KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tulisan dari Bahasa Kuno Pertama Kali di Dunia! Seperti Cakar Ayam Gan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61cb83aa97e7a85a0626a212/tulisan-dari-bahasa-kuno-pertama-kali-di-dunia-seperti-cakar-ayam-gan

Tulisan dari Bahasa Kuno Pertama Kali di Dunia! Seperti Cakar Ayam Gan

Tulisan dari Bahasa Kuno Pertama Kali di Dunia! Seperti Cakar Ayam Gan
Tulisan dari Bahasa Kuno Pertama Kali di Dunia! Seperti Cakar Ayam Gan

Peradaban besar paling kuno yang diketahui saat ini adalah peradaban bangsa sumeria. Sekitar 5000 tahun sebelum masehi, terletak di mesopotamia yang berarti diantara dua sungai yaitu sungai eufrat dan sungai tigris, yang sekarang adalah wilayah irak. Disinilah sistem tulisan pertama kali dipakai. Awalnya hanya sebagai simbol-simbol untuk memudahkan perdagangan. Lama-kelamaan simbol-simbol itu kemudian menjadi aksara, yang juga menuliskan bahasa yang sebelumnya hanya diucapkan menggunakan mulut atau sekedar bunyi-bunyian.

Aksara tersebut disebut aksara paku yang ditulis dengan huruf paku. Ketika dibacakan kira-kira seperti ini:

Quote:


Kira-kira begitulah dari tulisan tertua umat manusia. Peradaban besar bangsa sumeria akhirnya ditaklukkan oleh berbagai suku yang mulai melakukan penjelajahan. Bangsa sumeria diperkirakan musnah pada sekitar 2000 tahun sebelum masehi. Tetapi budaya dan hal-hal yang sudah dicapai oleh bangsa sumeria tidak hilang begitu saja.

Beberapa memang dilupakan dan digantikan oleh budaya suku-suku yang menduduki wilayah bangsa sumeria, tetapi beberapa suku terus mengembangkan pencapaian sumeria. Seperti mengembangkan aksara paku dan mulai menulis bahasa mereka dengan aksara tersebut. Seperti yang dilakukan oleh bangsa akadia. Setelah menduduki beberapa wilayah di sumeria, bangsa akadia tetap menghargai budaya setempat. Jadi budaya bangsa akadia dan sumeria bisa hidup berdampingan. Sehingga ini berpengaruh kepada percampuran bahasa dan perkembangan aksara paku. Kira-kira bunyi bahasa akadia ditulis dengan aksara paku adalah sebagai berikut:

Quote:


Selanjutnya bangsa yang menguasai mesopotamia setelah akadia adalah assyria. Setelah mendirikan imperium assyria di mesopotamia, bangsa ini mulai gemar menaklukkan bangsa lain. Juga menggunakan aksara paku warisan dari bangsa sumeria. Kira-kira bunyi bahasa assyria adalah sebagai berikut:

Quote:


Sementara terjadi berbagai perkembangan dan pergantian kekuasaan di mesopotamia, di wilayah yang agak ke barat terdapat peradaban yang besar pula yaitu peradaban mesir kuno, yang dikenal dengan nama julukan raja-rajanya yaitu firaun. Kita sering mendengar nama itu bukan? dan beginilah kira-kira bahasa yang digunakan oleh firaun dan warga mesir kuno. Bunyinya begini:

Quote:


Oke kita bergeser ke beberapa millenium. Kini kita akan pergi ke peradaban yang terkenal dengan sumbangannya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Inilah peradaban yunani kuno, tak terhitung banyaknya filsuf yang tercatat dalam peradaban yunani kuno ini. Sebut saja socrates, plato, aristoteles, anaximenes, demokritos, pythagoras dan lain-lain. Kira-kira seperti apa bahasa yang digunakan oleh para filsuf ini. Ya kira2 seperti ini:

Quote:


Ya itulah beberapa bahasa kuno kira-kira bahasa mana yang paling enak didengar ya? Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Tulisan dari Bahasa Kuno Pertama Kali di Dunia! Seperti Cakar Ayam Gan
Referensi: Opini pribadi & Googling
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Seperti cakar ayam sih
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tapi indah. Kira-kira pelafalannya gimana ya itu
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
mbah google translate aja kalah tua ini
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
yang salut sih sama orang yang decrypt ini tulisan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 6 lainnya memberi reputasi
Bahasa yang paling enak didengar ya bahasa dengan kekasih wkwk.... tak ada kata hanya tatapan sudah saling memahami. Thanks infonya, Gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 3 lainnya memberi reputasi
Ada rencana bikin aksara baru emoticon-Cool
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Butuh waktu lama untuk menulis suatu kalimat emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan pakisal212 memberi reputasi
Anti buta hurufemoticon-Cool
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
ceker ayam kali gan hehehehhe
profile-picture
profile-picture
dieq41 dan pakisal212 memberi reputasi
hebat ya, gitu sudah pada bisa baca dan mengerti dengan apa yang ditulisnya
profile-picture
profile-picture
dieq41 dan pakisal212 memberi reputasi
Ada yg bisa terjemahin tulisan itu lagi yah. Mantap banget dah hahahaha

Bagi CENDOL nya Gan/Sis emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 3 lainnya memberi reputasi
Bawaannya lebih ke gambar ya gan...
Makanya zaman purbaleunyi dulu kebanyakkan menggunakan bahasa tubuh...
Makanya kalo sekarang masih ada manusia pake bahasa tubuh bukan berarti dia cerdas tapi turunan purbakala... 😂😂😂
profile-picture
profile-picture
kebo.rakus dan pakisal212 memberi reputasi
Cakar ayam itu buat TS aja pas TK/paud/kelas 1 sd.
Jgn nyeleneh cakar ayam, itu tulisan berupa simbol benda hidup dan mati, mereka mecoba membuat tekhnik komunikasi. Agan TS ada" aja nih.
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Diubah oleh afterimage90
Pengen tau kalo di baca bunyi nya gimana ya
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
waduh tulisannya kaya rumus jirremoticon-Hammer2
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Wah....tulisan tangan dari bangsa akadia, mngingatkan ane ama asterix dan obelix saat pergi ke mesopotamia, gan....... emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan pakisal212 memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Ribet juga ya, hampir2 mirip tulisan jpg

______________________________________
mampir ke Hot Thread ane gan emoticon-Ngacir

Spoiler for Mengenal Brainwave Software:


Yang diatas cuma beberapa brainwavenya, kalau agan mau fullnya boleh main ke thread ane saja

Semoga bermanfaat untuk semuanya

emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
Beda nya V sama W itu apa anjir?
Simbolnya sama itu.
Apa simbul V itu "Burung Vria"
Terus simbol W itu "Burung Wanita"
Apa gimana???
Diubah oleh d.r.
Cacing gelud itumah emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di