Bagaimana jika sebuah proyek berada di cuaca ekstrem? Atau di atas kedalaman laut? Atau di ketinggian yang mengerikan? Lalu bagaimana dengan lubang buatan mahal yang konon bisa mengisap helikopter masuk kedalamnya? Meski terasa mustahil namun ternyata sejumlah situs konstruksi ekstrim berikut benar-benar ada jika tidak percaya simak deh thread nya.
Let's talk about it.
Quote:
1. Kereta api etihad
Lapisan es dan suhu minus derajat Celcius bisa saja mengerikan. Lalu bagaimana kalau situasi dan kondisi nya di gurun? sudah tergambar jelas melalui proyek berikut. Inilah kereta api etihad, yang ketika selesai proyeknya akan menghubungkan UEA ke arab saudi dengan jarak 1200 KM. Tidak hanya itu, kereta api ini juga akan menjadi jaringan kereta api barang dan penumpang nasional pertama yang menghubungkan 7 emirat, yakni dari abu dhabi ke guaifat yang berbatasan dengan arab saudi.
Fase pertama proyek ini dimulai pada tahun 2016 dan diharapkan rampung pada 2024 mendatang. Sejauh ini berdasarkan laporan oktober 2021, jalur kereta tersebut telah terselesaikan sepanjang 139 KM. Sebenarnya pembangunan jalur kereta api menjadi ambisi UEA agar lebih ramah lingkungan. Namun kondisi cuaca dan medan yang ekstrem adalah apa yang harus mereka bayar demi mengurangi jejak karbon peta negara tersebut.
FYI suhu pada siang hari bisa mencapai 50 derajat celsius. Itulah sebabnya para pekerja konstruksi harus menunggu suhu 30 derajat celcius pada malam hari untuk bekerja. Sementara untuk masalah medan yang berpasir, sejatinya bisa berdampak pada terhambatnya kerja akibat endapan pasir yang tertiup angin atau lebih buruknya situasi tersebut bisa saja merusak rel kereta api.
Quote:
2. Jalan raya pesisir baru norwegia
Pantai barat norwegia punya pemandangan dramatis karena gletser yang telah terbentuk selama berabad-abad. Beberapa dari ini semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser yang membentang sejauh 200 km, dengan kedalaman lebih dari 1 km. Sekilas tidak ada masalah tapi rute dari trondheim selatan ke utara akan ditempuh dalam waktu 21 jam dengan menaiki feri setidaknya sampai 7 kali.
Demi meningkatkan akses ke seluruh wilayah barat negara itulah pemerintah kemudian memulai proyek infrastruktur terbesar dalam sejarah. Lalu norwegia hadir sebagai solusi terutama untuk menghilangkan kebutuhan akan layanan feri sama sekali. Jika selesai, jalan raya dengan 47 us dolar tersebut akan menjadi yang pertama dari jenisnya dengan cakupan jembatan dan terowongan terapung, serta terowongan jalan terdalam di dunia.
Panjangnya 27 KM dengan kedalaman hingga 390 meter dibawah permukaan laut, dimana konstruksi dimulai pada 2018 dan dijadwalkan akan selesai pada 2026. Namun pembengkakan biaya telah menjadi alasan penundaan proyek dan tahun 2031 menjadi target berikutnya. Nah dari kesemuanya penyeberangan soknefiyor dianggap sebagai yang paling ambisius sekaligus sulit, mengingat merupakan terdalam dan terbesar di norwegia. Dengan dimensi lebar lebih dari 37 km dan kedalaman km di titik terendah. Karenanya ada sejumlah saran dari tim proyek di antaranya menghadirkan jembatan gantung standar dengan penyebrangan serta pembangunan jembatan terapung.
Quote:
3. Tambang berlian mir
Ini adalah lubang buatan manusia terbesar kedua di dunia dengan diameter 1200 m dan kedalaman 525 m. Pada dasarnya tambang berlian ini saja sudah ekstrem dari segi medan, sampai-sampai ada mitos tentang helikopter lewat yang kemudian terhisap ke dalam lubang. Anehnya wilayah udara diatas menjadi area terlarang bagi penerbangan apapun sejak saat itu. Bahkan sampai saat ini tak pernah lagi ada pesawat yang melintas di atas tambang rusia tersebut.
Menarik peristiwa ke belakang, faktanya kota mir ini terkenal dengan musim dinginnya yang sulit dan panjang dengan suhu di bawah 0 derajat celsius. Sehingga bisa dipastikan bahwa tidak banyak orang yang tinggal di lingkungan ini. Namun pada 1950 an ahli geologi uni soviet melakukan ekspedisi dan berhasil menemukan deposit yang mengandung berlian. Akhirnya penggalian dimulai pada 1970 dan baru bisa digunakan pada tahun 1999.
Tapi tetap saja musim dingin yang bisa bertahan hingga 7 bulan membuat bahan menjadi rapuh sehingga membekukan oli mesin segala. Belakangan meer main berhenti melakukan penggalian yakni pada tahun 2001 dan berhenti sepenuhnya pada tahun 2004. Meski begitu pada tahun 2014 tambang ini sudah menghasilkan 6.000.000 karat berlian dari rangkaian struktur bawah tanahnya.
Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane saat observasi sosial media aja ya. kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf ane juga manusia. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.
Referensi: Opini pribadi & 1, 2, 3
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021