abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
'Santuy' nya Orang-orang Indo yang Sempat Jadi Ciri Khas Itu Sekarang Kemana?


Santuy nya orang-orang indonesia yang sempat jadi ciri khas itu sekarang kemana? Seakan sekarang hilang. Karena sebelumnya orang-orang indonesia dikenal publik luar negeri dengan negara paling santai di dunia. Bahkan, negara indonesia berada di urutan pertama, disusul australia, kemudian islandia. Data ini berdasarkan riset agen perjalanan inggris yang diberi tajuk Most Chilled Out Countries in The World.

Namun menurutnya, santai disini adalah sesuai konteks yaitu santai karena indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki garis pantai terbesar di dunia dengan suhu rata-rata mencapai 25 derajat celcius. Sehingga cocok untuk wisata dan bersantai. Sehingga disebut santai seperti di pantai hehe. Nah kalo maksud ane santai disini adalah santai yang gak terlalu peduli, cuel, dan santuy gak terlalu spaneng sama aturan.

Quote:


Namun, yang harus ente pahami, kata 'santai' bukan berarti 'malas' ya. Karena dua hal itu beda makna. Santai maksud thread ini yang sering kita lihat dimana emak-emak santai naik motor sen kiri belok kanan, bapak-bapak gak pake helm disampingnya ada polisi lalu lintas, atau mas-mas sambil di lampu merah rebahan di motor. Pokoknya santuy versi warga kita deh.

Hal itu kita bersama sebagai orang indo kita benarkan ya. Kalau warga indo adalah warga santai yang gak terlalu kaku menjalankan aturan. Kalo ada penegak hukum ya taat aturan, kalo gak ada ya gak dipatuhi aturan pokoknya luwes aja giti hehe. Lihat sekeliling kita deh, gak pake helm karena cuma deket dan kebetulan gak ada polisi. Coba kalo ada polisi biar kata 5 meter ya pakek helm, bawa stnk, pake sabuk pengaman meskipun pake motor hehe pokoknya aturan tiba-tiba jadi nomor 1 aja.

Karena memang kita menyadari dan gak bisa dipungkiri kalau warga kita itu gak terlalu pusing menjalankan aturan sebagai warga negara. Mau hal-hal seperti itu dibantah? Gak bisa bro. Udah mendarah daging. Tapi kalau sekarang hal-hal itu berubah? pertanyaannya sekarang kemana santuy nya orang indo? Karena apa mereka berubah?

Quote:


Mungkin aja warga-warga kita sudah mulai meniru warga japan ya kita juga gak tau. Siapa tau kan pagi-pagi pada kesambet disiplin nya japan. Semua pake helm, tertib di lampu merah gak ada yang nerobos meskipun gak ada polisi, dan emak-emak tiba-tiba tertib pake lampu sen. Siapa tau mereka sadar dan mulai patuh akan aturan meskipun gak diawasi ya kan.

Terlepas dari guyonan kalo gak santuy gak warga indo, tetap aja warga kita lambat laun akan berubah ke arah yang lebih baik kok. Ane yakin. Tapi agak susah sih emang. Karena banyak faktor kayak budaya yang sudah mendarah daging, faktor paham aturan dan konsekuensinya, sampai faktor penegak hukum. Tapi kayaknya warga kita lebih menerapkan efisiensi sih. Karena aturan itu sifatnya mengekang kan, jadi mereka merasa terkekang sama aturan sehingga pakai lah sejata 'aji mumpung'. Mumpung gak ada penegak hukum melanggar aja gitu.

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di lingkungan sosial aja ya gan. Emang warga plus enam dua santuy adalah darah daging hehe. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & inspirasi
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
Diubah oleh abdulqadirz 25-12-2021 22:53
SalsaPermata
ulermaboq
yanginiusername
yanginiusername dan 18 lainnya memberi reputasi
17
7.6K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan