palapanusaAvatar border
TS
palapanusa
Inilah Sejarah dan Fakta Di Balik Operasi Plastik!
Heii GanSis jumpa lagi dengan TS disini. Kali ini TS mau mengajak GanSis untuk meliihat fakta dibalik trend yang sedang ataupun sudah berkembang di negeri gingseng Korea Selatan, yakni Operasi Plastik. Mungkin sebagian GanSis sudah mengenal dan tahu mengenai Operasi Plastik ini ya. Namun dibalik prosedur Operasi Plastik terdapat sejarahnya hingga bisa trend seperti saat ini. GanSis sekalian ternyata Operasi plastik ini sudah ada dari zaman mesir kuno tepatnya pada 800 SM. Bukti ini tertulis di catatan medis bangsa Mesir yang bernama "Edwin Smith Papyrus", karya ini diperkirakan ditulis pada 800 SM dan baru ditemukan di tahun 1862. Buku catatan ini menuliskan bahwa bangsa Mesir kuno telah melakukan upaya perbaikan hidung yang patah dengan alat-alat berbahan plastik.


Potret patung Sushruta Samitha bapak operasi plastik. Sumber gambar


Setelah itu berkembanglah operasi plastik di Mesir saat itu. Namun fakta unik lainnya adalah ternyata Bapak Operasi Plastik bukan berasal dari Mesir ataupun Korea Selatan loh GanSis, tapi dia berasal dari India. Fakta ini ditemukan buku Karya Sushruta Samitha yang di tulis oleh Sushruta di India yang diperkirakan ditemenukan sekitar 600 SM. Merupakan referensi dalam melakukan Operasi plastik yang biasanya digunakan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi karena penyakit/ bekas luka yang di akibatkan oleh suatu pertempuran.

Ternyata pada perang dunia pertama menjelang abad ke  20, perkembangan teknologi Operasi Plastik semakin pesat setelah Sir Harold Gillies, mengembangkan operasi wajah untuk memperbaiki wajah tentara yang luka pada PD I, totalnya mencapai >11.000 operasi. Hal ini membuat dia dianggap sebagai "Bapak dari operasi Plastik Modern" dan mempopulerkan operasi plastik ke seluruh dunia.




Pada tahun 1960an, Operasi plastik semakin di manfaatkan untuk membuat penampilan lebih menarik dan dilakukan berbagai golongan masyarakat di Amerika Serikat. Law Jae-Duk, dokter yang sedang belajar di Amerika Serikat ini kembali ke negaranya dan mendirikan "Korean Society of Plastic abd Reconstructive Surgeons" di tahun 1966, dengan tujuan menghasilkan para ahli bedah plastik yang kompeten di bidangnya. Lalu saat berakhirnya perang Korea membuat kesehatan publik menjadi perhatian utama yang melanda masyarakat khususnya Korea. Banyak korbaan terlantar, miskin dan penderitaan membuat "image" Korea Selatan tidak "indah" kemudian pemerintah Korea saat itu berusaha keras merubahnya dan perusahaan besar di Korea mulai mementingkan penampilan "indah dan rupawan".

Fakta inilah yang mulai merubah perspektif dan pola pikir masyarakat Korea Selatan, bahwa penampilan berperan penting dalam kehidupan, khususnya karir. Hingga Survei tahun 2015 menyatakan 41% wanita muda dan 29% Pria Korsel percaya penampilan fisik penting di kehidupan. Terlebih dunia hiburan yang lekat dengan bau Operasi Plastik di Korea Selatan. Tapi ada hal yang perlu di Ingat dari fenomena Operasi Plastik di Korea Selatan umumnya dilakukan bukan untuk kesenangan pribadi melainkan untuk faktor-faktor lain seperti karir dan tidak jarang untuk kepentingan negara mereka.




Fakta lainnya adalah negara dengan operasi plastik terbesar ternyata bukan Korsel ya GanSis tetapi Amerika yang menduduki peringkat dengan 4 juta operasi plastik setiap tahunnya, namun di lain sisi operasi plastik merupakan hal wajar di Korsel bahkan banyak anak-anak remaja yang masuk ke usia 17 tahun meminta hadiah untuk melakukan operasi plastik saat sudah masuk usia remaja.

Nah GanSis itu tadi fakta dan sejarah awal mula Operasi Plastik, bahkan ternyata penampilan bisa menjadi penting bagi keberlangsungan nasional sebuah negara ya GanSis. Semoga thread ini bisa membuat kita sadar dan bersyukur bagi yang masih memiliki fisik dan wajah sempurna jangan malas merawat diri karena diri ini merupakan aset kita juga loh GanSis.

Sekian thread TS kali ini TS mau ucapin Terimakasih dan sampai ketemu di thread lainnya....

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Spoiler for Sumber dan Referensi:



zeze6986
indrastrid
emineminna
emineminna dan 23 lainnya memberi reputasi
24
4.8K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan