KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Fakta-Fakta Mengenai Spinal Cord Injury Yang Dialami Mendiang Selebgram Laura Anna
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61c434fba849e341b57efe3f/fakta-fakta-mengenai-spinal-cord-injury-yang-dialami-mendiang-selebgram-laura-anna

Fakta-Fakta Mengenai Spinal Cord Injury Yang Dialami Mendiang Selebgram Laura Anna

Fakta-Fakta Mengenai Spinal Cord Injury Yang Dialami Mendiang Selebgram Laura Anna
Mendiang selebgram Laura Anna menderita Spinal Cord Injury

Lebih dari seminggu lalu, salah satu selebgram ternama yang sedang cukup ramai dibicarakan akibat perkara hukum dengan mantan pacarnya, Laura Anna, secara tiba-tiba dikabarkan telah meninggal dunia. Kabar tersebut terkesan mengejutkan karena infonya sehari sebelumnya dia masih sempat menjalani syuting vlog bareng Denny Sumargo. Sebelum meninggal, Laura telah selama sekitar dua tahun terakhir menderita cedera spinal cord (spinal cord injury) yang menyebabkan kelumpuhan yang membatasi aktivitas fisiknya.

Nah, di thread ini, aku akan coba berbagi fakta-fakta mengenai spinal cord injury yang dialami mendiang selebgram Laura Anna. Fakta-fakta yang ane tuliskan disini dikutip dari berbagai sumber yang diyakini kredibel. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat.

1. Spinal cord injury adalah jenis trauma fisik serius berupa kerusakan pada sumsum tulang belakang yang berisi kumpulan saraf serta jaringan lain yang dilindungi oleh tulang belakang. Sumsum tulang belakang berfungsi untuk mengirimkan sinyal dari otak ke seluruh bagian tubuh, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, cedera pada sumsum tulang belakang bisa menyebabkan hilangnya sensasi tertentu pada anggota tubuh atau bahkan hilangnya mobilitas total.

2. Jika spinal cord injury terjadi pada sumsum tulang belakang yang lebih dekat ke leher, maka kemungkinan terjadinya kelumpuhan anggota tubuh semakin besar.

3. Spinal cord injury dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya serangan kekerasan seperti penusukan atau penembakan, menabrak dasar air akibat menyelam ke air yang terlalu dangkal, trauma fisik akibat kecelakaan mobil, jatuh dari ketinggian tertentu, cedera pada kepala atau tulang belakang akibat olahraga, kecelakaan listrik, hingga kondisi medis seperti spina bifida dan polio.

Fakta-Fakta Mengenai Spinal Cord Injury Yang Dialami Mendiang Selebgram Laura Anna
Ilustrasi seorang dokter menjelaskan mengenai Spinal Cord Injury

4. Spinal cord injury juga dapat disebabkan oleh mekanisme non traumatik seperti kelainan kongenital, penyakit autoimun, serta komplikasi akibat prosedur medis.

5. Spinal cord injury dapat terjadi pada siapapun tanpa memandang usia, namun ada sejumlah faktor yang semakin memungkinkan terjadinya cedera tersebut yaitu orang yang berusia 43 tahun keatas, laki-laki lebih mungkin mengalami cedera ini, dan orang yang pernah mengalami kecelakaan kendaraan juga lebih cenderung mengalaminya.

6. Kesulitan bernapas, kelemahan atau ketidakmampuan berjalan, kehilangan kontrol kandung kemih atau usus, serta kesulitan menjaga keseimbangan dan koordinasi tubuh adalah beberapa gejala spinal cord injury.

7. Sampai saat ini belum ada obat untuk spinal cord injury. Pembedahan dapat menjadi prosedur standar pertama untuk menghindari risiko cedera lebih lanjut. Penanganan yang lebih cepat dapat mencegah parahnya kondisi cedera yang terjadi.

8. Terapi fisik, terapi okupasi, dan rehabilitasi berfungsi untuk menjaga serta meningkatkan kekuatan dan mobilitas fisik dalam jangka panjang. Selain itu, konseling dan terapi psikologis juga dapat membantu mengatasi trauma bagi para penderita spinal cord injury.

9. Spinal cord injury dapat dikurangi risikonya dengan cara berkendara dengan aman (kenakan semua perlengkapan keamanan yang dibutuhkan, jangan minum alkohol sebelum atau selama mengemudi, jangan mengemudi dibawah pengaruh obat-obatan tertentu), lakukan tindakan pencegahan ketika berolahraga dengan mengenakan perlengkapan yang sesuai.

10. Butuh setidaknya 18 bulan atau lebih bagi penderita spinal cord injury untuk memulihkan beberapa fungsi anggota tubuhnya.

11. Spinal cord injury dapat menimbulkan cedera tambahan berupa cedera tulang akibat terlalu lama berbaring akibat kelumpuhan, selain itu juga bisa menyebabkan decubitus atau luka akibat tubuh terlalu lama menekan alas tidur.

Itulah fakta-fakta mengenai spinal cord injury yang dialami mendiang selebgram Laura Anna yang berhasil ane kumpulkan dari berbagai sumber. Jika ada fakta yang dirasa kurang tepat dalam penyampaiannya atau jika ada yang ingin melengkapi, silakan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.


Spoiler for Referensi:


Spoiler for Foto:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
gety dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh peteradis
Halaman 1 dari 2
Ini adalah kehidupan. Tidak ada yang dilindungi.
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Itu selalu menjadi tragedi
kasian laura, rest in peace lauu
profile-picture
araadea memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
R.I.P
Rest in peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
priasolehiki dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Semoga tenang dan sudah tidak sakit lagi yaa laura
rest in peace lau, kam uda ga ngerasain sakit lagii
kasian laura, yg tenang disana ya lauu
penyakit yg mematikan. Rest in Peace laura.
emoticon-Mewek
Bener tuh bro, emang cedera saraf tulang belakang memang berbahaya banget dan rentan menyebabkan kematian. Cedera saraf tulang belakang dapat berdampak ada sebagian atau seluruh sel saraf. Makanya, kalau lo ada yang kecelakaan, baik motor atau mobil ada baiknya langsung diperiksain aja nih gan supaya dampak buruk yang bisa terjadi bisa dihindari.

Beberapa gejala cedera saraf tulang belakang yang perlu diketahui:

Kehilangan kemampuan untuk merasakan sentuhan, panas, dan dingin.
Tidak dapat bergerak.
Rasa sakit atau seperti tersengat akibat rusaknya serat saraf tulang belakang.
Kesulitan batuk, bernapas, juga sulit untuk mengeluarkan cairan dari paru-paru
Kehilangan kendali terhadap proses tubuh yang berkaitan dengan usus dan kandung kemih, seperti sulit menahan buang air kecil maupun besar.
Perubahan yang berhubungan dengan aktivitas seksual, fungsi seksual, dan fertilitas.
Mengalami refleks atau kejang yang berlebihan.

Nah, kalau kamu pengen tahu lebih jauh tentang cedera saraf tulang belakang, baca di sini aja ya gan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanginiusername dan 4 lainnya memberi reputasi
Utk si almarhuma ini penyebab spinal cord injure apa ya??
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
bisa baca ini buat gambaran kehidupan.....



Fakta-Fakta Mengenai Spinal Cord Injury Yang Dialami Mendiang Selebgram Laura Anna
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
semoga mantannya yg gold digger membusuk di penjara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanginiusername dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
Macam batman yang disikat sama bane itu spinal cord injury bukan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamajaya1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Itu mmg kasus sngt tragis dan mngerikan, gan...... Si TSK nya mmg bajingan sejati, harus mmbusuk di penjara tuh..... emoticon-Najis
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
ni kayak sarap kejepit / kecentit gak sih gan???

emoticon-Bingung
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Gosip nya spinal chord injury

Akibat kecelakaan

Pas sama-sama lagi on the high ya?
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Yang udah kena bisa pilih gak om?
Serius tanya penasaran
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
sudah menjadi jalannya, RIP emoticon-Berduka (S)
sudah garis tuhan

terima takdir yang sudah di tetapkan olehnya...
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di