 8 versi PC dan itu secara tidak langsung juga berpengaruh.


Nah, gan. Kira-kira apalagi ya alasan lainnya? emoticon-Big Grin

Quote:
emineminna
pein666
zerauw
zerauw dan 17 lainnya memberi reputasi
18
12.1K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan