edward028Avatar border
TS
edward028
Pengaruh Intimidasi Bully Terhadap Kesehatan Mental Pada Anak
Perilaku bully adalah bentuk penindasan yang biasanya ditemukan pada usia anak-anak sampai dengan usia remaja. Efek dari bully ini bukanlah hal yang bisa di sepelekan tetapi merupakan suatu hal yang serius yang dapat mempengaruhi kesehatan mental maupun kesehatan fisik seseorang. Anak-anak yang menjadi korban bullying rentan terhadap kecemasan, ketidaksukaan, dan cenderung tinggal di rumah sepulang sekolah.

Biasanya Bully terjadi karena adanya ketidaksukaan orang terhadap perilaku orang lain. Tentu perilaku ini tidak baik. Karena sebagai ciptaan Tuhan harus saling menghargai dan menerima kekurangan antar sesama manusia.
Perilaku bully sudah seharusnya di hindari sejak usia remaja dan anak anak, supaya tidak merusak generasi muda. Dikarenakan apabila perilaku bully tidak diatasi sejak dini maka akan berdampak pada masa depan si anak.

Bullying juga memiliki efek fisik seperti kehilangan nafsu makan. Korban bullying juga khawatir akan depresi dan cenderung menarik diri dari masyarakat. Dalam kasus ekstrim, korban bully bahkan ada yang sampai mengakhiri hidupnya. Dampak yang mengarah pada akademi yaitu menurunnya prestasi akademik yang buruk dan sering absen tidak masuk.
Perilaku bully dapat dikategorikan dalam berbagai macam bentuk yaitu berupa fisik, verbal maupun psikologis.
Saya akan menjelaskan tentang verbal bullying. Jenis bullying verbal ini biasanya ditujukan untuk mengurangi harga diri korban. Misalnya, korban jelek atau memiliki kualitas fisik "aneh" di sekitar korban. Bullying verbal memiliki dampak yang lebih besar pada aspek psikologis yang dapat diingat seseorang selama sisa hidupnya. Bullying verbal juga bisa dilakukan secara diam-diam dan tidak terlihat. Apalagi di masa media sosial seperti masa sekarang ini yang dikenal dengan istilah cyber-bullying (intimidasi di dunia maya) muncul karena dimungkinkan untuk menjelek-jelekan orang lain secara anonym.

Untuk menghentikan perilaku bully di sekolah, bisa juga diatasi dengan melaporkan pelaku yang melakukan kekerasan bully. Dengan cara tersebut pihak instansi dari sekolah bisa secara langsung menangani kasus tersebut.

Perilaku Bully ini bisa dikatakan sangat berbahaya karena dapat menular oleh orang ke orang dan bisa mempengaruhi pikiran anak anak. Dan Apabila terus menerus dibiarkan, perilaku ini bisa berdampak buruk bagi generasi muda. Ada beberapa contoh yang kita dapat lakukan untuk mencegah perilaku bully yaitu:

- Keluarga dapat mengajari anak mengenai hal perilaku positif.
- Selalu menjalin hubungan komunikasi dengan anak agar anak merasa mendapat perhatian dan perlindungan.
- Hindari perilaku yang tidak baik dan selalu jaga perilaku dan etika kepada sesama manusia.
- Memiliki Rasa mencintai antar sesama manusia dan hindari rasa tidak suka.
- Berkonsultasi dengan keluarga agar dapat memberikan solusi yang terbaik karena keluarga selalu mendukung anaknya.

Oleh sebab itu bullying adalah hal yang tidak boleh di sepelekan dan dilakukan karena dapat berdampak buruk bagi generasi muda. Bully bisa dikatakan perilaku yang buruk. Dan dapat mempengaruhi orang lain sehingga membuat orang lain menjadi merasa sakit hati dan terpuruk. Kita harus tetap menghargai orang lain karena setiap orang memiliki kekurangan, Termasuk kita pribadi juga memiliki kekurangan.


mashbrow
cheria021
cheria021 dan mashbrow memberi reputasi
2
3.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan