c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Suku Dogon Di Afrika Bertemu Alien?




Membahas hal yang menakjubkan, yang diluar nalar dan logika memang seru. Begitu juga dengan kawan-kawang tongkrongan yang lebih seru membahas hal seperti itu. Daripada membahas hal perselingkuhan, wanita seksi, bahkan tentang hukum dan politik rasanya hal-hal seperti itu malah bikin darah tinggi.

Kita sekarang membahas Alien yang pernah datang ke bumi, tepatnya di sebuah gurun di Mali Afrika. Kayaknya lebih menarik membahas tentang hal ini, awalnya pada tahun 1931, dua ilmuwan Prancis melakukan kontak dengan Suku Dogon. Dimana kemudian salah satu peneliti itu Dr. Marcell Griaule, tinggal bersama suku itu selama 16 tahun.



Jadi Dr. Griaule ini adalah seorang antropolog yang dikirim oleh pemerintah Perancis, untuk meneliti daerah Sahara. Dimasa itu daerah Sahara adalah tanah jajahan Perancis, sebagaimana layaknya penjajah mereka juga mengirim para ilmuwan antropolog untuk melakukan penelitian.

Seperti menggali informasi tentang kultur, kebudayaan agar penjajahan terlihat lebih mudah masuknya melalui kultur dan budaya.



Hal seperti ini pernah dilakukan oleh Snouck Hurgronje karena sulitnya menaklukkan Aceh, maka ia pun mempelajari adat-istiadat dan kebudayaan Aceh, juga agama Islam. Hasilnya 23 Mei 1892, Snouck Hurgronje menulis Atjeh Verslag, yakni laporannya tentang Aceh kepada pemerintah kolonial di Batavia agar bisa menaklukkan Aceh dari dalam tanpa banyak melakukan kekerasan.

Hal itu juga dilakukan oleh Dr. Griaule yang mempelajari kebudayaan di Sahara hingga 1947, ternyata ketika ia membaur dengan Suku Dogon terdapat pengetahuan yang membuat banyak orang heran.

Ternyata Suku Dogon yang terbilang masih primitif, dimana membaca dan menulis pun belum bisa, tren fashion pun tidak ada disana tetapi mereka mempunyai pengetahuan astronomi yang luar biasa.



Mereka menceritakan bulan itu tandus tanpa atmosfer, jupiter yang disebut Dana Tolo adalah planet yang besar dan mempunyai 4 satelit yang juga besar, bahkah mereka juga tahu kalau Saturnus sebagai planet yang memiliki cincin.

Logikanya pengetahuan seperti ini akan diketahui oleh orang-orang yang punya teropong, tapi ini orang pedalaman yang hidupnya semi nomaden, kenapa mereka bisa menemukan pengetahuan ini?

Menariknya mereka juga tahu kalau bumi mengelilingi matahari dan matahari mengelilingi pusat galaksi dan galaksi kita bentuknya oval. Tentu ini pengetahuan yang mahal, karena hanya ilmuwan yang sudah meneliti tentang astronomi yang paham. Tentu saja bikin heran ketika Suku Dogon yang tidak pandai membaca dan menulis mengetahui bumi berada di galaksi bima sakti.



Disini Suku Dogon memberikan penghormatan khusus untuk bintang Sirius, bintang ini paling terang bila dilihat dari bumi. Dan banyak juga manusia modern yang tahu kalau bintang sirius itu ternyata kembar alias ada dua. Bintang sirius ini mereka namakan Sigi Tolo dan Po Tolo. Hebatnya lagi mereka tahu ukuran dan massanya bintang tersebut, bahkan ada bintang yang lebih kecil yang disebut emme ya.

Nah, kok aneh ya?

Ketika Dr. Griaule mengorek lebih dalam, darimana pengetahuan itu berasal? Ternyata itu adalah pengetahuan yang sudah turun temurun selama ribuan tahun yang lalu. Pengetahuan ini berasal dari Nommo, saat itu Nommo datang dari langit timbul petir, guntur dan badai yang mengerikan. Dan ia menaiki wahana dan menceritakan pengetahuan itu kepada leluhur mereka dimasa lalu.

Bagaimana bentuknya Nommo itu?

Kepala suku menerangkan kepada Dr. Griaule bentuknya seperti setengah ikan. Dan Nommo ini berasal dari Sirius.



Memang bintang kembar Sirius ditemukan oleh Alvan Graham Clark pada tahun 1862, tapi tidak dipublikasikan.

Jadi apakah sebelumnya ada ilmuwan atau professor yang memberikan pengetahuan itu sebelumnya kepada suku Dogon? Tidak diketahui, karena suku itu masih sangat primitif.

Bahkan Dr. Marcel Griaule, baru mendapatkan informasi dari suku Dogon ini setelah 16 tahun tinggal bersama mereka. Hingga akhirnya Robert Temple tahun 1966 yang mempelajari buku dari Marcel Griaule dan Germaine Dieterlen, le Renard Pale.



Karena ada patung topeng besar yang berumur 400 tahun dan ada gambar-gambar tentang pengetahuan tentang sirius, maka bisa dianggap pengetahuan tentang ilmu ini sudah diketahui 400 tahun sebelumnya.

Dari situ ia berkesimpulan suku Dogon mungkin telah didatangi oleh para alien, dimasa lalu. Namun pembuktian secara empiris belum ada, namun ini sebuah misteri yang menarik yang kita bahas kali ini.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



nicerboy03
Tomred
pangjay.03
pangjay.03 dan 52 lainnya memberi reputasi
49
10.3K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan