Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

newsmerahputihAvatar border
TS
newsmerahputih
Warga +62 Masih Menunda Putus Walau Hubungan Sudah Toxic
Warga +62 Masih Menunda Putus Walau Hubungan Sudah Toxic

Merahputih.com - Menjalani suatu hubungan tidak selamanya mudah dan indah seperti yang terlihat. Saat menjalani suatu hubungan, kita dituntut untuk menjadi lebih dewasa, bisa membuat keputusan dan mengetahui mana yang baik dan benar.

Sayangnya, masih banyak yang menjalani hubungan sebelum yakin bahwa mereka siap. Hasilnya, banyak yang terjerumus dalam hubungan yang tidak sehat bahkan bisa disebut toxic. Hubungan tidak sehat ini tidak hanya mempengaruhi kehidupan salah satu pihak, tetapi bisa merugikan kedua belah pihak.

Parahnya, ketika sudah sadar sedang menjalani hubungan yang tidak sehat atau toxic malah tidak bisa menyudahi hubungan itu. Aku ialah warga +62 yang berada dalam posisi itu saat ini, serba salah. Ragu untuk putus, tetapi sudah tidak yakin untuk lanjut. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengakhiri suatu hubungan karena pada awalnya semua dijalani atas perasaan sama-sama suka dan sama-sama sayang.

Meskipun tahu hubungan yang sedang dijalani tidak sehat, aku punya rasa takut kalau mengakhiri hubungan ini, nantinya akan sulit untuk mendapatkan pengganti dan berakhir menjadi jomlo.

Meskipun sebenarnya masalah ini tidak terlalu penting, tetapi aku tidak mau jadi bulan-bulanan teman yang memiliki pasangan saat nongkrong. Apalagi hubunganku sudah berjalan cukup lama, aku mulai terbiasa dengan semua rutinitas yang kita lakukan bersama baik yang indah maupun buruk. Oleh karena itu, perasaan takut kehilangan karena sudah terbiasa bersama dalam waktu yang cukup lama mulai terbentuk.

Mungkin karena aku perempuan, aku menjalankan hubungan lebih banyak menggunakan perasaan dibandingkan logika. Alasan utama aku menunda-nunda sebelum mengakhiri hubungan ini karena masih berharap pasanganku bisa berubah. Sering mendengar dari teman-teman bahwa masih ada harapan bahwa pasangan kita akan berubah saat kita menikah atau berkeluarga. Namun, ada juga yang bilang bahwa kalau sudah menjadi kebiasaan akan sulit berubah.

Di balik harapan agar dia berubah, sebenarnya ada rasa hutang budi. Meskipun dia suka jahat selama ini dia sudah banyak membantu banyak hal. Alasan ini diberikan karena merasa bahwa seburuk-buruknya perlakuannya saat ini, ada saat aku merasa bahagia pada awal hubungan. Tergolong klise dan tidak masuk akal karena semua hubungan toxic biasanya memang diawali dengan perlakuan yang manis.

Beda lagi kalau memang hubungannya sudah masuk ke tahap yang toxic. Alasan kamu enggak bisa putus bisa jadi karena diancam atau bahkan pasanganmu play victim sampai kamu merasa kasihan dan akhirnya tidak tega untuk mengakhiri hubungan.

Nunda-nunda untuk mengakhiri hubungan juga enggak selamanya berasal dari keraguan dalam diri sendiri, ada faktor pihak ketiga yang biasanya bikin kamu sulit untuk mengakhiri hubungan. Misalnya saja seperti pengalaman aku yang sudah terlalu dekat dengan orang tua dia sampai dianggap seperti anak sendiri. Alasan ini jadi pertimbangan terberat sebelum mengakhiri suatu hubungan.

Kalau orang tua dia sudah menanyakan kabar dan mencari tahu kenapa aku sudah jarang ke rumah itu akan jadi beban tersendiri. Belum lagi bimbang harus bilang apa kalau sudah putus. Dilema mau putus sama anaknya tapi enggak tega dengan orang tuanya.

Dari cerita-cerita nunda untuk putus, ada yang dikarenakan hutang piutang. Meminjamkan sejumlah uang untuk pasangan karena kasihan pada awal hubungan bisa jadi kesalahan yang membuat menunda mengambil keputusan lain.

Ragu untuk mengakhiri hubungan karena takutnya kalau putus, nanti akan sulit untuk mendapatkan uang yang dipinjam kembali. Alasan ini akhirnya membuat menunda-nunda untuk mengakhiri hubungan sampai hutang terbayar lunas.


Sumber
newsbolaskor
kabarotocom
side.id
side.id dan 2 lainnya memberi reputasi
3
689
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan