bloodseeker18Avatar border
TS
bloodseeker18
Kasus Pelecehan Seksual Pertama di Metaverse, Diraba-raba tapi Secara Virtual


Dunia metaverse yang dianggap sebagai masa depan kemajuan teknologi, ternodai dengan kasus pelecehan seksual yang dialami oleh seorang wanita di Amerika Serikat.

Wanita tersebut, tengah mengikuti pengujian beta di virtual reality (VR) metaverse di Horizon Worlds milik Meta atau Facebook.

Ia mengaku, pada 26 November 2021 lalu, ketika dalam pengujian tersebut, avatar miliknya dilecehkan secara seksual oleh avatar lain. Kasus ini baru terungkap pada 1 Desember lalu, dan sampai sekarang terus menjadi sorotan.

"Pelecehan seksual bukanlah lelucon biasa di internet, tetapi berada di VR menambah lapisan lain yang membuat hal ini lebih intens," kata wanita tersebut, seperti dikutip dari NY Post.

Saat pelecehan terjadi, ia mengaku avatar miliknya diraba-raba oleh avatar orang lain. Dirinya kecewa, karena saat itu terjadi, tidak ada orang yang menolongnya.

"Bukan hanya saya yang diraba-raba, tetapi ada orang lain di sana yang mendukung perilaku ini, yang membuat saya merasa terisolasi di Plaza," ujarnya.

Mengetahui insiden ini terjadi, Meta milik Mark Zuckerberg mengatakan, bahwa pengguna VR nantinya dapat menjalankan fitur Zona Aman, yang memungkinkan pemblokiran interaksi dengan pengguna lain.

Namun, Meta mengakui bahwa mereka perlu kembali bekerja keras untuk membuat fitur tersebut.

Sementara itu, menurut Katherine Cross, seorang peneliti dari University of Washington, pelecehan seksual dalam realitas virtual adalah pelecehan seksual dalam kehidupan nyata. Itu artinya, tidak ada perbedaan antara ruang virtual dan nyata dalam konteks ini.

"Itu adalah bagian dari alasan mengapa reaksi emosional bisa lebih kuat di ruang itu, dan mengapa VR memicu sistem saraf internal dan respons psikologis yang sama," kata dia.

sumber

gak tau lagi gmn di mata hukum.. secara psikologis mungkin berpengaruh, tapi tidak secara fisik. Atau mungkin rasanya kyk mimpi basah ya? tiba² crott gtu aja
emoticon-Bingungemoticon-Traveller
knoopy
lilgd
nooboks
nooboks dan 6 lainnya memberi reputasi
7
12K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan